Kamis, 11 November 2010

Erlita Dwi K.P--x3-12



Nama           : ERLITA DWI K.P
No                : 12
Kelas            : X-3 (KD.11.1.1)


NAMA    : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO        : 12
KELAS    : X-3

(KPK)

Indikator :
12.1.1.1 Mencatat pokok-pokok isi informasi
12.1.1.2 Pendapat
12.1.1.3 Kesimpulan



 Pokok-pkok informasi
Menurut Bapak Bambang Hendarso Danuri ketua Polisi Republik Indonesia (KAPOLRI), dalam penyelidikan kasus KPK tidak ada rekayasa, dan bisa dibuktikan dalam proses berjalan sampai dengan dikejaksaan berkas-berkas sampai disana. Dan sidangnya akan diselenggarakan secara terbuka.
Banyak anggota Dewan  yang berpendapat bahwa ada skenario yang dikonstruksikan untuk melemahkan KPK, karena ada fakta-fakta yang muncul didalam proses ini.
Apabila benar ada rekayasa, yang bisa melakukan rekayasa ini adalah orang-orang penting yang ada di lembaga-lembaga pemerintah dan penegak yaitu dari Kejaksaan dan Kepolisian.
Ketika polemik melanda KPK , maka dikeluarkan PERPU untuk mengganti 2 pimpinan tersebut terkait menjadi tersangka.
Akibat dari korupsi yang selalu terjadi di Indonesia, pemerintah tidak bisa mensejahterakan rakyat.
Tindakan korupsi di Indonesia tidak bisa di berantas karena ada sistem hukum yang lemah serta tidak adanya integrated system diantara penegak hukum.


KESIMPULAN

Menurut Bapak Bambang Hendarso Danuri ketua Polisi Republik Indonesia (KAPOLRI), dalam penyelidikan kasus KPK tidak ada rekayasa, dan bisa dibuktikan dalam proses berjalan sampai dengan dikejaksaan berkas-berkas sampai disana. Dan sidangnya akan diselenggarakan secara terbuka. Banyak anggota Dewan  yang berpendapat bahwa ada skenario yang dikonstruksikan untuk melemahkan KPK, karena ada fakta-fakta yang muncul didalam proses ini. Apabila benar ada rekayasa, yang bisa melakukan rekayasa ini adalah orang-orang penting yang ada di lembaga-lembaga pemerintah dan penegak yaitu dari Kejaksaan dan Kepolisian.Ketika polemik melanda KPK , maka dikeluarkan PERPU untuk mengganti 2 pimpinan tersebut terkait menjadi tersangka. Akibat dari korupsi yang selalu terjadi di Indonesia, pemerintah tidak bisa mensejahterakan rakyat.Tindakan korupsi di Indonesia tidak bisa di berantas karena ada sistem hukum yang lemah serta tidak adanya integrated system diantara para penegak hukum.


PENDAPAT
Saya sangat setuju dengan informasi ini, menurut saya dari pemerintah, anggota dewan atau lembaga yang terkait dengan masalah ini seharusnya tidak saling menuduh tentang adanya rekayasa. Akan lebih baik dari masing-masing pihak saling mempercayai dan tetap menegakkan kebenaran dan kejujuran dalam mengungkap kasus ini. Dan seharusnya hukum di Indonesia lebih ditingkatkan atau lebih kejam, apalagi dalam tindak  korupsi sehingga pemerintah, pejabat ataupun rakyat biasa tidak berani melanggar aturan hukum, agar rakyat Indonesia dapat sejahtera dan mengentaskan masyarakat dari kemiskinan yang melanda Negeri Indonesia…..




Nama    : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
No             : 12
Kelas    : x-3  
Indikator:
Menuliskan isi pokok-pokok informasi
Menyimpulkan pendapat
Kesimpulan



Pokok-pokok isi informasi

Hena digunakan sebagai penghias diri untuk para wanita .
Hena atau sering disebut pacar cina biasa dipakai wanita arab untuk berhias ketika akan menikah.
Hena berasal dari tumbuhan semak yang daunnya biasa dipakai untuk pemerah kuku atau kutek.
Semua bagian tumbuhan mempunyai manfaat mulai dari batang,
Bunga,akar,hingga daun.
Hena berasal dari bahan alami atau herbal
Hena aman dan tidak mengandung bahan kimia dipakai karena tidak menghalangi mengalirnya air wudhu disebabkan Hena teksturnya tipis, berbeda dengan tato yang  teksturya lebih tebal dan menghalangi air sampai ke permukaan kulit.

KESIMPULAN

Hena digunakan sebagai penghias diri untuk para wanita .Hena atau sering disebut pacar cina biasa dipakai wanita arab untuk berhias ketika akan menikah.Hena berasal dari tumbuhan semak yang daunnya biasa dipakai untuk pemerah kuku atau kutek.Semua bagian tumbuhan mempunyai manfaat mulai dari batang,bunga,akar,hingga daun.Hena berasal dari bahan alami atau herbal. Hena aman dan tidak mengandung bahan kimia. Hena dipakaioleh wanita Arab karena tidak menghalangi mengalirnya air wudhu disebabkan Hena teksturnya tipis, berbeda dengan tato yang  teksturya lebih tebal dan menghalangi air sampai ke permukaan kulit.Tato juga sangat berbahaya bagi kulit karena tinta yang dilukis di kulit akan  diserap oleh lapisan pigmen.




Pendapat

Saya sangat setuju dengan berita ini karena saya dapat menambah informasi tentang hena, bagaimana hukum menggunakan hena dalam ajaran agama islam. Dan bagi para wanita yang suka menghias diri dengan kutek alangkah lebih baiknya untuk beralih menggunakan Hena yang tidak membahayakan kesehatan kulit karena Hena terbuat dari bahan alami atau herbal berbeda dengan kutek yang dijual di pasaran kebanyakan menggunakan bahan-bahan kimia yang membahayakan kesehatan kulit.




Nama    : Erlita D.K.P
No    : 12
Kelas    : x-3  


Indikator:
Menuliskan isi pokok-pokok informasi
Menyimpulkan pendapat
Kesimpulan



Pokok-pokok isi informasi

Hena sebagai penghias diri untuk para wanita .
Hena atau sering disebut pacar cina biasa dipakai wanita arab untuk
Berhias ketika kan menikah.
Manfaat hena
Hena berasal dari tumbuhan semak yang daunnya biasa dipakai untuk
Pemerah kuku.
Semua bagian tumbuhan mempunyai manfaat mulai dari batang,
Bunga,akar,hingga daun.
Hena berasal dari bahan alami atau herbal
Hena aman dan tidak mengandung bahan kimia dipakai karena tidak menghalangi mengalirnya air wudhu
disebabkan Hena teksturnya tiptis, Berbeda dengan tato teksturya
lebih tebal dan mengahalangi air sampai ke permukaan kulit.




KESIMPULAN
Hena atau sering disebut pacar cina biasa dipakai wanita arab untuk berhias ketika akan menikah.Hena yang  berasal dari tumbuhan semak yang daunnya biasa dipakai untuk pemerah kuku. Semua bagian tumbuhan mempunyai manfaat mulai dari batang,bunga,akar,hingga daun. Hena berasal dari bahan alami atau herbal, hena aman dan tidak mengandung bahan kimia.Dipakai karena tidak menghalangi mengalirnya air wudhu disebabkan Hena teksturnya tipis, Berbeda dengan tato teksturya lebih tebal dan mengahalangi air sampai ke permukaan kulit. Tato sangat berbahaya bagi kulit karena tinta yang dilukis di kulit akan  diserap oleh lapisan pigmen.



Pendapat:

Saya sangat setuju dengan berita ini karena saya dapat menambah informasi tentang hena, bagaimana hukum menggunakan hena dalam ajaran agama islam. 




NAMA        : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO            : 12
KELAS        : X-3

Indikator:
1.Mencatat Pokok-pokok  informasi
2.Menyimpulkan Isi Informasi
3.Pendapat

Pokok-pokok informasi RUU :
Pro dan  kontra RUU rahasia Negara.
Menolak rezim kerahasiaan
Dengan adanya undang-undang rahasia Negara pihak pers  atau pencari berita merasa ditakutkan.
Menurut pers yang pertama, wartawan adalah salah satu rahasia negara yang telah dirugikan.
Jika dalam memuat informasi atau berita , wartawan yang  tidak melanggar hukum, maka pihak pers  tersebut tidak akan mendapat sanksi.

     Isi informasi : 
        Pro kontra rahasia Negara sedang dilanda masalah, negara menolak rezim kerahasiaan. Menurut pers yang pertama wartawan atau pencari berita adalah salah satu rahasia Negara yang telah dirugikan, karena jika wartawan mengakses berita dari pihak pemerintah yang menyeleweng akan mengatakan bahwa pers membocorkan rahasia Negara. Sehingga perusahaan pers akan menjadi perusahaan yang  terlarang.Yang menimbulkan gangguan keutuhan wilayah, kedaulatan dan keselamatan bangsa adalah Negara.Jika dalam memuat informasi, wartawan tersebut tidak melanggar hukum, maka pihak pers tidak akan mendapatkan sanksi. Rancangan undang-undang rahasia Negara mengakibatkan adanya pro kontra antara pers dan pemerintah  Negara yang terjadi. Seharusnya tidak ada pihak yang dirugikan dalam memecahkan masalah ini. Orang yang sembarangan menceritakan atau membocorkan rahasia Negara dapat menghancurkan RUU Negara.
Pendapat :
Saya sangat setuju dengan tayangan ini, dan sebaiknya dalam memecahkan masalah ini seharusnya tidak ada pihak yang dirugikan. Oleh karena itu, orang yang mengetahui rahasia Negara sebaiknya tidak membicarakannya dengan orang yang sembarangan , karena bisa menghancurkan RUU Negara.

      


        


TUGAS KD 10.9.2
Indikator
Ø  Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
Ø  Menyimpulkan isi informasi yang di dengar
Ø  Menyimpulkan pendapat.


1.       POKOK-POKOK ISI INFORMASI
§  Udang kipas membuat badan tumbuh tinggi
§  Udang kipas banyak ditemukan ditengah laut pada kedalaman 5m-100m. Udang kipas muncul pada malam hari.
§  Udang kipas memiliki nama latin Tenus Orientalis.
§  Udang kipas merupakan hewan karnivora, makanannya yaitu udang dan ikan kecil.
§  Ciri-ciri udang kipas yaitu memiliki antena untuk mendeteksi adanya makanan atau mangsa. Udang kipas memakan mangsanya dari sisi samping.
§  Perbedaan antara udang kipas jantan dan betina ialah udang kipas betina memiliki sel telur yang berwarna kuning dan kulitnya agak cerah bila dibandingkan dengan yang jantan.
§  Manfaat dari ekor yang berbentuk kipas ialah untuk berenang dan berjalan.
§  Udang kipas mengandung vitamin B, B12, A, C, dan D. Selain itu juga mengandung mineral Celenium untuk antibody, kalsium untuk pembentukan tulang dan juga kadar protein yang tinggi yaitu per 100gr=20,3 protein.
§  Udang kipas lebih baik dimakan mentah asal bersih atau direbus tetapi jangan terlalu lama agar kadar protein tidak hilang.

2.       KESIMPULAN
Udang kipas yang banyak ditemukan di tengah laut yaitu kedalaman antara 5m-100m ternyata mempunyai khasiat untuk menambah tinggi badan karena terdapat kadar protein yang sangat tinggi yaitu 20,3 per 100gr. Selain itu terdapat vitamin B, B12, A, C, dan D. Serta terdapat Celenium yang berfungsi sebagai antibody, dan kalsium untuk proses pembentukan tulang. Udang kipas sangat baik dimakan pada saat masih mentah asal bersih sehingga kadar protein masih tetap utuh, agar pertumbuhan tinggi badan dapat tumbuh secara optimal.


3.       PENDAPAT
                Saya sangat setuju dengan berita ini karena dapat memberikan pengetahuan atau informasi kepada orang awam tentang manfaat atau khasiat dari udang kipas.
                Sehingga dapat memberikan solusi untuk masalah tinggi badan.

NAMA              : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO                     : 12
KELAS               : X-3(KD.11.1.1SAMBUTAN)
MELAMIN
Indikator
§  Menulis rangkuman diskusi
§  Menulis tanggapan terhadap dampak melamin


1.              RANGKUMAN
Melamin sudah beredar luas di Indonesia mulanya melamin terdapat di China. Di Indonesia bahan makanan yang mengandung melamin sebagian besar sudah ditarik oleh pemerintah. Melamin adalah bahan dasar untuk membuat piring dan gelas. Susu yang mengandung melamin yang sudah ada di Indonesia adalah suatu musibah atau kejahatan yang sengaja ditambahkan. Syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan susu di Indonesia adalah hanya bilangan kumannya sedangkan di China hanya kadar proteinnya saja.
Penelitian melamin baru bisa diteliti oleh BPOM dan dibantu oleh pemda di Indonesia terdapat 26 balai POM dan ada yang baru hanya ada di pemakaran itupun belum lengkap alatnya dan semua balai bisa untuk menguji melamin dengan jejaring pengawasan pangan mengadakan list seperti di Departemen Pertanian, sehingga kita bisa mengoptimalkan apa yang ada di Indonesia.


2.              TANGGAPAN TERHADAP DAMPAK MELAMIN
Karena produk dari China yang masuk ke Indonesia terdapat kandungan melamin yang berbahaya dan sangat merugikan masyarakat Indonesia. Seharusnya pemerintah Indonesia lebih tegas untuk menangani masalah ini dan masyarakat juga harus pandai-pandai memilah produk-produk yang berasal dari luar negeri yang membahayakan kesehatan dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Sehingga produk-produk dari luar negeri tidak dapat beredar secara luas dan bebas.

NAMA              : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO                     : 12
KELAS               : X-3(KD.11.1.1SAMBUTAN)

TUGAS MERANGKUM KD
Indikator
·     Menulis rangkuman dari berita yang didengar


RANGKUMAN  “KORBAN BENCANA ALAM”

1.   Bencana alam berupa gempa yang mengakibatkan tebing longsor di desa Cisalak, kec.Cibinong, Cianjur, Jawa Barat. Warga di desa itu masih tinggal di tenda darurat karena masih takut dengan gempa longsor kemarin. Di tenda darurat terdapat 500 warga yang mengungsi, mereka masih mendapat bantuan dengan lancar untuk memenuhi kebutuhan sementara untuk sementara waktu meskipun medannya cukup jauh dari pusat kota Cianjur.

2.   Dari 12 desa yang ada di kec.Cibinong, yang paling parah adalah Desa Cengkareng. Rata-rata warga yang tinggal di pengungsian kehilangan rumah dan keluarga mereka. Sebenarnya tenda pengungsian yang ditempati warga sebelumnya adalah sawah dan tenda disini masih pantas dan cukup sederhana salah satu korban mempunyai kisah tragis yaitu Bu.Zainab dan keponakannya Fikri, yang pada waktu itu orang tua Fikri menitipkan Fikri kepada Bu.Zainab untuk membeli obat, kala itu Fikri sedang tertidur lelap, tapi lima menit kemudian terjadi longsor dan orang tua Fikri tertimpa longsoran tebing itu. Dan dari pengakuan seorang warga juga dia kehilangan 3 orang anaknya dan jasad ketiga anaknya dengan kondisi yang tidak sewajarnya seperti tanpa kepala, pinggang menjadi kedepan dan itu sangat membuat dia dan istrinya tidak berani kembali kerumah.

3.   Cara untuk menghilangkna rasa trauma mereka yang menimbulkan kesedihan mendalam bisa diatasi dengan cara Konseling yaitu mencari cara bagaimana untuk membantu dari segi moral dan dengan cara bagaimana mengekspresikan kesedihan mereka. Biasanya dengan terapi gambar mereka bisa melampiaskan kesedihan dan kepedihan mereka dengan cara itu mereka akan mengerti bukan hanya mereka yang mengalami bencana itu 
NAMA             : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO                    :12
KELAS              : X-3(KD.11.1.1 SAMBUTAN)

TUGAS KD
Indikator
v Menulis pokok-pokok isi informasi
v Menyimpulkan isi informasi
v Pendapat tentang ikan pemakan kotoran

POKOK-POKOK ISI INFORMASI
-Di daerah pedesaan disetiap kolam terdapat jamban dan kotorannya dimanfaatkan sebagai makanannya
-Ikan pemakan kotoran memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi orang yang mengkonsumsinya
ü Dampak negatif
Terdapat banyak bakteri-bakteri yang terkandung dalam ikan sehingga dapat menimbulkan penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya.
ü Dampak positif
Karena dengan pola yang biasa mengkonsumsinya sehingga terdapat zat aktif pencegah infeksi.
-Mengkonsumsi ikan pemakan kotoran seperti ini dapat menyebabkan sakit diare
-Sebenarnya mengkonsumsi ikan pemakan kotoran seperti ikan kurang baik tetapi dengan proses pembersihan dan cara memasak yang baik, ikan ini aman dikonsumsi
-Menurut ketua MUI mengkonsumsi ikan pemakan kotoran hukumnya makruh atau dianjurkan untuk ditinggalkan, karena kotoran manusia najis
-Ikan pemakan kotoran tidak termasuk ikan jalalah karena ikan itu tidak mungkin hanya makan kotoran, tetapi memakan lumut dan plankton juga
-Menurut Bpk.Ahmad Jauhari seorang pembudidaya ikan air tawar, ia memberikan ikannya dengan pelet
-Pelet mengandung nutrisi yang baik untuk ikan
-Pelet dibuat dari ikan, jagung dll.




KESIMPULAN
Di daerah pedesaan disetiap kolam terdapat jamban dan kotorannya dimanfaatkan sebagai makanannya Ikan pemakan kotoran memberikan dampak positif dan dampak negatif bagi orang yang mengkonsumsinya
ü Dampak negatif
Terdapat banyak bakteri-bakteri yang terkandung dalam ikan sehingga dapat menimbulkan penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya.
ü Dampak positif
Karena dengan pola yang biasa mengkonsumsinya sehingga terdapat zat aktif pencegah infeksi.
Mengkonsumsi ikan pemakan kotoran seperti ini dapat menyebabkan sakit diare.
Sebenarnya mengkonsumsi ikan pemakan kotoran seperti ini kurang baik tetapi dengan proses pembersihan dan cara memasak yang baik, ikan ini aman dikonsumsi. Menurut ketua MUI mengkonsumsi ikan pemakan kotoran hukumnya makruh atau dianjurkan untuk ditinggalkan, karena kotoran manusia najis. Ikan pemakan kotoran tidak termasuk ikan jalalah karena ikan itu tidak mungkin hanya makan kotoran, tetapi memakan lumut dan plankton juga. Menurut Bpk.Ahmad Jauhari seorang pembudidaya ikan air tawar, ia memberikan ikannya dengan pelet. Pelet mengandung nutrisi yang baik untuk ikan. Pelet dibuat dari ikan, jagung dll.

PENDAPAT
Menurut saya ikan pemakan kotoran seperti itu kurang baik dikonsumsi karena mengandung bakteri-bakteri dan cacing-cacing sehingga menimbulkan sakit diare dan najis untuk dikonsumsi. Dan sebaiknya kita tidak mengkonsumsi ikan pemakan kotoran seperti ini yang dapat membahayakan kesehatan kita.

NAMA              : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO                     : 12
KELAS               : X-3

INDIKATOR
Ø  Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan
Ø  Memahami isi berita dengan megidentifikasi isi pokok-pokok berita
Ø  Menanggapi isi berita dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis
Ø  Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan atau ketidaksetujuan.


1.      Pertanyaan
-Apa penyebab terjadinya bentrok di Universitas negeri Makassar?
Jawaban
-karena adanya pembakaran baliho dari salah satu fakultas antara fakultas sastra dan fakultas tekhnik
Pendapat
-Setuju, lewat berita ini kita tahu bahwa adanya kejadian bentrok di daerah timur Indonesia yaitu Sulawesi Selatan, dan agar pemerintah mengetahui bahwa di daerah timur Indonesia sering terjadi bentrok karena minimnya rasa persatuan dan kekeluargaan.

2.      Pertanyaan
-Mengapa terjadi adanya unjuk rasa bank Century?
Jawaban
-Karena dari salah satu LSM menggugat dan tidak setuju atas bantuan modal bank Century sebesar 6,1 triliun yang diajukan oleh menteri keuangan Sri Mulyani dan direktur Bank Indonesia Budiono.
Pendapat
-Setuju, karena rakyat akan tahu mau dikemanakan uang negara sebesar itu.

3.      Pertanyaan
-Apa yang menyebabkan Usman seorang anggota pencari fakta kasus pembunuhan Munir dipanggil oleh Kepolisian?
Jawaban
-Karena Usman dituduh mencemarkan nama baik Budi PR atas pembunuhan Munir


Pendapat
-Setuju, karena rakyat butuh kejelasan atas kasus pemanggilan Usman, dan titik terang atas kasus pembunuhan Munir.

4.      Pertanyaan
-Kenapa Adhiyaksa Dault tidak mundur dari kabinet sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga?
Jawaban
-Karena dia harus menyelesaikan tugas-tugas terakhirnya dalam waktu 40 hari dengan hasil yang maksimal Perundangan Pemuda.
Pendapat
-Setuju, karena dapat memberikan motivasi-motivasi kepada para pemuda generasi bangsa untuk tidak pantang menyerah dan tulus dalam mengembantugas-tugasnya.

5.      Pertanyaan
-Mengapa di Eropa jarang terjadi gempa sedangkan di Indonesia sering sekali terjadi gempa bumi?
Jawaban
-Karena lempengan di Eropa lebih kuat dari pada di Indonesia, sehingga di Eropa jarang terjadi gempa bumi.
Pendapat
-Setuju, karena dapat memberi informasi pergeseran lempeng bumi di dunia.

6.      Pertanyaan
-Siapakah yang membantu memberi sumbangan untuk membangun sekolah dan tempat ibadah pada bencana gempa di Tasikmalaya?
Jawaban
-Dari pihak Bakrie untuk Negeri
Pendapat
-Setuju, karena secara tidak sengaja lewat berita ini akan memotivasi masyarakat untuk berlomba-lomba membantu korban gempa di Tasikmalaya

7.      Pertanyaan
-Apa yang akan dilakukan korban gempa di Cianjur Jawa Barat jika korban-korban belum ditemukan pada hari akhir pencarian?
Jawaban
-Korban gempa yang selamat akan melakukan doa bersama untuk korban-korban yang tidak selamat dan tidak dapat ditemukan, mereka akan pasrah kepada Tuhan YME.


Pendapat
-Setuju, karena dapat menggugah hati nurani masyarakat untuk membentu korban bencana

8.      Pertanyaan
-Apa penyebab Mahasiswa bentrok dengan satpam kampus di Kendari, Sulawesi Tenggara?
Jawaban
-Karena Mahasiswa akan memukuli rektor yang disebabkan mahasiswa ingin rektor mencabut sanksi skorsing.
Pendapat
-Tidak setuju, karena dapat memberi contoh yang tidak baik kepada anak-anak yang melihat tayangan ini.

9.      Pertanyaan
-Apa akibat dari pembagian sembako yang dijual murah oleh kabupaten Kediri?
Jawaban
-Terjadinya ketidaktertiban masyarakat sehingga anak-anak dan lansia yang menjadi korban desak-desakan.
Pendapat
-Setuju agar pemerintah tahu betapa miskin rakyatnya, sehingga anak-anak dan lansia pun menjadi korbannya.

10.   Pertanyaan
-Apa latar belakang Mabes Polri memanggil Bibid Samad Riyanto ke Kepolisian?
Jawaban
-Karena Bibid Samad Riyanto di duga menerima uang suap dari Anggodo Widjoyo.
Pendapat
-Setuju, karena dapat memperjelas atas kasus ini kepada khalayak luas.

Nama         : Erlita Dwi Krisna Putri
No               : 12
Kelas           : X-3

Tugas KD
Indikator
1.   Mengemukakan kritik terhadap isi laporan
2.   Memberikan saran untuk perbaikan laporan


* Kritik terhadap isi laporan

Laporan yang disajikan ada sebagian yang kurang lengkap, seperti pengertian dari mercuri itu apa dan bahayanya. Karena itu sangat penting untuk dijelaskan dan juga bahan-bahan lain yang berbahaya yang terkandung di dalamnya jika kita menggunakan ataupun mengkonsumsinya. Dan apa dampaknya terhadap tubuh kita jika menggunakan bahan kosmetik atau obat-obatan yang terdiri dari bahan-bahan kimia tersebut. Sehingga apabila kita membeli kosmetik atau obat-obatan kita bisa berhati-hati dalam memilihnya.

* Saran terhadap isi laporan
Sebaiknya laporan yang disajikan harus lebih terperinci tentang merkuri dan bahan-bahan lain yang berbahaya yang terdapat tidak hanya di kosmetik, obat-obatan dan jamu serta dampak-dampaknya supaya kita sebagai orang awam mengerti apa itu merkuri dan kita bisa berhati-hati dan memilih barang-barang kosmetik atau yang lainnya yang tidak berbahaya bagi tubuh kita.


NAMA   : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO         :12
KELAS    : X-3 (KD 11.1.1 sambutan)

Tugas KD 11.1.1 Khotbah 
Indikator
Ø Mencatat pokok-pokok isi khotbah yang di dengar.
Ø Kesimpulan isi khotbah.
Ø Menyimpulkan pendapat.


1.              POKOK-POKOK ISI KHOTBAH
ü Kita dihidupkan untuk dikembalikan kepada Allah SWT
ü Kampung Akhirat yaitu membawa bekal ditempat perantauan.
ü Zakat merupakan ongkos atau tiket kepada Allah SWT
ü Makna dari zakat ialah sebuah pensucian artinya sesuatu yang kotor akan disempurnakan atau penyempurnaan dari puasa.
ü Dalam perintah sholat pasti diikuti dengan perintah zakat karena zakat merupakan rangkaian dari rukun iman.
ü Zakat yang dikelola dengan baik akan meminimalisasi kemiskinan di Indonesia.
ü Zakat merupakan kewajiban bagi umat muslim
ü Zakat yang tidak dikeluarkan seperti bergantung diantara langit dan bumi
ü Waktu yang terbaik untuk membayar Zakat ialah
-Ketika matahari terbenam sampai saat takbiran
-Sebelum khotib naik mimbar
2. Kesimpulan Isi khotbah
Kita dihidupkan hanyalah untuk dikembalikan kepada Allah SWT dengan membawa bekal ke tempat perantauan yang telah dikumpulkan pada saat hidup di dunia. Dan zakat merupakan ongkos atau tiket kita kepada Allah SWT pada saat di akhirat nanti. Makna dari zakat ialah sebuah pensucian artinya sesuatu yang kotor akan disempurnakan atau penyempurnaan dari puasa ramadhan. Dalam perintah sholat selalu diikuti dengan perintah zakat karena zakat merupakan rangkaian dari rukun iman dan hukumnya wajib bagi umat muslim. Zakat yang tidak dikeluarkan seperti bergantung diantara langit dan bumi. Waktu yang terbaik untuk membayar zakat yaitu ketika matahari terbenam sampai saat takbiran dan sebelum khotib naik mimbar. Zakat yang dikelola dengan baik akan memberikan dampak yang baik juga dalam mengatasi masalah ekonomi terutama kemiskinan yang ada di negara Indonesia.

2.           Pendapat
      Saya setuju dengan acara ini karena dapat memberikan wawasan yang lebih luas lagi perihal tentang zakat dan manfaat dari zakat terhadap masalah ekonomi yang melanda Indonesia yaitu kemiskinan.

NAMA             : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO                    : 12
KELAS              : X-3 (KD.11.1.1 SAMBUTAN)

TUGAS KD
Indikator
*   Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/tv/rekaman
*   Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
*   Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/tv/rekaman.



1)           POKOK-POKOK ISI INFORMASI
v   Di daerah Muara Jalai kab.Kampar provinsi Riau, kita diajak untuk membuat bubur sum-sum yang bahan utamanya adalah susu kerbau yang mempunyai manfaat yaitu dapat menurunkan kolesterol
v   Lilin lebah adalah bahan utamanya, sarang lebah yang dipanaskan kemudian dicetak. Lilin lebah memiliki kelebihan yaitu bila dinyalakan tidak akan menghasilkan asap hitam
v   Rempeyek kepiting bahan utamanya adalah kepiting yang dicampur bumbu rempah-rempah
v   Bakwan mangkok terbuat dari adonan tepung yang diisi kentang, wortel, dan daging.


2)           SARAN
Ø    Pembuatan susu kerbau menjadi bubur sum-sum harusnya lebih steril lagi agar kualitasnya terjamin
Ø    Lilin lebah seharusnya dikenalkan ke masyarakat luar daerah itu agar masyarakat lain juga dapat menambah pengetahuan dan manfaat
Ø    Rempeyek kepiting seharusnya cara pembuatannya di tempat yang higienis dan harganya juga kurang ekonomis untuk kalangan menengah ke bawah
Ø    Agar lebih higienis seharusnya bakwan yang sudah digoreng ditempatkan ditempat yang praktis dan tidak menyebabkan penyakit.


3)           RINGKASAN ISI MATERI
ü    Pembuatan bubur sum-sum kerbau
Setelah menempuh perjalanan dari ibukota provinsi Riau yaitu Muara Jalai kab.Kampar yang memakan waktu 1,5 jam. Kita akn disuguhi pemandangan yang eksotis dan hewan mamalia yang berkaki empat yang mempunyai peranan penting bagi masyarakat disekitarnya. Seperti ibu Roha adalh salah satu warga yang mengolah susu kerbau menjadi bubur sum-sum. Hampir setiap harinya kerbau menghasilkan 2 liter susu yang nantinya akan diolah menjadi menu kuliner khas daerah Muara Jalai. Agar susu kerbau tetap harus diolah terlebih dahulu. Langkah pertama adalah memisahkan kotoran halus yang tak jarang tercampur di susu, kemudian susu dituang ke bilah bambu. Bambu yang digunakan adalah bambu yang masih segar dan steril karena bambu sangat penting dalam proses dan rasa susu itu sendiri. Kemudian bambu ditutup rapat dengan daun pisang dan didiamkan 1 malam atau 24 jam. Untuk membuat bubur sum-sum caranya mudah saja cukup dengan membuat parutan kelapa dan gula aren kemudian dicampur susu yang berbentuk seperti yoghurt dari hasil fermentasi. Susu kerbau banyak mengandung manfaat seperti menurunkan kolesterol dan banyak protein.

ü   Kerajinan lilin lebah di gunung Sahilan
Di desa Gunung Sahilan memilik pohon yang menjadi penghasilan bagi masyarakat setempat karena pohon itu ditempati sarng lebah. Prosesnya cukup mudah, sarang lebah diperas kemudian dimasukkan kedalam drum besar, kemudian tumpuan kayu dibakar untuk dapat melumerkan sarang lebah. Untuk membuat liln caranya cukup mudah, lilin yang sudah dilumerkan akan mengeras dan akan dipotong menjadi bongkahan kecil, kemudian dipanaskan da dimasukkan kedalam cetakan. Lilin kemudian didiamkan selama 1 jam dan dikeluarkan dari cetakan dan diberi sumbu sehingg menjadi lilin yang indah. Lilin lebah juga memiliki kelebihan yaitu bila dinyalakan tidak akan menghasilkan asap hitam yang mejadi pemicu adnya kanker dan aroma lilin kerbau madu selain itu penerangannya terang.



ü    Rempeyek Kepiting
Rempeyek kepiting berada di pasar tenga, Pekanbaru. Rempeyek kepiting sangat mudah untuk dibuat. Bahan utamanya adalah kepiting yang masi segar kemudian dilumuri sedikit cuka agar menghilangkan bau amis lalu tambahkan sedikit garam dan bawang putih lalu diuleni agar lebih enak, setelah itu membuat adona tepung yang berasal dari tepung beras dan tepung bubi. Bumbunya adalh bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, telur, ketumbar, lengkuas dan daun salam. Kemudian kepiting digoreng sampai benar-benar matang. Rasanya yang enak dan gurih hampir setiap hari rempeyek seharga Rp.3000 banyak diburu orang. Hampir setiap hari lebih dari 100 ekor kepiting diolah menjadi rempeyek. Bentuk rempeyek itu juga membuat banyak orang memburunya karena sangat unik.

ü    Bakwan Mangkok atau bakwan Shanghai
Bakwan mangkok atau bakwan Shanghai juga tidak kalah dengan camilan-camilan yang lain. Diberi nama bakwan mangkok karena bentuknya seperti mangkok, lihat saja cara pembuatannya dengan menggunakan cetakan seperti mangkok. Adonan tepung dimasukkan lalu diisi irisan kentang, wortel, dan daging cincanglalu atasnya kembali dibaluti dengan adonan dan terakhir digoreng, harganya cukup ekonomis yaitu Rp.800 per buahnya.

NAMA           : ERLITA DWI KRISNA PUTRI
NO                 : 12
KELAS          : X-3(KD 11.1.1 SAMBUTAN)

TUGAS KD 11.1.1 SAMBUTAN

Indikator
Ø Mencatat pokok-pokok isi sambutan yang di dengar.
Ø Kesimpulan isi sambutan.
Ø Menyimpulkan pendapat.


POKOK-POKOK ISI SAMBUTAN

Ada tiga perkara yang harus kita pahami,
1.     barang siapa yang mau mengamalkannya niscaya ditetapkan telah menghisabnya dengan hisab yang ringan dan memasukkannya ke dalam surga yang rakhamatnya yaitu apabila kamu mau memberi kepada orang yang tidak pernah mau memberimu insya allah akan masuk surga.
2.     Yang ke dua, pesan yang ke dua apabila kamu mau menyambung tali persaudaraan yang kepada orang memutuskanmu insya allah akan masuk surga,
3.     Yang ke tiga, kamu mau memberi maaf kepada orang yang telah menganiayamu atau mendzolimimu,maka maafkanlah mereka sebelum meraka minta maaf pada hari Idul Fitri dari.( Al Hadist).

  • Rasullulah SAW bersabda dari muhkayatul khuluq yaitu barang siapa merasa mendzolimi sesama saudaranya yaitu semuslim, maka hendaklah meminta dari yang di dzolimi itu agar menghibahkannya, menghalalkannya atau  menebusnya sebelum di tuntut kelak pada hari kiamat.
  • Dari kisah seorang nelayan yang di dzolimi oleh nelayan yang kuat, kemudian nelayan kuat mendapatkan balasan dari Allah yaitu menderita sakit sehingga tangannya harus di potong. Kemudian nelayan kuat meminta maaf kepada nelayan lemah setelah memdapatkan mimpi, sehingga nelayan kuat sembuh dari luka – lukanya dan kembalilah keadanya seperti semula dengan izin dan kuasa Allah.


KESIMPULAN

Ada tiga perkara yang harus kita pahami, barang siapa yang mau mengamalkannya niscaya ditetapkan telah menghisabnya dengan hisab yang ringan dan memasukkannya ke dalam surga yang rakhamatnya yaitu apabila kamu mau memberi kepada orang yang tidak pernah mau memberimu insya allah akan masuk surga.Yang ke dua, pesan yang ke dua apabila kamu mau menyambung tali persaudaraan yang kepada orang memutuskanmu insya allah akan masuk surga,yang ke tiga, kamu mau memberi maaf kepada orang yang telah menganiayamu atau mendzolimimu,maka maafkanlah mereka sebelum meraka minta maaf pada hari Idul Fitri dari.( Al Hadist).
Rasullulah SAW bersabda dari muhkayatul khuluq yaitu barang siapa merasa mendzolimi sesama saudaranya yaitu semuslim, maka hendaklah meminta dari yang di dzolimi itu agar menghibahkannya, menghalalkannya atau  menebusnya sebelum di tuntut kelak pada hari kiamat.
Dari kisah seorang nelayan yang di dzolimi oleh nelayan yang kuat, kemudian nelayan kuat mendapatkan balasan dari Allah yaitu menderita sakit sehingga tangannya harus di potong. Kemudian nelayan kuat meminta maaf kepada nelayan lemah setelah memdapatkan mimpi, sehingga nelayan kuat sembuh dari luka – lukanya dan kembalilah keadanya seperti semula dengan izin dan kuasa Allah.


PENDAPAT

Saya setuju dengan berita ini karena kita kan tahu sebenarnya makna dari maaf itu sendiri. Dan melalui sambutan ini kita dapat belajar menjadi orang yang mudah memberi maaf dan meminta maaf.

 



 
 

   

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar