Kamis, 11 November 2010

Lili Kristiana--x3-20


Nama   : LILI KRISTIANA
Kelas   : X- 3
Absen  : 20

 NAMA              : Lili Kristiana
NO                     : 20
KELAS               : X-3(KD.11.1.1SAMBUTAN)
MELAMIN
Indikator
§  Menulis rangkuman diskusi
§  Menulis tanggapan terhadap dampak melamin


1.              RANGKUMAN
Melamin sudah beredar luas di Indonesia mulanya melamin terdapat di China. Di Indonesia bahan makanan yang mengandung melamin sebagian besar sudah ditarik oleh pemerintah. Melamin adalah bahan dasar untuk membuat piring dan gelas. Susu yang mengandung melamin yang sudah ada di Indonesia adalah suatu musibah atau kejahatan yang sengaja ditambahkan. Syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan susu di Indonesia adalah hanya bilangan kumannya sedangkan di China hanya kadar proteinnya saja.
Penelitian melamin baru bisa diteliti oleh BPOM dan dibantu oleh pemda di Indonesia terdapat 26 balai POM dan ada yang baru hanya ada di pemakaran itupun belum lengkap alatnya dan semua balai bisa untuk menguji melamin dengan jejaring pengawasan pangan mengadakan list seperti di Departemen Pertanian, sehingga kita bisa mengoptimalkan apa yang ada di Indonesia.


2.              TANGGAPAN TERHADAP DAMPAK MELAMIN
Karena produk dari China yang masuk ke Indonesia terdapat kandungan melamin yang berbahaya dan sangat merugikan masyarakat Indonesia. Seharusnya pemerintah Indonesia lebih tegas untuk menangani masalah ini dan masyarakat juga harus pandai-pandai memilah produk-produk yang berasal dari luar negeri yang membahayakan kesehatan dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri. Sehingga produk-produk dari luar negeri tidak dapat beredar secara luas dan bebas





Nama        : Lili Kristiana
Kelas        : x-3
Absen        : 20

PRO KONTRA RUU RAHASIA NEGARA

POKOK-POKOK ISI DISKUSI :

Ada sebuah buku yang menyebutkan bahwa dunia ini seperti piringan yang datar
Reformasi sudah berjalan belasan tahun
Leo Batubara sebagai Wakil Ketua Dewan Pers  mengatakan ketika RUU rahasia negara diundangkan, korban pertama adalah wartawan dan menerangkan bahwa kooporasi termasuk perusahaan pers, kalau melanggar rahasia Negara dianggap sebagai organisasi terlarang.
Akhir-akhir ini terjadi dinamika yang sangat tinggi dan mengatakan bahwa rumusan rahasia Negara dibuat sangat statis.
 Agus Brotosusilo sebagai Staf Ahli MENHAN Bidang Ideologi dan Politik menerangkan bahwa rahasia Negara diawasi oleh UU, presiden, DPR, pengadilan, dan rakyat (pers).
Leo Batubara menyatakan kalau tugas pers membantu perang terhadap korupsi makin tidak mungkin lagi dan selain itu menuturkan pers siap membantu perang terhadap korupsi.
Agus Brotosusilo menerangkan bahwa pemerintah menyadari betapa besar peran pers.
Effendi Choirie sebagai  Anggota Komisi I DPR RI menyatakan kalau pemerintah akan terus mengawal kebebasan pers selain itu salah satu rahasia Negara adalah informasi.
Ahmad Faisol sebagai Koordinator Riset ISAI menjelaskan bahwa di RUU rahasia Negara tidak ada mekanisme dan pers tidak ada yang harus dikhawatirkan.



ISI DISKUSI ( KESIMPULAN ) :


Ada sebuah buku yang menyebutkan bahwa dunia ini seperti piringan yang datar karena begitu terbukanya tidak ada batas dan bentuk untuk itu kita membutuhkan kerahasiaan agar negara ini  tidak di manfaatkan oleh orang - orang atau pihak - pihak yang buruk. Reformasi sudah berjalan belasan tahun namun bukan malah maju tapi malah semakin mundur.Selain itu kita juga harus berhati - hati mengungkapkan sesuatu yang biasa mengakibatkan kita di anggap membocorkan rahasia negara. Leo Batubara sebagai Wakil Ketua Dewan Pers mengakui ketika RUU rahasia negara diundangkan, yang menjadi korban pertama adalah wartawan. Menurut Agus Brotosusilo sebagai Staf Ahli MENHAN Bidang Ideologi dan Politik menerangkan bahwa akhir-akhir ini terjadi dinamika yang sangat tinggi, terjadi perubahan pada  rumusan norma-norma yang telah disusun selain itu rumusan rahasia Negara dibuat sangat statis. Leo Batubara kembali menegaskan bahwa kooporasi termasuk perusahaan pers, media cetak, dan televisi kalau melanggar rahasia Negara dianggap sebagai organisasi terlarang.  Rahasia Negara itu mungkin suatu informasi yang apabila dikuasai oleh publik yang tidak berhak dapat menimbulkan terganggunnya kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.
Selain itu Leo menerangkan bahwa Negara ini membutuhkan UU asal yang melindungi informasi strategis pertahanan keamanan intelligence untuk negeri. Agus menerangkan bahwa rahasia Negara diawasi oleh UU, presiden, DPR, pengadilan, dan rakyat (pers). Presiden sebagai penanggung jawab. Rahasia Negara itu diatur secara ketat didalam UU, jadi jenis UU itu sedikit sekali dibandingkan dengan jenis informasi yang besar  dan kalau terjadi kebocoran rahasia Negara yang pertama-tama bertanggung jawab bukan yang memperoleh termasuk wartawan, tapi pengelolanya. Pihak wartawan tidak akan dikenakan sanksi pidana kalau dia memperolehnya tidak dengan sengaja melawan hukum. Leo batubara juga menyatakan kalau tugas pers membantu perang terhadap korupsi makin tidak mungkin lagiselain itu ia menuturkan pers siap membantu perang terhadap korupsi. Namun Agus mengatakan bahwa pemerintah menyadari betapa besar peran pers. Effendi Choirie sebagai Anggota Komisi I DPR RI berbicara kalau pemerintah akan terus mengawal kebebasan pers. Ahmad Faisol sebagai Koordinator Riset ISAI juga menerangkan bahwa di RUU rahasia Negara tidak ada mekanisme bagaimana pengujian terhadap penetapan informasi. Effendi menuturkan bahwa Negara harus punya kebebasan tapi disisi lain harus punya rahasia spesifik selain itu juga ia menuturkan bahwa  salah satu rahasia Negara adalah informasi. Rahasia negara harus ada dan harus dilindungi karena bisa saja mengganggu ketertiban umum tetapi jangan sampai apa yang sudah dan rencananya akan di undangkan justru  mengembalikan apa yang sudah kita lakukan di era reformasi.

PENDAPAT :

Saya setuju dengan topik ini karena kita sebagai warga negara harus mengetahui lebih jelas tentang RUU mengontrol apa yang terjadi di DPR. Selu kita  itu kita juga bisa memberikan solusi untuk masalah yang terjadi.

 



Nama    : Lili Kristiana
Kelas    : x-3
Absen    : 20

IKAN MAKAN KOTORAN

POKOK-POKOK ISI INFORMASI :

Mancing di kolam kotoran yang menjadi peletnya
Memakan  makan yang makan kotoran manusia
Jalala adalah hewan pemakan kotoran yang di haramkan
Dari segi kesehatan ada hal - hal positif dan negatifnya
Proses pembersihan dan pemasakan adalah hal penting yang harus di perhatikan
Petani sayur juga menggunakan kotoran manusia sebagai pupuk
Di perkotaan, ada sebagian masyarakat yang memasukkan ikan lele ke sepiteng untuk pembersih.
Menurut agama Islam, mengkonsumsi ikan yang makan kotoran hukumnya makruh.

KESIMPULAN :

Mancing di kolam yang ada kotoran manusia dan dijadikan sebagai peletnya sudah menjadi hal biasaya bagi warga desa.Dilihat daris egi kesehatan ikan yang makan kotoran jika dikonsumsi manusia memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya karena pola yang sudah terbiasa mengkonsumsi ikan yang makan kotoran, maka kuman atau bakteri yang terdapat pada ikan akan membentuk suatu zat aktif yang akan melindungi tubuh dari penyakit. Sedangkan dampak negatifnya bahwa didalam berak manusia terdapat  bakteri, cacing, telur cacing,kuman, dan virus yang dapat menimbulkan penyakit jika orang yang mengkonsumsinya tidak tahan terhadap kuman dan bakteri. Namun banyak petani sayur yang menggunakan kotoran manusia sebagai pupuk. menurut ketua MUI jalala adalah hewan pemakan kotoran yang haram untuk dimakan dan sebaiknya ikan yang makan kotoran sebelum dikonsumsi sebaiknya di pelihara di kolam bersih terlebih dahulu.

PENDAPAT :

Saya tidak setuju dengan adanya ikan yang di beri makan kotoran manusia karena, tentu saja dalam air itu akan terkandung zat berbahaya yang mungkin bagi kita yang tidak biasa mengkonsumsinya akan terkena diare.

 Nama    : Lili kristiana
Kelas     : x-3
 Absen   : 20

K.D 12.1.1
( Membedakan Fakta dan Opini Dalam Laporan Seminar )

POKOK-POKOK ISI LAPORAN SEMINAR :

Perkembangan menarik mengenai status dari 2 anggota KPK
Menurut Bambang Hendarso Danuri kasus KPK tidak ada rekayasa dan bisa dipertanggung jawabkan di pegadilan
Tumpak Hotorangan Panggabean mengatakan bahwa KPK pernah melakukan penyelidikan tentang SKRT
Menurut Taufik Basari sebagi Tim Pembela KPK  ada sebuah skenario yang memang dikonstruksikan untuk melemahkan KPK diujungnya.
Achmad Mubarok Sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat mengatakan ada rekayasa, kalau itu dijalankan terus pada era keterbukaan akan terbuka juga dari pada presiden intervensi yang malah membuat sistem tidak jalan
Fachri Hamzah sebagai Anggota Komisi III FPKS DPR RI mengatakan tidak melihat sebagai kriminalisasi, memandang itu sebagai persoalan konflik antar lembaga.
Gayus Lumbuun sebagai Komisi III DPR RI berbicara kewajiban dan tanggung jawab pemerintah di suatu Negara itu adalah meningkatkan kualitas rakyatnya, mensejahterakan rakyat dan ini terjadi apabila tidak ada korupsi.
 Azis Syamsudin sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR RI mengatakan  untuk mengatasi masalah adalah membiarkan proses berjalan dengan asumsi bahwa rekaman dari KPK, dari polisi, ini kita asumsi benar fakta-faktanya.
Menurut Taufik Basari, mengatakan itu bukan konflik antar Institusi Lembaga Hukum dan bukan persoalan di UU KPK.
Fachri Hamzah mengatakan KPK lahir dengan kesadaran bahwa KPK yang terbaik.
Gayus Lumbuun mengatakan bahwa ada penistaan terhadap polisi dan jaksa.
Menurut Achmad Mubarok mengatakan apa yang terjadi sekarang tidak bisa dihindarkan.



ISI LAPORAN SEMINAR ( KESIMPULAN ) :

 Ada perkembangan menarik terkait dengan status dari 2 anggota KPK yaitu Bibit Saman daan Candra Hamzah karena adanya rekayasa dari sejumlah pihak. Bambang Hendarso Danuri mengatakan kasus KPK tidak ada rekayasa dan bisa dibuktikan di pengadilan. Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan bahwa KPK  pernah melakukan penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan SKRT dan ada beberapa dokumen-dokumen yang dengan rekaman dan masih ada pada KPK sampai saat ini. Menurut Taufik Basari sebagai Tim Pembela KPK  ada sebuah skenario yang memang dikonstruksikan untuk melemahkan KPK diujungnya selain itu karena fakta sudah muncul menunjukkan hal tersebut dan merekayasa kasus ini. Jadi sudah terlihat dan nyata bahwa memang ada skenario, ada rekayasa, ada kepentingan-kepentingan tertentu yang mencoba merekayasa kasus ini sehingga ujung-ujungnya adalah pelemahan KPK. Menurut Achmad Mubarok sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat  ada rekayasa, kalau itu dijalankan terus apalagi pada era keterbukaan akan terbuka juga daripadadian presiden intervensi, malah akan membuat sistem tidak jalan.
Fachri Hamzah melihat itu kriminalisasi, karena akibat aturan - aturan perundang-undangan yang di dalamnya ada konflik sehingga membentuk lembaga - lembaga lain yang melawan KPK . Menurut Gayus Lumbuun sebagai Komisi III DPR RI mengatakan kewajiban dan tanggung jawab pemerintah di suatu Negara itu adalah meningkatkan kualitas rakyatnya, mensejahterakan rakyat. Dan ini bisa terjadi apabila tidak ada gangguan-gangguan yang bernama korupsi, jika musuh utama pemerintah adalah korupsi. Oleh sebab itu, dibentuk sebuah lembaga baru yang bernama KPK. Ketika KPK dengan semua kekuatannya yang diatur sebuah undang-undang tidak ada salah buat undang-undang ini.
 Azis Syamsudin mengatakan cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah membiarkan proses berjalan dengan asumsi bahwa rekaman dari KPK, dari polisi, ini kita asumsi benar fakta-faktanya. Menurut Taufik Basari )itu bukan konflik antar Institusi Lembaga Hukum dan juga bukan sekedar persoalan di UU KPK, tapi ini lebih besar dari itu. Ada kekhawatiran besar bahwa kita sedang kritis didalam penegakan hukum. Menurut Fachri Hamzah ( Anggota Komisi III FPKS DPR RI ) KPK lahir dengan kesadaran bahwa KPK yang terbaik. Polisi dan jaksa itu korup, tidak bisa dipercaya. UU memandatkan kepada KPK untuk melakukan koordinasi kelembagaan.      Gayus Lumbuun mengatakan ada penistaan terhadap polisi dan jaksa, mungkin bukan oleh KPK, tapi oleh orang-orang yang ikut-ikutan tapi tidak tahu persoalan. Menurut Achmad Mubarok sebagai Wakil Ketua Umum Partai Demokrat mengatakan apa yang terjadi sekarang tidak bisa dihindarkan, karena memang kita era keterbukaan apalagi kita reformasi pada era globalisasi.

PENDAPAT :

Saya setuju dengan topik yang dibicarakan karena kita sebagai masyarakat atau warga Indonesia dapat mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi di pemerintahan. Selain itu dengan adanya pembicaraan tentang masalah tersebut, selain dapat menemukan penyelesaian masalah , kita atau masyarakat dapat memberikan kritik lewat media masa y.ng bersifat membangun .







Nama      : lili kristiana
Kelas       : x-3
Absen      : 20
Indikator kd 11.1.1 ( sambutan)
11.1.1 Mencatat pokok- pokok isi sambutan yang didengar
11.1.2 Menulis isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
11.1.3 Pendapat
*      Pokok – pokok isi sambutan
·         Atas nama panitia mengucapkan selamat datang dan terima kasih karena kehadiran bapak ibu guru acara halal bihalal bermakna.
·         Ucapan mohon maaf lahir dan batin karena diantara kita pasti berbuat salah atau khilaf
·         Kata Bu Hari Mulyani hari yang fitri artinya kita kembali 0-0
·         Ada tiga perkara, barang siapa yang mau mengamalkannya niscaya ditetapkan telah menghisabnya dengan hisab yang ringan dan memasukkannya ke dalam surga yang rakhamatnya
·         Apabila kamu mau memberi maaf kepada orang yang tidak pernah mau memberimu insya allah bakalan masuk surga.
·         Apabila kamu mau menyambung tali persaudaraan yang kepada orang memutuskanmu insya allah akan masuk surga
·         Kamu mau memberi maaf kepada orang yang telah menganiayamu atau mendzolimimu insya allah akan masuk surga
·         Rasullulah SAW bersabda dari muhkayatul khuluq yaitu barang siapa merasa mendzolimi sesama saudaranya yaitu semuslim tentang kehormatannya, nama baiknya atau harta miliknya maka hendaklah meminta dari yang di dzolimi itu agar menghibahkannya, menghalalkannya atau ia menebusnya sebelum di tuntut kelah pada hari di mana tiada dinar dan derihan
·         Kisah seorang nelayan ini yang di dzolimi oleh nelayan yang kuat
*      Isi sambutan dalam beberapa kalimat
Pada kesempatan ini kami atas nama panitia mengucapkan selamat datang dan terima kasih karena kehadiran bapak ibu guru acara ini dapat lebih bermakna. Kata Bu Hari mulyani dihari yang fitri ini artinya kita kembali 0-0 karena kita jika saling memaafkan terasa seperti tidak mempunyai dosa. Dan ada tiga perkara, barang siapa yang mau mengamalkannya niscaya Allah akan menghisabnya dengan hisab yang ringan dan memasukkannya ke dalam surga yang rakhamatnya yaitu apabila kamu mau memberi maaf  kepada orang yang tidak pernah mau memberimu insya allah akan masuk surga. Yang ke dua, pesan yang ke dua apabila kamu mau menyambung tali persaudaraan yang kepada orang memutuskanmu insya allah akan masuk surga, yang ke tiga  kamu mau memberi maaf kepada orang yang telah menganiayamu atau mendzolimimu insya allah akan masuk surga. Rasullulah SAW bersabda dari muhkayatul khuluq : barang siapa merasa mendzolimi sesama saudaranya yaitu semuslim tentang kehormatannya, nama baiknya atau harta miliknya maka hendaklah meminta dari yang di dzolimi itu agar menghibahkannya, menghalalkannya atau ia menebusnya sebelum di tuntut kelah pada hari di mana tiada dinar dan derihan. Ada juga kisah seorang nelayan ini yang di dzolimi oleh nelayan yang kuat. Nelayan yang lemah ini berdo’a,Ya Tuhan ku, engkau telah menjadikan aku lemah dan menjadikan dia kuat sehingga dengan kekuatan itu ia telah mendzolimi aku dan mengambil ikan ku dengan paksa. Kirimlah padanya sesuatu makhluk yang dapat melakukan balasan atas kedzolimannya itu agar menjadi contoh serta penatan bagi orang lain, nah saat sedang di panggang ikan tersebut oleh nelayan yang kuat di dalam sebuah hidangan di santap beramai – ramai beserta keluarganya tiba – tiba ikan rampasan dari nelayan yang lemah  tersebut menyengat tangannya sehingga tangannya menjadi luka lama kelamaan tangnnya itu harus di potong, akhirnya ia bermimpi dalam mimpinnya itu terdengar suara si nelayan yang lemah berkata demikian ” kembalikanlah hak yang kau rampas itu kepada dulu yang punya, bila enggkau ingin selamat dan sembuh dari penyakit ini. Lalu setelah nelayan kuat tadi terjaga dari tidurnya segera ia pergi ke tempat nelayan yang lemah tadi dan di berinya uang sepeuluh ribu drigaham sebagai ganti ikan yang telah di rampasnya dengan paksa, sejak hari itu mulailah ia sembuh dari luka – lukanya dan kembalilah keadanya seperti semula dengan izin dan kuasa Allah. Apabila mungkin di antara kita punya penyakit karena  mungkin kita pernah mendzolimi sesama teman atau sesama kaum muslimin, maka kita harus saling memaafkan karena kita semua adalah saudara.
*      Pendapat
Saya setuju dengan isi sambutan tersebut, karena jika kita mempunyai hati yang bersih di hari yang fitri tentu akan membuat kita belajar lebih baik lagi dan selain itu  dengan sambutan itu, kita bisa belajar dan mengamalkan apa yang telah disampaikan.
Nama   : Lili Kristiana
Kelas   : x-3
Absen : 20
Bolehkan Muslim Berhena
*   Pokok – pokok informasi :
Ø Pasar Codet terkenal dengan dagangan khas dari timur tengah
Ø Barang – barang khas Arab ada parfum,makanan, dan hena
Ø Hena adalah pacar yang dapat digunakan untuk mengukir tangan dan kaki
Ø Hena atau pacar Cina di pakai wanita Arab sejak jaman Rasullulah
Ø Semua bagian hena dapat dimanfaatkan
Ø Hena berasal dari tumbuhan semak
Ø Memakai Hena hukumnya halal
Ø Hena juga dapat digunakan untuk pewarna rambut
Ø Bahan pembuatan hena sangat alami dan aman bagi kulit
Ø Hena yang berwarna merah bahannya alami sedangkan hena berwarna hitam berasal dari bahan sintetis
Ø Pengguna hena biasanya adalah calon pengantin
Ø Ada dua bentuk hena yang dijual yaitu bubuk dan pasta
*   Kesimpulan
Pasar Codet terrenal dengan dagangan khasnya dari timar tengah. Di pasar codet banyak di jual barang – barang khas Arab seperti parfum, makanan, dan hena. Hena atau pacar Cina adalah pacar yang digunakan untuk mengukir tangan dan kaki yang dipakai wanita Arab Sejas jaman Rasullulah. Hena atau inai berasal dari tumbuhan semak yang biasa dipakai untuk pemerah kuku, selain itu tumbuhan hena memiliki bagian yang bermanfaat dari mulai kulit batang, daun, akar, hingga daunnya. Pemakai hena biasanya adalah calon pengantin dan mereka sebagian menggap hena sebagai symbol kehormatan bagi suami sehingga calon pengantin wanita yang dihena bagai ratu yang di dandani secantik mungkin. Hena hukumnya halal dan selain itu dapat untuk bergaya dan dapat menyenangkan suami. Selain untuk mengukir tangan dan kaki hena juga digunakan untuk pewarna rambut. Bahan pembuatan hena sangat alami sehingga aman bagi kulit. Warna hena asli adalah merah/ orange dan coklat yang terbuat dari bahan alami sedangkan hena yang berwarna hitam terbuat dari bahan sintesis yang dapat menimbulkan alergi pada kulit. Khasiat hena yang paling bagus terkandung pada daun.
*   Pendapat
Saya setuju dengan informasinya tentang apa hena itu, manfaat dan asalnya, karena masyarakat dapat mengetahui tentang apa hena itu lebih banyak dan dapat memakai hena karenan di halalkan.Namun hena belum tersebar luas di pasar – pasar di Indonesia sehingga belum banyak masyarakat yang memakai hena.
Nama   : Lili Kristiana
Kelas   : x-3
Absen  : 20
Indikator         :
10.1.1.1                        Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan
10.1.1.2                        Memahami isi berita dengan menidentifikasi pokok – pokok berita
10.1.1.3                        Menanggapi isi berita dengan mengajuka pertanyaan – pertanyaan kritis
10.1.1.4                        Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan atau ketidaksetujuan
1. Pertanyaan  :  Bentrok antara mahasiswa fakultas apa dan berapa korbannya?
    Jawaban      : Bentrokan antara mahasiswi fakultas sasra dan mahasiswi fakultas teknik
  yang menimbulkan 2 korban.
   Saya tidak setuju karena budaya tawuran tidak pantas untuk dilestarikan karena dapat merusak nama citra bangsa Indonesia apalagi sampai menimbulkan korban dan penyebabnya juga tidak diketahui.
2. Pertanyaan  :  Untuk apa masyarakat demo menolak bank Century?
    Jawaban      : Karena kucuran dana dari Bank Century hanya merugikan rakyat.
    Saya tidak setuju karena Bank Century bukannya meringankan beban rakyat tetapi malah merugikan dan menambah kesengsaraan hidup karena hanya orang – orang besar saja disana yang menikmati hasilnya.
3. Pertanyaan  : Berapa terdakwa yang disidang atas kasus pembunuhan Nasrudin di
                          Tangerang ?
    Jawaban      : Lima terdakwa yang disidang atas kasus pembunuhan Nasrudin.
    Saya setuju karena keadilan harus ditegakkan selain itu siapa yang bersalah harus mempertanggung jawabkan atas apa yang telah dilakukan.
4. Pertanyaan  : Atas kasus apa polisi memanggil Usman Hamid ?
    Jawaban      : Usman Hamid diberi surat panggilan polisi atas tuduhan pencemaran   
                           nama baik.
   Saya setuju karena setiap orang mempunyai nama baik yang harus kita hargai bukan
malah delecehkan nama baiknya.
5. Pertanyaan  : Siapa saja keempat menteri yang mengundurkan diri sebelum masa
                          jabatannya selesai ?
   Jawaban       : Keempat menteri yaitu adalah Jero Wajik, Taufik Efendi, Lukman Endi,
                          Surya Darma Ali.
   Saya tidak setuju karena mereka telah berhenti dari tugas yang diberikan untuk mereka
sebelum selesai akhir masa jabatannya selain itu mereka juga mengorbankan nasib rakyat
kecil dari apa yang mereka lakukan.
6. Pertanyaan  : Mengapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi ?
   Jawaban       : Karena terjadi pergeseran 3 lempeng bumi yang mendesak Indonesia
                          sehingga di Indonesia terutama di bagian pulau jawa dan Sumatra sering
                          terjadi gempa bumi.
   Saya tidak setuju karena seharusnya ada cara untuk mencegah agar tidak terjadi gempa
bumi itu karena gempa bumi akan menimbulkan banyak korban. 
7. Pertanyaan  : Dimana Bakrie memberikan bantuan untuk korban bencana di
                           Tasikmalaya, Jawa Barat ?
   Jawaban : Bakrie memberikan bantuan di daerah yang belum tersentuh bantuan.
   Saya setuju karena kita sesama manusia harus saling membantu dan berbagi dengan sesama manusia yang memang benar membutuhkan ukuran tangan bantuan kita.
8. Pertanyaan  :Dengan siapa mahasiswi di Kendari bentrok di kampus ?
   Jawaban       :Dengan satpam yang tidak diketahui penyebabnya dan mereka juga
                        sempat menghadang mobil dan mereka juga menggunakan batu dan
                        senjata tajam.             
   Saya tidak setuju karena kekerasan itu perbuatan yang bukan untuk menyelesaikan masalah tetapi membahayakan orang lain.
9. Pertanyaan  : Untuk apa ibu – ibu di Jambi antri mendapatkan minyak tanah ?
   Jawaban       : Untuk dipergunakan ketika menjelang lebaran selain itu untuk memenuhi
                          kebutuhan sehari- hari karena minyak tanah sekarang ini semakin langka.
   Saya setuju karena waktu di jaman sekarang yang modern ini masih banyak masyarakat yang tidak mampu sehingga mereka tidak mampu membeli Gas Elpiji yang akhirnya menjadikan mereka memakai kompor minyak tanah.
10. Pertanyaan            : Mengapa animo masyarakat untuk menukarkan uang recehan Rp 1000- an
                          sampai Rp 2000 ?
     Jawaban     : Karena mereka membutuhkan uang recehan itu untuk memberikan
                          keponakan atau sanak keluarga mereka ketika lebaran.
   Saya setuju karena penukaran uang itu juga dapat mengenalkan uang recehan Rp 2000 baru kepada masyarakat selain itu juga memberikan uang ketika lebaran adalah tradisi dan cirri khasnya.
Nama   : Lili Kristiana
Kelas   : x-3
Absen  : 20
Indikator         :
10.1.1.1 Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan
10.1.1.2 Memahami isi berita dengan mengidentifikasi pokok- pokok berita
10.1.1.3 Menanggapi isi berita dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan kritis
10.1.1.4 Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan atau ketidaksetujuan
1. Pertanyaan  : Mengapa Angelina Sondank melahirkan dengan proses Caesar ?
    Jawaban      : Karena factor utamanya adalah pekerjaan Angelina yang terlalu banya duduk,
  yang kedua adalah bayinya terlalu besar sehingga mengharuskan Angelina
  menjalani proses operasi Caesar.
    Saya setuju karena informasi yang disajikan dapat memberi masukan kepada orang lain terutama ibu hamil agar dapat mencegah kehamilannya supaya bayinya tidak bergeser.
2. Pertanyaan  : Kemanakah Maia Estianti pada saat tidak bisa bertemu anak – anaknya ketika
  lebaran ?
   Jawaban       : Maia Estianti pergi ke Hongkong untuk melepas rasa kangen dengan anak –
  anaknya selain itu juga Maia ingin jalan – jalan.
   Saya tidaak setuju karena bagaimana pun hubungan darah antara anak dan ibu tidak boleh di putus, walaupun berlibur rasa kangen akan tetap masih ada.
3. Pertanyaan  : Siapakah istri Hikmal Akbar dan mengapa mereka memilih tanggal pernikahan
  dengan angka 09-09-2009 ?
    Jawaban      : Istri Hikmal Akbar adalah Nuri Sadden dan mereka melangsungkan pernikahan
  pada tanggal 09-09-2009 karena factor utamanya adalah karena pada saat bulan
  Ramadhan dan selain itu angka yang mereka pilih dipercayai membawa hoki
  bagi kelangsungan rumah tangganya.
   Saya setuju karena menikah itu adalah sunnah Rasul selain itu dapat menjauhkan dari cibiran orang lain.
4. Pertanyaan  : Akan pergi kemanakah Yuni Sara ke Bandung ?
    Jawaban      : Yuni Sara akan pergi ke rumah orang tua Raffi Akhamad untuk mempererat tali
  silahturahmi.
    Saya setuju karena tali silahturahmi harus kita lakukan kepada siapa saja.
5. Pertanyaan  : Apa yang dilakukan Cici Paramida saat berada di kepolisian ?
    Jawaban      : Cici Paramida ke kantor polisi untuk melaporkan KDRT yang dilakukan oleh
  suaminya Suhaibi kepada Cici.
    Saya setuju karena kita tidak boleh melakukan KDRT sehingga tau apa akibatnya.
6. Pertanyaan  : Mengapa Mona Ratuliu dan Indra dapat penghargaan ?
    Jawaban      : Karena mereka termasuk dalam keluarga yang harmonis.
    Saya setuju karena keluarga yang harmonis itu akan menciptakan suasana damai dalam hidup.
7. Pertanyaan  : Bagaimana suasana Dewi Sandra saat lebaran ?
    Jawaban      : Dewi Sandra teringat akan ibunya yang sudah tiada dan ia ingin bertemu.
    Saya setuju karena ibu adalah segalanya bagi kita walau pun beliau telah tiada.
8. Pertanyaan  : Bagaimana Opick dan Natalie Sarah mengajak anak – anak mereka untuk
  berpuasa ?
    Jawaban      : Mereka memberikan sedikit iming – iming barang kesukaan mereka selain itu
  mereka juga menyuruh berpuasa setengah hari bila tidak kuat.
    Saya setuju karena kita harus mengajarkan anak – anak untuk belajar berpuasa sejak dini agar  lebih tebiasa.
Indikator         :
v  Mencatat pokok – pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ tv/ remakan
v  Mengajukan saran perbaaikan  secara tertulis tentang informasi yang di ssampaaikan
v  Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/tv/rekaman.
Ø  Pokok – pokok isi informasi
o   Di daerah Muara jalai Kab. Kampar Provinsi Riau kita di ajak untuk membuat Bubur Sum – sum yang bahan utamanya adalah susu kerbau yang mempunyai manfaat yaitu dapat menurunkan kolestrol.
o   Lilin lebah adalah bahan utamanya sarang lebah yang dipanaskan kemudian di cetak. Lilin lebah memiliki kelebihan yaitu bila dinyalakan tidak akan menghasilkan asap hitam.
o   Rempeyek kepiting bhan utamanya adalah kepiting yang dicampur bumbu rempah – rempah.
o   Bakwan mangkok terbuat dari adonan tepung yang diisi kentang, wortel, daging.
Ø  Saran
o   Pembuatan susu kerbau menjadi bubur sum – sum harusnya lebih steril lagi agar kualitasnya terjamin.
o   Lilin lebah seharusnya harus di kenalkan ke masyarakat luar daerah itu agar masyarakat lain juga dapat menambah serta merasakan manfaatnya.
o   Rempeyek kepiting harusnya cara pembuatannya di tempat yang higenis dan harganya juga kurang ekonomis untuk kalangan menengah ke bawah
o   Agar lebih higinis seharusnya bakwan yang sudah di goreng di tempatkan di tempat yang praktis dan tidak menyebabkan penyakit.
Ø  Rangkuman isi informasi
o   Pembuatan bubur sum – sum
Setelah menempuh perjalanan dari ibu kota Provinsi Riau, yaitu Muara Jalai
Kab. Kampar yang berjarak satu setengah jam kita akan disuguhi pemandangan yang eksotis dan hewan mamalia berkaki empat yang mempunyai peranan penting bagi masyarakat disekitarnya. Seperti ibu Roha adalah salah satu warga yang mengolah susu kerbau menjadi bubur sum – sum. Hampir setiap harinya kerbau menghasilkan 2 liter susu yang nantinya akan di olah menjadi menu kuliner khan daerah Muara Jalai. Agar susu kerbau tetap segar harus diolah terlebih dahulu. Langkah pertama adalah memisahkan kotoran halus yang tak jarang tercampur di susu. Kemudian susu dituang ke bilah bambu. Bambu yang digunakan adalah bambu yang masih segar dan steril karena bambu sangat penting dalam proses dan rasa susu itu sendiri. Kemudian bambu ditutup rapat dengan daun pisang dan didiamkan 1 malam / 24 jam. Untuk membuat bubur susm – sum caranya mudah saja cukup dengan membuat parutan kelapa dan gula aren kemudian dicampur susu yang berbentuk seperti yogurth dari hasil fermentasi. Susu kerbau banyak mengandung manfaat seperti menurunkan kolestrol dan banyak mengandung protein.
  • Kerajina Lilin Lebah di Gunung Sahilin
Di desa gunung Sahilin memiliki pohon yang  menjadi bberkah tersendiri bagi masyarakat
setempat karena pohon  itu ditempati sarang lebah. Prosesnya cukup mudah, pertama sarang lebah diperas kemudian di masukkan ke dalam drum besar, kemudian tumpuan kayu di bakar untuk dapat melumerkan sarang lebah. Untuk membuat lilin prosesnya cukup mudah. Lilin yang dusah dilumerkan akan mengeras dan akan di potong menjadi bongkahan kecil, kemudian di panaskan dan dimasukkan ke dalam cetakan. Lilin kemudian didiamkan selama 1 jam dan dikeluarkan dari cetakannya dan diberi sumbu sehingga menjadi lilin yang indah. Lilin lebah juga memiliki kelebihan yaitu bila dinyalakan tidak akan menghasilkan asap hitam yang menjadi pemicu penyakit kanker. Selain itu aroma lilin lebah berbau madu dan penerangannya sangat terang.
  • Rempeyek Kepiting
Rempeyek kepiting berada di pasar tengah, Pekanbaru. Rempeyek kepiting sangat mudah untuk
Dibuat. Bahan utamanya adalah kepiting yang masih sangat segar kemudian dilumuri sedikit cuka agar menghilangkan bau amis lalu tambahkan sedikit garam dan bawang putih lalu diuleni agar lebih enak. Setelah itu membuat adonan tepung yang berasal dari teping beras dan tepung tepung bubi. Bumbunya adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, telur, ketumbar, lengkuas, dan daun salam. Kemudian kepiting digoreng sampai benar – benar matang. Rasanya yang enak dan gurih hampir setiap hari rempeyek seharga Rp 3000, 00 diburu banyak orang. Hampir setiap hari lebih dari 100 ekor kepiting di olah menajdi rempeyek. Bentuk rempeyek itu juga membuat banyak orang memburunya karena sangat unik dan rasanya lain dari pada yang lain.
  • Bakwan Mangkok / Bakwan Sanghai
Bakwan mangkok atau bakwan Sanghai juga tidak kalah dengan cemilan – cemilan yang lain.
Diberi nama bakwan mangkok karena bentuknya yang seperti mangkok, lihat saja cara pembuatannya dengan menggunakan cetakan seperti mangkok adonan tepung dimasukkan lalu diisi dengan irisan kentang, wortel, dan daging cincang lalu atasnya kembali dibaluti dengan adonan dan terakhir di goreng. Harganya hanya Rp 800 per buah kita sudah dapat menikmati bakwan mangkok.
Nama   : LILI KRISTIANA
Kelas   : x-3
Absen  : 20
Zakat
Indikator         :
11.1.1.1      mencatat  pokok-pokok isi sambutan yang didengar
11.1.1.2      menulis pokok-pokok isi sambutan kedalam beberapa kalimat
11.1.1.3      pendapat
Pokok – pokok isi informasi
Ø Mudik sudah menjadi tradisi di setiap tahun
Ø Mungkin sekarang kita mudik untuk pulang kampung tetapi suatu hari nanti kita akan mempersiapkan diri untuk di akhirat
Ø Zakat adalah salah satu kendaraan kita kepada Allah SWT
Ø Shahadat sebagai sopir,zakat sebagai ongkos dan shalat adalah kendaraan kita nanti di akhirat
Ø Zakat merupakan segala sesuatu yang kotor dan di sempurnakan
Ø Zakat ada dua macam zakat fitrah dan zakat mal
Ø Ciri – ciri orang yang beriman dalam surat Al yukminun adalah zakat merupakan rukun
Ø Di dalam surat At Taubah ayat 103 sadaqoh diberikan kepada fakir miskin
Ø Sebagian orang belum memiliki kesadaran untuk membayar zakat
Ø Masyarakat dapat menyalurkan zakatnya kepada badan atau lembaga yang dapat dipercaya untuk menyalurkan zakat
Ø Waktu yang paling baik untuk membayar zakat adalah pada saat awal bulan ramadhan.
Ringkasan
                            
Zakat
Mudik sudah menjadi tradisi setiap tahun untuk sebagian orang, terutama di kota – kota besar di Indonesia. Jika kita melihat wajah orang yang akan mudik begitu senang dan gembira sekali mereka karena mereka dapat pulang ke kampung halaman dan bertemu sanak keluarga. Mungkin sekarang kita mudik untuk pulang kampung tetapi suatu hari nanti kita akan mempersiapkan diri kita untuk di akhirat, maksudnya sekarang kita mungkin dapat bersenang – senang dan membawa beraneka macam buah tangan  untuk  pulang kampung tetapi suatu hari nanti kita pasti berfikir untuk mempersiapkan bekal apa saja yang akan kita bawa di akhirat. Disaat menjalankan atau sesudah ibadah puasa kita wajib untuk membayar zakat, baik orang miskin maupun kaya. Pengertian zakat itu sendiri adalah merupakan segala sesuatu yang kotor dan di sempurnakan artinya zakat itu untuk mensucikan diri kita dari perbuatan dan segala tingkah laku kita yang disengaja ataupun tidak. Zakat juga merupakan salah satu kendaraan kita kepada Allah SWT yang maksudnya zakat itu dapat menjadi penunjuk arah kita kelak di akhirat. Selain itu di dalam rukun islam bila kita umpamakan pulang kampung terdapat syahadat yang menjadi sopir, zakat sebagai ongkos, shalat sebagai kendaraan kita. Ada dua macam zakat yang pertama adalah zakat fitrah yang artinya zakat untuk mensucikan diri kita setelah sebulan berpuasa dan zakat mal yang artinya zakat untuk mensucikan harta karena harta itu merupakan titipan allah dan di dalam harta kita terdapat hak anak yatim dan orang fakir miskin. Di dalam surat At Taubah ayat 103 di jelaskan sadaqoh diberikan kepada fakir miskin. Jika di dalam surat At Taubah di jelaskan sadaqoh diberikan kepada fakir miskin di dalam surat Al Yukminun di sebutkan ciri – ciri orang yang beriman zakat merupakan rukun. Namun sebagian orang belum memiliki kesadaran untuk membayar zakat padahal untuk orang islam hukumnya wajib. Banyak juga lembaga atau badan penyalur zakat seperti badan amil zakat yang mungkin masyarakat tidak perlu lagi meragukannya karena sudah di percayai pemerintah. Namun badan amil zakat haruz mampu menjaga kepercayaan dan meyakinkan masyarakat. Waktu yang paling baik untuk membayar zakat adalah pada saat awal bulan ramadhan.
Pendapat         : saya setuju dengan ceramah tersebut karena saya dapat mengetahui tentang kewajiban kita sebagai umat islam untuk membayar zakat selain itu saya juga dapat mengerti arti tentang zakat itu apa dan kepad siapa zakat itu di bagikan selain itu saya juga tau kita dapat mempercayakan zakat kita kepada siapa untuk di salurkan.
KD. 12.1.2.1   Mengemukakan kritik terhadap isi laporan
12.1.2.2      Memberikan saran untuk perbaikan laporan
  • Kritik terhadap isi laporan
Laporan yang disajikan ada sebagiaan yang kurang lengkap, seperti pengertian dari mercuri itu apa dan bahayanya. Karena itu sangat penting untuk dijelaskan dan juga bahan – bahan lain yang berbahaya yang terkandung di dalamnya. Jika kita menggunakan ataupun mengkonsumsinya dan apa dampaknya terhadap tubuh kita jika menggunakan bhan- bahan kosmetik atau obat – obatan yang terdiri dari bahan – bahan kimia tersebut.
  • Saran
Sebaiknya laporan yang disajikan harus lebih terperinci tentang mercuri dan bahan – bahan lain yang berbahaya yang terdapat tidak hanya dikosmetik, obat – obatan, dan jamu serta dampak – dampaknya. Supaya kita sebgai orang awam tau dan lebih mengerti apa itu mercuri dan kita bias berhati – hati dan memilih barang kosmetik atau yang lainnya terutama yang tidak bebahanya untuk tubuh kita.
Rangkuman korban bencana alam
            Bencana alam berupa gempa yang mengakibatkan tebing longsor di desa Cisalak Kec. Cibinong, Cianjur, Jawa Barat. Semua warga desa Cisalak masih tinggal di tenda darurat karena masih takut dengan gempa longsor kemarin.
            Di tenda darurat terdapat 500 warga yang mengungsi. Mereka masih mendapat bantuan dengan lancar untuk memenuhi kebutuhan mereka untuk sementarawaktu. Meskipun medannya cukup jauh dari pusat kota Cianjur. Dari 12 desa di kecamatan Cibinong, yang paling parah adalah desa Cengkareng. Rata – rata warga yang tinggal di pengungsian kehilangan rumah dan keluarga mereka. Sebenarnya tenda pengungsian yang di tempati warga sebelumnya adalah sawah dan tenda disini cukup pantas dan sederhana. Salah satu korban yang mempunyai kisah tragis adalah bu Zaenab dan keponakannya Fikriyang pada waktu sebelum kejadian orang tua Fikri menitipkan Fikri kepada bu Zaenab untuk membeli obat, kala itu Fikri sedang tertidur lelap, tetapi lima menit kemudian terjadi longsor dan orang tua Fikri ikut tertimpa longsoran tebing itu. Dan dari pengakuan seorang salah seorang warga, dia juga kehilangan tiga orang anaknya dengan kondisi yang tidak sebagaimana semestinya seperti tanpa kelapa, pinggang menjadi ke depan, dan itu sangat membuat dia dan istrinya tidak berani lagi kembali kerumah karena traauma dengaan kejadian itu.
            Cara untuk menghilangkan rasa trauma meteka yang menimbulkan kesedihan mendalam bisa di atasi dengan cara konseling yaitu mencari cara bagaimana untuk membantu dari segi moral dan dengan cara bagaimana mengekspresikan kesedihan mereka. Biasanya dengan terapi gambar mereka bisa melampiaskan kesedihan maupun kepedihan mereka dengan cara itu mereka akan mengerti bukan hanya mereka yang mengalami bencana itu. 
Indikator          :
10.9.2.1                      Mencatat pokok – pokok isi informasi melalui rekaman / teks yang di bacakan
10.9.2.2                      Menyimpulkan isi informasi yang di dengar
10.9.2.3                      Pendapat
Pokok – pokok isi informasi
Ø     Di pantai Ds. Tanjung Sangkar Kab. Bangka Selatan terdapat udang kipas yang bisa menjadikan badan tumbuh tinggi.
Ø     Udang kipas dapat di temui di tengah laut dengan kedalaman 5-100 meter ( berpasir)
Ø     Udang kipas berasal dari daerah Australia
Ø     Nama latin udang kpas adalah Tenus Orientalis
Ø     Udang kipas merupakan hewan karnivora
Ø     Udang kipas banyak sekali mengandung vitamin, mineral, dan protein
Ø     Bila di makan langsung tanpa di masak udang kipas lebih banyak mengandung vitamin
Ø     Disarankan jika memasak udang kipas dengan direbus agar tidak merebus terlalu lama karena dapat mengurangi kandungan zat di dalamnya
Menyimpulkan isi informasi
Udang Kipas
          Udang kipas merupakan hewan karnivora yang artinya hewan pemakan daging. Biasanya udang kipas memakan hewan – hewan kecil seperti ikan – ikan kecil, udang – udang kecil. Udang kipas banyak di jumpai di pantai Ds. Tanjung Sangkar Kab. Bangka Selatan. Untuk menangkap udang kipas harus menggunakan jaring. Udang kipas hidup dengan kedalaman 5 – 100 meter (berpasir). Pada siang hari udang kipas tidak melakukan aktifitas apapun sehingga udang kipas membenamkan diri di pasir dan pada malam hari udang kipas baru akan melakukan aktifitas. Untuk berjalan udang kipas memiliki kaki yang unik bentuknya,selain itu udang kipas juga memiliki titik sensor di bagian bawah tubuhnya yan berfungsi untuk mendeteksi keberadaan mangsa. Bila ingin memakan udang kipas mentah secara langsung juga bisa dengan di tambah saos dan itu lebih baik karena tidak mengurangi kandungan vitamin udang kipas. Selain itu udang kipas juga dapat di makan langsung udang kipas juga dapat direbus namun tidak boleh terlalu lama jika di rebus karena dapat merusak kandungan vitamin yang ada di dalamnya. Banyak sekali kandungan yang ada di dalamudang kipas selain vitamin B, B12,A,C dan mineran cerenium untuk antibodi dan juga calsium untuk pembentukan tulang yang membantu kita menjadi tumbuh tinggi. Udang kipas juga enak di makan dengan dibakar karena rasanya yang gurih dan mirip seperti lobster. Maka dari itu jika banyak mengkonsumsi udang kipas selain juga dapat membantu menjadikan badan tumbuh tinggi juga masih banyak manfaat lain yang terkandung di dalamnya.
Pendapat :
                        Saya sangat setuju dengan adanya udang kipas yang dapat membantu tubuh menjadi tinggi, selainitu juga banyak mengandung vitamin,mineral dan juga protein namun udang kipas masih hanya ada di daerah tertentu saja artinya belummenyebar dis eluruh indonesia sehingga masyarakat juga belum sepenuhnya tahu tentah udang kipas dan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar