Kamis, 11 November 2010

Nurul Aida--x3-28


Nama: Nurul Aida
Kelas : X 3
No.absen :28


Indikator :
10.9.2.1 :  Mencatat pokok – pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
10.9.2.2 : Menyimpulkan isi informasi yang didengar
10.9.2.3 : Pendapat
Udang Kipas Bikin Badan Tumbuh Tinggi
Pokok-pokok informasi :
·         Dsa Tanjung Sakar Kab. Bangka Selatan yang dikenal dengan udang kipasnya yang lezat dan bisa dimakan mentah dan bisa juga dimasak terlebih dahulu.
·         Mencari udang kipas harus di tengah laut karena udang kipas termasuk dalam hewan napturnal atau hewan yang keluar pada malam hari.
·         Udang kipas trgolong dalam hewan karnivora karena udang kipas pemakan ikan kecil dan hewan kecil lainnya yang ada di dasar laut.
·         Udang kipas mengandung berbagai macam gizi, seperti vitamin, mineral dan protein yang tinggi selain itu juga mengandung kalsium yang berfungsi untuk pembentukan tulang yang bisa membuat badan menjadi cepat tinggi.
Kesimpulan :
            Tenus Orientalis adalah nama ilmiah dari udang kipas, yang memiliki manfaat  baik untuk pertumbuhan tubuh. Kandungan dalam udang kipas ini memiliki berbagai macam manfaat seperti kandungan kalsium yang berfungsi dalam pembentukkan tulang dan kandungan helenium untuk antuk antibody atau kekebalan tubuh. Dan selain itu terdapat kandungan vitamin B, vitamin A, vitamin C, vitamin D, mineral dan protein yang tinggi. Sebaiknya mengkonsumsi udang kipas secara mentah dan harus bersih agar kandungan proteinnya tidak hancur. Tetapi dimasak terlebih dahulu juga bisa.
Pendapat :
            Saya setuju dengan informasi tersebut karena udang kipas memang mempunyai  manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh kita. Dan kita selain bisa menikmati enaknya udang kipas juga khasiatnya. Dan lebih baik udang kipas dimakan mentah agar protein tidak hancur. Makin  banyak kita mengkonsumsi udang kipas maka akan membuat tubuh kita makin sehat.      







Nama            : Nurul Aida
Kelas           : X3
No.Absent : 28
Indikator :
        11.1.1  : Mencatat pokok-pokok isi khotbah yang didengar
        11.1.2  : Menulis isi sambutan tersebut kedalam beberapa kalimat
        11.1.3  : Pendapat

Zakat Antara Ekonomi dan Zakat Fitrah
Pokok-pokok isi khotbah :
- Zakat diwajibkan untuk orang yang kekayaannya mencapai satu nisaf dan waktunya sudah mencapai satu tahun.
 -Zakat ada dua macam yaitu:
1.  Zakat fitrah
2.  Zakat mal
- Zakat fitrah adalah zakat yang dilakukan untuk penasucian diri dan penyempurnaan segala sesuatu yang belum sempurna atau kotor. Sedangkan zakat mal untuk mensucikan harta.
- Waktu dilaksanakannya zakat yaitu awal puasa tanggal 2 ramadhan  dan sampai puasa terakhir  pada saat malam takbir, kemudian diharapkan urusan perkara zakat selesai ketika khotib mau naik mimbar.
Kesimpulan  khotbah  :
Zakat merupakan salah satu yang akan menjadi bayar tiket,shalat di anggap sebagai kendaraan,dan syahadat sebagai supirnya. seseorang yang melakukan puasa tetapi tidak melakukan zakat berarti puasanya mu’allakat atau puasanya menggantung antara langit dan bumi.Dibutuhkan kesadaran untuk melakukan zakat supaya zakatnya menjadi sah dan bermanfaat.Zakat diperuntukkan untuk orang yang mampu. Ciri-ciri orang yang beriman adalah mendirikan shalat dan senantiasa membayar zakat yang merupakan rukun islam yang dimana ketika kita sudah bersyahada, kita dirikan shalat, jangan lupa kita zakat, puasa ramadhan, haji.
Tujuan zakat:
1.  Menuntaskan kemiskinan.
2.  Supaya kekayaan itu tidak hanya berputar ditangan orang-orang kaya saja.
3.  Dan orang-orang yang kaya terhindar dari sifat kikir dan pelit.Selain itu manfaat zakat juga tidak hanya untuk urusan akhirat tetapi juga untuk urusan duniawi.
Zakat diberikan kepada 8 asnaf. Tetepi di Indonesia 8 asnaf tersebut menjadi 5 asnaf karena di Indonesia tidak ada perbudakan. Zakat hanya dibagikan kepada fakir, miskin, amil, muallaf dan ghorim.
Pendapat :
        Saya sangat setuju karena zakat sangat penting untuk dilaksanakan karena selain kita mendapat pahala juga dengan zakat kita membantu teman-teman kita yang kekurangan. Dan manfaat zakat juga bisa membersihkan diri dan harta kita,dan juga menyampurnakan puasa ramadhan yang kita laksanakan agar kita juga tidak makan harta kita yang bukan hak kita yaitu hak teman-teman kita yang kita bayar dengan zakat.
Nama               : Nurul Aida
Kelas               : X3
No.Absen          :28
MENDENGARKAN SAMBUTAN
Indikator :
        11.1.1  : Mencatat pokok-pokok isi sambutan yang didengar
        11.1.2  : Menulis isi sambutan tersebut kedalam beberapa kalimat
        11.1.3  : Pendapat.
Pokok-pokok isi informasi:
1)  Barang siapa yang mengamalkan Allah akan menghisabnya dengan hisab yang ringan.
2)  Barang siapa yang mendzolimi orang sesama muslim tentang kehormatan, nama baik, harta miliknya meminta agar yang mendzolimi itu menghalakannya atau menebusnya.
Isi informasi:
            Makna dari hati yang fitri mudah-mudahan kita tidak melakukan kesalahan lagi setelahnya. Barang siapa yang mengamalkannya maka Allah akan menghisabnya dengan hisab yang ringan dan memasukkan kedalam surga rahmadnya, yaitu apabila kamu mau memberi orang yang tidak pernah memberimu, apabila kamu mau menyambung tali persaudaraan kepada orang yang pernah memutuskan persaudaraanmu, dan apabila kamu memberi maaf kepada orang yang tidak pernah memaafkanmu. Rosulullah SAW bersabda “ Barang siapa yang mendzolimi orang tetapi semuslim tentang kehormatannya, nama baik, dan harta miliknya meminta dari yang didzolimi tersebut agar menhalalkannya atau menebusnya sebelum dimana datang hari penghisaban “.
Ada kisah seorang nelayan yang mendzolimi oleh nelayan yang kuat dan nelayan yang lemah ini berdoa agar tuhan menjadikan yang lemah dan yang kuat sehingga dengan kekuatan itu dia telah mendzolimi dan mengambil ikanku dengan paksa kirimkan kepadanya suatu makhlukyang dapat melakukan  pembalasan kepada yang yang mmendzolimi aku agar menjadi contoh bagi orang lain. Setelah dipanggang ikan itu oleh nelayan ysng kust tiba-tiba ikan yang telah dirampas itu memakan menggit hingga terluka dan lama-lama tangan nelayan yang kuat tersebut harus dipotong dan nelayan yang kuat bermimpi dalam mimpi itu nelayan yang kuat mendengar suara nelayan yang lemah. "Kembalikanlah hak yang menjadi miliknya itu kepada yang punya,  jika kamu ingin selamat dan sembuh dari penyakitmu ini”.Setelah bangun nelayan yang kuat tersebut mendatangi rumah rumah nelayan yang lemah dan diberikan uang 10 ribu dirham sebagai ganti ikan yang dirampasnyadengan paksa, setelah nelayan nelayan yang kuat tersebut sembuh dari penyakitnya dan kembalilah pada bentuk tubuhnya yang semula. Cerita tersebut dapat menjadi pelaran untuk kita semua. Jika diantara kita punya penyakit karena mungkin kita pernah melakukan kesalahan dengan sesama teman atau sesama muslim. Agar kita saling memaafkan kaum muslimin yang tidak mau bersilaturrahmi supaya ditolak ibadahnya.
Pendapat:
            Saya sangat setuju karena tali persaudaraan harus tetap kita jaga karena sebagai sesama manusia tidak boleh ada pertengkaran atau pertentangan diantara kita apalagi kepada sesama muslim kita harus saling menjaga tali silaturrahmi karena Allah sangat membenci umatnya yang tidak bisa menjaga tali persaudarannya.
 
Nama                     : NURUL AIDA
Kelas                     : X3
No.Absen             : 28
MENANGGAPI BERITA
Indikator:
10.1.1.1 Memahami isi berita denagn menjawab pertanyaan.
10.1.1.2            Memahami isi berita dengan mengidentifikasi pokok-pokok berita.
10.1.1.3            Menanggapi isi berita dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.
10.1.1.4            Menanggapi isiberita dengan menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan.

Berita 1
-          Pertanyaan: apa yang menyebabkan terjadinya bentrokan antar mahasiswa tang terjadi di Universitas Negeri Makassar?
-          Jawab: bentrokan terjadi karena baliho milik fakultas teknik dibakar oleh fakultas bahasa sastra.
-          Pernyataan: Saya tidak setuju karena tidak akan menyelesaikan masalah jika dilakukan dengan kekerasan,akibatnya akan jatuh korban yang tak lain temannya sendiri.
Berita 2
-          Pertanyaan: Mengapa ada orang demo di depan gedung ekonomi Jakarta?
-          Jawab: Karena pendemo akan menggugat bantuan bank century sebesar 6,7 M pada tahun 2008, mereka menganggap para menteri mencuri uang rakyat.
-          Pernyataan: Saya setuju dengan tindakan pendemo karena keadilan harus ditetapkan dan kita harus menunutut hak kita.
Berita 3
- pertanyaan: Mengapa Usman Hamid datang memenuhi panggilan polisi?
- Jawab karena Usman Hamid diduga sebagai tersangka pencemaran nama baik Muchidi PR
                - pernyataan: Saya tidak setuju karena tuduhan tersebut tidak berdasarkan bukti yang ada.
Berita 4
-          Pertanyaan: Mengapa menteri dan DPR mengundurkan jabatannya?
-          Jawab: Karena empat menteri mengundurkan diri dari jabatannya lebih memilih sebagai anggota DPR Demokrat, dan tiga DPR mengajukan sebagai menteri
-          Pernyataan: Saya setuju karena menjadi menteri atau DPR sama saja yang penting tetap mengabdi pada negara.
Berita 5
-          Pertanyaan: Mengapa Indonesia merupakan daerah yang rawan terjadi gempa?
-          Jawab: Karena di Indonesia terdapat dua lempeng yang bergeser mencari keseimbanagan yaitu lempeng Asia dan Australia.
-          Pernyataan: Saya setuju karena dari dulu lempeng bumi akan bergeser mencari keseimbangan.
Berita 6
-          Pertanyaan: Mengapa mahasiswa bentrok dengan satpam kampus?
-          Jawab: Karena mahasiswa desak Rektor unutuk menjabut scorting terhadap sembilan mahasiswa dan lima mahasiswa memukuli dosen.
-          Pernyataan: Saya tidak setuju karena tidak seharusnya mahasiswa memukuli dosen dengan meminta agar scorting dicabut.
Berita 7
-          Pertanyaan: Mengapa warga mengantri?
-          Jawab: Karena minyak tanah langkah pada saat menjelang lebaran.
-          Pernyataan: Saya setuju karena pada saat lebaran kebutuhan hidup meningkat dan bahan pokok langka.
Berita 8
-          Pertanyaan: Bagaimana perkembangan terhadap korban gempa di Cianjur,Jawa Barat?
-          Jawab: Evakuasi korban dilakukan untuk mengetahui kondisi dan evakuasi berhenti karena cuaca.
-          Pernyataan: saya setuju karena cuaca tidak memungkinkan evakuasi korban.
Berita 9
-          Pertanyaan: mengapa banyak orang yang mengantri ?
-          Jawab: Karena warga mengantri untuk antri sembako murah.
-          Pernyataan: Saya kurang setuju karena jika warga harus mengantri untuk sembako murah.
Berita 10
-          Pertanyaa: Untuk apa banyak orang mengantri menukarkan uang kecil?
-          Jawab: Karena warga akan menukarkan uang saku untuk saudara-saudaranya.
-          Pernyataan: Saya setuju karena uang kecil merupakan budaya yang dibagikan setiap hari raya  kepada saudara.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar