Jumat, 12 November 2010

Suhartatik--x3-32


NAMA         :      SUHARTATIK
NO. ABS     :       32
KELAS        :        X-3
K.D               :       10.9.2


PRESENTASI   K.D  10.9.2
INDIKATOR :
10.9.2.1  :  Mencatat pokok-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibackan.
10.9.2.2  :  Menyimpulkan isi informasi yang di dengar.
10.9.2.3  :  Pendapat.

                                UDANG KIPAS
v  POKOK-POKOK ISI INFORMASI
Udang kipas bikin badan tumbuh tinggi.
Tempat tinggal udang kipas.
Nama lain udang kipas dan nama latinnya.
Cara mengkonsumsi udang kipas.
Bagian-bagian tubuh udang kipas dan kegunaannya.
Kandungan protein udang kipas.



v  KESIMPULAN

                                                      UDANG KIPAS
                                 ‘’Bikin badan tumbuh tinggi”
            Di pantai di Desa Tanjung Sangkar kabupaten Bangka Selatan. Terdapat udang yang mirip kipas yang dipercaya dapat membuat badan cepat tinggi. Udang kipas hidup di perairan pantai berpasir di atas kedalaman 5 m, hingga kedalaman 100 m. Udang kipas mempunyai nama latin yaitu Tenus Orientalis, selain itu udang kipas juga mempunyai banyak nama lain seperti udang ketok dan udang pasir. Cara mengkonsumsi udang kipas bermacam-macam caranya, bisa dimakan mentah dan dimasak dahulu. Jika dimakan mentah udang kipas harus dalam keadaan bersih. Dan untuk menghilangkan bau amis, maka dimakan dengan saos. Jika dimasak dahulu udang kipas tidak boleh dimasak terlalu lama, agar kandungan proteinnya tidak hilang. Udang kipas termasuk hewan karnivora, udang kipas memakan udang kecil, ikan kecil dan makhluk kecil laut lainnya. Udang kipas mempunyai mata dan antena untuk mendeteksi adanya mangsa, rahang untuk menangkap mangsa. Udang kipas mempunyai 5 pasang kaki untuk berjalan dan 6 ruas diagnosa untuk berenang. Untuk  membedakan udang kipas jantan dan betina  dapat dilihat dari warnanya,jantan lebih gelap dan betina warnanya agak cerah. Udang kipas betina juga mempunyai ovum. Kandungan gizi udang kipas, udang kipas mengandung protein, vitamin dan mineral. Dari 100 gram daging mentah udang kipas mengandung 20,3 gram protein , asam amino, vitamin A,vitamin C, vitamin D, vitamin 12, mineral. Mineral mengandung selenium yang berguna sebagai antibody dan kalsium untuk pembentukan tulang.

v  PENDAPAT
Menurut saya udang kipas memang baik untuk pertumbuhan karena udang kipas mengandung  protein, vitamin, dan mineral yang tinggi. Sebagai contoh Dari 100 gram daging mentah udang kipas mengandung 20,3 gram protein , asam amino, vitamin A,vitamin C, vitamin D, vitamin 12, mineral (selenium dan kalsium).




TUGAS BAHASA INDONESIA
Nama             :  suhartatik
NO. ABS         :  32
KELAS            :  X-3
K.D                  ;  10.9.2

Presentasi dari K.D 11.1.1 tentang menemukan pokok-pokok khotbah.
Indikator   :
Ø 11.1.1.1   :  Mencatat pokok-pokok isi khotbah yang di dengar
Ø 11.1.1.2   :  Menulis isi khotbah tersebut ke dalam beberapa kalimat
Ø 11.1.1.3   :  Pendapat

Jawab
           Tema “ Zakat antara Ekonomi dan Zakat
1.    Pokok-pokok isi khotbah
Ø Zakat sebagai penyempurna puasa
Ø Pengertian zakat
Ø Macam-macam zakat
Ø Pengelola’an zakat di Indonesia
Ø Manfa’at zakat
Ø Waktu untuk membayar zakat

2.     Menulis isi khotbah dalam beberapa kalimat.
Ø Zakat disebut juga sebagai penyempurna puasa.
Ø Zakat mempunyai makna sebagai berikut yaitu sebagai pensucian atau penyempurnaan segala sesuatu yan kotor, kurang sempurna, akhirnya disempurnakan dengan zakat.
Ø Jika seseorang yang berpuasa kemudian tidak mengeluarkan zakat, maka puasanya seakan-akan menggantung antara langit dan bumi.
Ø Zakat dibagi menjadi 2 yaitu
-         Zakat fitrah yaitu zakat untuk mensucikan diri. Termasuk bayi yang baru lahir sekalipun harus mengeluarkan zakat fitrah, untuk menjadikan lebih suci lagi, karena bayi dilahirkan dengan keadaan masih suci.
-         Zakat mall yaitu untuk mensucikan harta yang kita miliki.
Ø Zakat itu diwajibkan bagi setiap umat muslim sebagai pembersih diri, dan zakat sebagai ciri orang yang beriman karena zakat merupakan rukun islam.
Ø Patokan membayar zakat yaitu nisab atau sampai jatuh massa hitungannya, dan haulnya adalah satu tahun.
Ø Banyak orang Indonesia malas membayar zakat, padahal pada satu tahun potensi zakat Indonesia sampai mencapai 16 triliun. Jika zakat di Indonesia dikelola dengan baik maka bisa benar-benar menjad salah satu solusi bagi bangsa Indonesia untuk keluar dari krisis ekobomi.
Ø Manfaat pentingnya zakat untuk membantu masyarakat menuntaskan kemiskinan, dan agar kekayaan tidak berputar pada orang kaya saja, dan meraka akan terhindar dari sifat kikir.
Ø Waktu untuk membayar zakat yaitu
-         Awal bulan romadhon hingga akhir bulan romadhon.
-         Hari terakhir bulan romadhon yaitu matahari terbit sampai malam takbir.
-         Sebelum khotib naik mimbar.

3.    Pendapat
Menurut saya zakat dapat membantu meringankan beban saudara-saudara  kita yang membutuhkan. Zakat dapat mempererat hubungan tali silaturahmi sesama muslim dan juga dapat membantu meringankan krisis ekonomi di Indonesia, asalkan badan amil zakat benar-benar  menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya.



NAMA      :   SUHARTATIK
NO.ABS    :   32
KELAS      :  X_3
K.D            :   10.9.2

Presentasi dari K.D   10.9.1
Indikator :
v Mencari pokok-pokok informasi.
v Menyimpulkan isi informasi.
v Tulislah pendapatmu tentang ikan makan kotoran.

JAWAB 
1.    Pokok-pokok isi informasi 
v Ikan makan kotoran.
v Hukum mengkonsumsi hewan makan kotoran menurut islam.
v Cara memelihara ikan dengan baik.
v Dampak kesehatan bagi orang yang mengkonsumsi ikan makan kotoran.

2.    Kesimpulan.
v Ikan makan kotoran merupakan hewan Jallalah (menurut Islam). Binatang Jallalah tersebut makruh untuk dikonsumsi . Tetapi sebaiknya ditinggalkan atau tidak dikonsumsi.
v Ikan pemakan kotoran jika dikonsumsi dapat menimbulkan penyakit seperti  Diare.
v Karena didalam kotoran terdapat bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.
v Di dalam ikan terdapat zat aktif yang dapat menghilangkan bakteri dalam kotoran dan mengubah menjadi protein.
v Ikan sebaiknya di pelihara di tempat yang bersih dan ikan sebaiknya diberi makan makanan ikan, bukan kotoran.

3.   Pendapat
      Menurut saya ikan makan kotoran berbahaya untuk dikonsumsi , karena ikan tersebut telah memakan kotoran yang mengandung bakteri dan cacing. Dan ikan tersebut tidak layak di konsumsi.
 Karena hewan yang memakan kotoran itu termasuk hewan Jallalah dan hukum memakannya adalah makruh.
 



NAMA          :   SUHARTATIK
NO.ABS.        :   32
KELAS        :   X_3
K.D               :   10.9.2

Presentasi dari K.D  12.1.2
Indikator  :
v Mengemukakan kritik terhadap isi laporan.
v Memberikan saran perbaikan laporan.

JAWAB
v KRITIK
Saya sebagai pendengar ingin mengkritik bahwa kosmetik dan jamu yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti melamin. Seharusnya sudah tidak beredar di masyarakat luas. Karena bahan kimia berbahaya tersebut dapat menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya misalnya ginjal. Dan masyarakat seharusnya tidak membeli kosmetik atau jamu yang mengandung bahan kimia berbahaya jika sudah tahu dampak dan akibatnya.
v SARAN
               Sebaiknya BPOM lebih ketat terhadap penjaringan kosmetik dan jamu yang mengandung bahan kimia berbahaya yang beredar di masyarakat luas. Masyarakat juga harus lebih hati-hati saat membeli kosmetik dan jamu. Dan juga sebaiknya masyarakat memperhatikan apa saja bahan yang terdapat pada kosmetik dan jamu yang akan dibeli. Masyarakat juga harus memperhatikan kapan tanggal kadaluarsa kosmetik dan jamu tersebut. Juga seharusnya pemerintah Indonesia lebih tegas untuk menangani masalah tersebut, bersama dengan badan BPOM menjaring dan mengawasi setiap makanan atau jamu yang beredar.  Dan masyarakat juga harus pandai memilah-milah produk yang akan dikonsumsi.



NAMA     :  SUHARTATIK
NO ABS.  :  32
KELAS     :  X_3
K.D          :  10.9.2


Indikator :
Tulislah rangkuman diskusi
Tulislah tanggapanmu terhadap dampak melamin

Kandungan Melamin dan Bahayanya
        Kandungan melamin yang terdapat dalam susu formula yang di produksi dari Negara Cina dapat membahayakan kesehatan konsumennya. Tidak tahu kenapa produsen tersebut mencampurkan bahan kimia melamin ke dalam susu formula yang di konsumsi oleh bayi dan anak-anak.
          Di Indonesia sekarang sudah banyak menyebar susu yang mengandung bahan kimia melamin, yang diproduksi dari Cina. Tidak hanya susu formula saja yang mengandung bahan kimia melamin. Tapi masih banyak makanan yang lain, yang mengandung bahan kimia berbahaya tersebut.
          BPOM baru mengetahui bahwa di Indonesia telah tersebar susu yang mengandung bahan kimia melamin tersebut. Tapi tidak sepenuhnya salah BPOM yang mengizinkan susu ataupun makanan yang mengandung bahan kimia melamin masuk ke Indonesia. Masyarakat juga harus berhati-hati saat mengkonsumsi makanan-makanan dari luar negeri. Sebelum konsumen membeli, konsumen harus membaca komposisi dari makanan tersebut. Dan seharusnya masyarakat Indonesia lebih mencintai produk dalam negeri. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi membeli produk luar negeri. Yang tidak kita ketahui seberapa besar bahayanya.



TANGGAPAN
v Menurut kami (kelompok),
Kandungan bahan kimia melamin sangat berbahaya bagi masyarakat terutama anak-anak ataupun bayi, karena bahan kimia melamin adalah bahan untuk membuat piring plastik. Sehingga jika dicampur dengan makanan akan sangat bahaya karena bahan kimia melamin bukan untuk campuran makanan,maka bahan kimia melamin dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang berbahaya bagi konsumen.




NAMA     :      SUHARTATIK
NO           :      32
KELAS    :      X-3
K.D          :      10.9.2

v  Presentasi dari K.D 10.1.1
v  Indikator
10.1.1.1   :   Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan.
10.1.1.2   :   Memahami isi berita dengan mengidentifikasi pokok-pokok berita.
10.1.1.3   :   Menanggapi isi berita dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis.
10.1.1.4   :   Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan.

JAWAB
1. Berita pertama tentang bentrok antar mahasiswa.
v  Pertanyaan   :  Dimana bentrok antar mahasiswa UNM terjadi ?
v  Jawab             :  Di Makassar, Sulawesi Selatan !
v  Tanggapan    :   Saya tidak setuju dengan berita bentrok antar mahasiswa UNM, karena  bentrok tersebut  mengakibatkan rusaknya fasilitas umum dan mengakibatkan adanya                     korban.
2. Berita kedua tentang bantuan bank century.
v  Pertanyaan :   Apa yang dilakukan masyarakat di Jakarta ?
v  Jawab           :   Unjuk rasa gugat bantuan bank century !
v  Tanggapan  :   Saya stuju dengan unjuk rasa yang dilakukan masyarakat , karena  
                           Kucuran bank Century tersebut akan merugikan rakyat.
                   

3. Berita ketiga tentang pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen.
v  Pertanyaan    :   Mengapa Hakim keberatan dengan 5 terdakwa pembunuhan Nasrudin   
                              Zulkarnaen ?
v  Jawab              :   Karena 5 terdakwa pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen tidak di  dampingi
                              Pengacara !
v  Tanggapa       :   Saya setuju dengan berita tentang sidang 5 terdakwa pembunuhan  
                             Nasrudin Zulkarnaen karena jika cepat di tindak lanjuti maka masalah   
                             Tersebut cepat selesai.

4. Berita ke empat tentang tersangka pencemaran nama baik.
v  Pertanyaan    :   Siapa yang penuhi panggilan polri karena kasus pencemaran nama baik ?
v  Jawab              :    Usman Hamid !
v  Tanggapan     :    Saya setuju dengan berita pencemaran nama baik tersebut Karena jika
                              cepatditindak lanjuti agar cepat selesai, karena pencemaran nama baik
                              menyangkut harga diri.

5. Berita ke lima tentang menteri yang mengundurkan diri dari jabatan dan yang tetap bertahan.
v  Pertanyaan    :   Berapa Menteri yang mundur dari jabatannya dan Siapa yang tetap
                              Beetahan pada jabatannya sebagai menteri?
v  Jawab              :   Ada  4 menteri yang mundur dari jabatannya dan yang tetap bertahan
                             Adalah Adhyaksa  Dault !
v  Tanggapan    :   Saya setuju dengan apa yang dilakukan Adhyaksa Dault untuk tetap
                             Bertahan karena dengan tetap bertahan maka terlaksanalah tanggung  
                                    Jawab sebagai menteri.

6. Berita ke enam tentang korban longsor.
v  Pertanyaan   :   Berapa lama pencarian korban longsor dilakukan ?
v  Jawab             :   Pencarian korban longsor masih berlanjut sampai hari ke 8 !
v  Tanggapan    :   Saya setuju karena pencarian tersebut dilakukan agar keluarga korban
                             Dapat mengetahuinya.

7. Berita ke tujuh tentsng mahasiswa bentrok dengan satpam.
v  Pertanyaan    :   Apa yang terjadi di Kendari, Sulawesi Tenggara ?
v  Jawab              :   Mahasiswa bentrok dengan sarpam !
v  Tanggapan     :    Saya tidak setuju karena mahasiswa seharusnya dapat bertemu Rektor
                              Denan baik-baik tanpa bentrok dengan satpam.

8. Berita ke delapan tentang warga antre sembako.
v  Pertanyaan    :   Dimana terjadi antre sembako murah ?
v  Jawab              :   Di Kediri, Jawa Timu !
v  Tanggapan     :   Saya tidak setuju karena antrean sembako murah tersebut embuat anak-
                              anak dan orang tua menjadi korban sebab terdesak warga.

9. Berita ke Sembilan tentang langkanys minyak tanah.
v  Pertanyaan   :   Dimana terjadi kelangkaan minyak tanah ?
v  Jawab             :    Di Jambi !
v  Tanggapan    :    Saya tidak setuju karen kelangkaan minyak tanah menyebabkan harga
                              Naik dan juga menyebabkan penimbunan minyak tanah.

10. Berita ke sepuluh tentang warga berdesakan tukar uang ribuan.
v  Pertanyaan   :  Dimana warga berdesakan untuk menukar uang ribuan ?
v  Jawab             :  Di Banyuwangi, Jawa Timur !
v  Tanggapan    :  Saya setuju karena setiap lebaran sudah tradisi memberi uang  pada anak-
                            Anak.                      










 
 



NAMA     : SUHARTATIK
NO. ABS. : 32
KELAS    : X_3
K.D           : 10.9.2

Presentasi dari K.D    10.1.1
Indikator :
1o.1.1.1  : Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan.
10.1.1.2  : Memahami isi berita dengan mengidentifikasi pokok-pokok berita.
10.1.1.3  : Menanggapi isi berita dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan   
                   Kritis.
10.1.1.4  : Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan dan
                   Ketidaksetujuan.

JAWAB
1.     Berita pertama tentang Angelina Sondakh yang telah melahirkan bayi pertamanya.
§  Pertanyaan : Kejadian lucu apa yang terjadi saat Angelina Sondakh
                        akan melahirkan ?
§  Jawab           : Angelina Sondakh sempat mengigau memberi ASI pada  
                        anak pertamanya yang dilahirkan secara sesar.
§  Pernyataan : Saya setuju dengan pernyataan bahwa kebanyakan  
                        duduk bagi orang hamil  akan membahayakan sang anak  
                        yang dikandung. Akibatnya sang anak akan dilahirkan
                        dengan cara sesar. Karena sebagai contoh Angelina
                        Sondakh telah mengalaminya.

2.     Berita ke dua tentang Maia Estianty yang melancong ke negeri Hongkong.
§  Pertanyaan : Apa yang menyebabkan Maia Estianty melancong ke
                         Negeri Hongkong ?
§  Jawab           : Karena untuk menghilangkan kejenuhannya yang
                         di sebabkan tidak dapat bertemu dengan ke tiga
                         anaknya.    
§  Pernyataan : Saya tidak setuju dengan rencana Maia Estianty yang
Akan melancong ke luar Negeri, karena di dalam negeri masih banyak tempat yang indah untuk
                         melancong.

3.     Berita ke tiga tentang pernikahan Nuri “Shaden” .
§  Pertanyaan : Siapa yang menikah dengan Nuri “ Shaden “ ?
§  Jawab           : Hikmal Ibra.
§  Pernyataan : Saya setuju dengan pernikahan Nuri “ Shaden “ dengan
Hikmal Ibra mereka saling menyayangi dan juga mereka pasangan yang cocok.

4.     Berita ke empat tentang rencana Raffi Ahmad dan Yuni Shara yang akan menikah.
§  Pertanyaan : Kapan rencana menikah Raffi Ahmad dengan Yuni Shara  
                         Dilaksanakan ?
§  Jawab           : Mereka berencana akan menikah setelah lebaran.
§  Pernyataan : Saya setuju dengan rencan Raffi Ahmad dan Yuni Shara
Yang akan meninikah setelah lebaran. Karena daripada mereka hanya pacaran lebih baik mereka menikah agar tidak menimbulkan gossip.

5.     Berita ke lima tentang Cici Paramida yang di tabrak oleh suaminya di puncak.
§  Pertanyaan : Apa yang menyebabkan tuntutan Cici Paramida menjadi
                        Lebih ringan ?
§  Jawab           : Karena dua saksi pembela yang diajukan oleh Suhaebi
                        Tidak tahu apa-apa tentang peristiwa tersebut.
§  Pernyataan : Saya setuju dengan tuntutan Cici Paramida terhadap
Suhaebi suaminya, karena Suhaebi adalah tipe laki-laki yang tidak bertanggung jawab.

6.     Berita ke enam tentang keharmonisan keluarga Mona Ratuliu dan Indra Brasco.
§  Pertanyaan : Predikat apa yang telah dimenangkan keluarga Mona
                         Ratuliu dan Indra Brasco ?
§  Jawab           : Keluarga harmonis Cap Lang periode 2009.
§  Pernyataan : Saya setuju dengan predikat yang telah dicapai oleh
Keluarga Mona Ratuliu karena selama mereka berumah tangga jarang terdengar ganjing tentang rumah tangga mereka.

7.     Berita ke tujuh tentang ulang tahun ke 32 Dewi Sandra.
§  Pertanyaan : Apa yang dilakuka Dewi Sandra dalam rangka ulang
                         tahunnya ?
§  Jawab           : Meningkatkan kepercayaan oramh tuanya terhadap
                         dirinya.
§  Pernyataan : Saya setuju dengan sikap Dewi Sandra dengan
bertambahnya usia, ia ingin Lebih dipercaya oleh orang tuanya.

8.     Berita ke delapan tentang keluarga Opick dan keluarga Natalie Sarah yang mengajarkan untuk berpuasa pada anaknya.
§  Pertanyaan : Apa yang diajarkan pada anak pertama dari keluarga
                       Opick dan keluarga Natalie Sarah ?
§  Jawab           : Membiasakan untuk beribadah puasa.
§  Pernyataan : Saya setuju dengan tindakan Opick dan Natalie Sarah
Untuk membiasakan anak mereka beribadah puasa karena tindakan dasar yang harus diajarkan pada
                         anak-anak adalah pendidikan agama.




Nama     : suhartatik
Kelas     : X-3
No.abs   : 32
KD        : 10.9.2


Indikator:
-         Menuliskan isi pokok-pokok informasi
-         Menyimpulkan pendapat
-         Kesimpulan



Pokok-pokok isi informasi

-         Manfaat dan kegunaan hena.
-         Alasan mengapa para muslimah memakai hena.
-         Hena berasal dari tumbuhan semak yang daunnya biasa dipakai untuk
Pemerah kuku.
-         Semua bagian tumbuhan semak yang digunakan untuk hena mempunyai manfaat mulai dari batang, bunga, akar, hingga daun.
-         Hena aman dipakai karena tidak menghalangi mengalirnya air wudhu
disebabkan Hena teksturnya tipis, Berbeda dengan tato yang terbuat dari bahan sintetis teksturya lebih tebal dan mengahalangi air sampai ke permukaan kulit.
-         Hena mempunyai beberapa warna yaitu orange dan hitam.



Menyimpulkan Pendapat:

Menurut saya Hena aman dipakai di kulit karena terbuat dari           bahan alami. Hena tidak hanya bisa dipakai dikulit saja, hena juga dapat digunakan untuk pewarna rambut. Hena juga dapat digunakan sebagai media penyembuhan sakit kepala dengan menggunakan hena dikepala, seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad saat
         Merasa sakit kepala. Jadi hena tidak hanya dapat dipakai
         Dikulit sebagai tato, tapi juga sebagai media penyembuhan.



Kesimpulan

-         Hena jika dipakai halal, tidak mebatalkan sholat, hena juga tidak panas jika di pakai. Maka itulah sebab para muslimah memakai hena.
-         Hena adalah tato yang berasal dari bahan alami yaitu tanaman semak yang digunakan sebagai  pemerah kuku, jadi aman untuk
     dipakai di kulit
-         Tato yang terbuat dari bahan sintetis sangat berbahaya bagi kulit karena tinta yang dilukis di kulit akan menyerap kedalam tubuh dan sulit untuk menghilangkannya.
-         hena mempunyai beberapa warna yaitu orange dan hitam. Warna orange merupakan warna alami hena. Sedangkan warna hitam merupakan warna yang telah dicampur dengan bahan sintetis.
 







NAMA : SUHARTATIK
NO.ABS. : 32
KELAS : X_3
BENCANA ALAM
-          Yang mewawancarai : Yenny Yusra
-          Yang diwawancarai :
·        Ibu Ani :
-          Membicarakan tentang : keadaan di tenda dan dia tidak bisa tidur karena banyak nyamuk.
·        Ibu Zaenab :
-          Membicarakan tentang : keponakannya yang bernama Fikri telah kehilangan kedua orang tuanya.
·        Ibu Yanti dan Bapak Fajar :
-          Membicarakan tentang : ketiga anaknya yang meninggal secara tragis karena gempa tersebut.
·        Bapak Wody F. Yana :
-          Selaku camat cibinong ia membicarakan tentang : pencarian korban gempa dan pembuatan rumah baru bagi warga korban yang kehilangan rumahnya.
·        Bapak Munajat :
-          Membicarakan tentang : bantuan yang akan diserahkan kepada korban gempa.
·        Bapak Budu :
-          Membicarakan tentang : rumah warga yang tertimbun tanah longsor, yang berjumlah 11 rumah.


v    Pokok-pokok isis Wawancara
-          Gempa yang terjadi di Desa Cisalak Cianjur Jawa Barat, mengakibatkan tanah longsor dan menimbn rumah warga.
-          Sebagian rumah warga rusak berat dan tidak dapat ditempat tinggali akibat longsor.
-          Banyak warga yang kehilangan anggota keluarga.
-          Kejadian tersebut menimbulkan trauma bagi para warga termasuk anak-anak.

v    RANGKUMAN
            Warga korban gempa Cianjur masih belum berani kembali kerumah mereka. Karena mereka masih trauma dan sekarang ini korban gempa tersebut mengungsi ditenda darurat yang berada di Desa Cisalak.
            Padahal rumah warga korban gempa sebagian tidak begitu parah, tapi warga masih tidak mau kembali pulang. Dan warga akan masih tetap tinggaldi tenda darurat. Tapi hanya warga yang kehilangan rumah, rencananya akan dibuatkan rumah baru di tanah yang aman.
           Anak-anak yang trauma pasca gempa, dan cara untuk menghilangkan trauma gempa tesebut saat ini adalah dengan cara mengajak anak-anak bermain dan mengajak mereka menggambar bersama.



NAMA     : SUHARTATIK
NO ABS.  : 32
KELAS    : X_3

Presentasi dari KD 12.1.1.
Indikator:
 1.Mencatat pokok-pokok isi laporan
 2.Kesimpulan
 3.Menyimpulkan pendapat

JAWAB
1. Pokok-pokok isi
-         Dua anggota  KPK yaitu Bibit Samat dan Candra hamzah diduga masuk kedalam perangkap rekayasa.
-         Dicurigai adanya rekayasa dan kriminalisasi dalam KPK.
-         Kelahiran KPK adalah dalam rangka secara terus-menerus munuduh pejabat bahkan Negara ini sebagai Negara yang korup.
-         Persoalan yang terjadi sebenarnya adalah sekedar konflik antara 2 institusi
Penegak hukum.

  2. kesimpulan
-         Pemerintah Indonesia pemerintahannya kurang baik karena banyak kasus
Pejabat Negara melakukan Korupsi.
-          Pemerintah akan dapat menjalankan pemerintahannya dengan baik apabila tidak ada pejabat tinggi pemerintah melakukan Korupsi.
-         KPK dapat bekerja sama dengan Indonesian corruption watch mengawasi untuk mengawasi Perkembangan korupsi.
-         Indonesia merupakan Negara korup.

 3. menyimpulkan pendapat
-          KPK harus mengusut tuntas semua kasus tentang korupsi, meskipun yang melakukan korupsi tersebut pejabat tinggi Negara.
-         Anggota KPK harus jujur.
-         KPK wajib menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya tanpa pandang bulu siapa yang menjadi tersangka korupsi.

 
NAMA     : SUHARTATIK
NO ABS. : 32
KELAS    : X_3

Indikator:
1. Mencari Pokok-pokok  informasi.
2. Mencari Isi Informasi
3. Pendapat

1. Pokok-pokok informasi
- Pro kontra rancangan Undang Undang rahasia Negara.
- RUU banyak manfaatnya dari pada mudlorotnya.
- RUU setiap waktu dapat mengalami perubahan.
- Sanksi-sanksi yang dikenakan pada orang atau pihak yang melanggar RUU.
- Jika ada kebocoran tentang RUU maka pihak yang di anggap menyebarkan
   Tersebut adalah wartawan.
  
2. Isi informasi : 
-  Ada pendapat bahwa suatu koorparasi yang dengan sengaja melawan hukum menyebar luaskan Rahasia Negara maka dia akan dikenai sanksi, perusahaannya dapat ditutup, dan surat izin dicabut.
-  pendapat lain mengatakan bahwa satu-satunya sanksi yang dikenakan adalah 
   Diletakkan dibawah pengawasan koorparasi termasuk perusahaan pers, media cetak,
   dll. Jika melanggar rahasia Negara maka perusahaannya akan dianggap menentang
   dan aikenakan denda 50 – 100 M.
 - Rahasia Negara jika diketahui oeh pihak yang tidak berhak, maka akan mengganggu
   Kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.
 - Setiap pejabat yang ingin mengusulkan rahasia Negara dan diusulkan pada presiden
   Maka harus disertai damage text.


3.Pendapat :
                    Menurut saya pers yang pertama dirugikan saat ada kebocoran tentang RUU adalah wartawan. Dan perkara dan anjuran yang diperdebatkan sangat bagus yaitu Pro Kontra RUU Rahasia Negara. Dan sebaiknya perkara tersebut diselesaikan dengan baik-baik agar tidak ada pihak yang dirugikan  dan tidak ada kebocoran tentang RUU karena dapat mengganggu kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa
 
Nama       : Suhartatik
Kelas        : X-3
No.absen : 32
KD           : 10.9.2


Presentasi dari KD 11.1.1
Indikator:

11.1.1.1 Mencatat pokok-pokok isi sambutan yang didengar
11.1.1.2 Menulis kesimpulan kedalam beberapa kalimat
11.1.1.3 Menyimpulkan pendapat



1.     Pokok-pokok isi sambutan:
*    3 perkara yang membantu masuk surga.
-         Apabila kamu mau memberi kepada orang yang tidak pernah memberi.
-         Apabila kamu mau menyambung tali persaudaraan kepada orang yang memutuskan tali persaudaraan antara kamu.
-         Kamu mau memberi maaf kepada orang yang menganiaya kamu.



2.     Kesimpulan:
-         Lakukanlah 3 perkara yang disebutkan diatas jika kamu menginginkan masuk surge.
-         Janganlah kamu mendholimi sesama umat muslim.
-         Orang yang mau memaafkan orang yang telah menganiaya diri kita insya allah masuk surga.
-         Kaum muslimin yang tidak bersilaturahmi pada saat Hari Raya Idul
Fitri maka ibadah puasa yang dijalankan selama bulan ramadhan tidak    diterima oleh Allah swt.




3.     Pendapat:
-         Menurut saya bagi orang yang suka mendholimi sesama umat muslim haruslah  segera meminta maaf  kepada yang didholimi. Dan menghibahkan sebagian hartanya. Dan pidato tersebut sangat bagus dan baik, karena dapat membantu kita menuju jalan masuk surga. Dan pidato tersebut menganjurkan agar mau memaafkan kesalahan orang lain khususnya sesama muslim dan orang yan telah menganiaya kita.




Nama       : Suhartatik
Kelas        : X-3
No.absen : 32
KD           : 10.9.2


Presentasi dari KD 11.1.1
Indikator:

11.1.1.1 Mencatat pokok-pokok isi sambutan yang didengar
11.1.1.2 Menulis kesimpulan kedalam beberapa kalimat
11.1.1.3 Menyimpulkan pendapat



1.     Pokok-pokok isi sambutan:
*    3 perkara yang membantu masuk surga.
-         Apabila kamu mau memberi kepada orang yang tidak pernah memberi.
-         Apabila kamu mau menyambung tali persaudaraan kepada orang yang memutuskan tali persaudaraan antara kamu.
-         Kamu mau memberi maaf kepada orang yang menganiaya kamu.



2.     Kesimpulan:
-         Lakukanlah 3 perkara yang disebutkan diatas jika kamu menginginkan masuk surge.
-         Janganlah kamu mendholimi sesama umat muslim.
-         Orang yang mau memaafkan orang yang telah menganiaya diri kita insya allah masuk surga.
-         Kaum muslimin yang tidak bersilaturahmi pada saat Hari Raya Idul
Fitri maka ibadah puasa yang dijalankan selama bulan ramadhan tidak    diterima oleh Allah swt.




3.     Pendapat:
-         Menurut saya bagi orang yang suka mendholimi sesama umat muslim haruslah  segera meminta maaf  kepada yang didholimi. Dan menghibahkan sebagian hartanya. Dan pidato tersebut sangat bagus dan baik, karena dapat membantu kita menuju jalan masuk surga. Dan pidato tersebut menganjurkan agar mau memaafkan kesalahan orang lain khususnya sesama muslim dan orang yan telah menganiaya kita.







 
NAMA     : SUHARTATIK
NO ABS.  : 32
KELAS    : X_3
KD           : 10.9.2

Presentasi dari KD 12.9.2
Indicator :
Þ   Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio / televise / rekaman.
Þ   Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan.
Þ   Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio / televise / rekaman.

JAWAB
1.    Pokok-pokok dari informasi.
Þ   Bubur sumsum kerbau
·        Bubur sumsum kerbau adalah makanan khas Riau.
·        Yang di buat di desa Muara Jalai Kab. Riau.
·        Bubur sumsum kerbau terbuat dari susu kerbau yang masih segar, yang telah difermentasikan selama 24 jam dalam bambu segar.
Þ   Lilin semanis madu.
·        Lilin semanis madu dibuat di desa Gunung Sahilan, Riau.
·        Lilin semanis madu terbuat dari sarang lebah yang telah diolah.
·        Lilin yang terbuat dari sarang lebah tersebut mempunyai kelebihan dari pada lilin yang dibuat pabrikan. Yaitu lilin yang terbuat dari sarang lebah tidak menghasilkan asap hitam yang menyebabkan penyakit kanker.
Þ   Rempeyek kepiting
·        Rempeyek kepiting dibuat di Pekan Baru, Riau.
·        Kepiting sebelum diolah menjadi rempeyek diberi cuka terlebih dahulu untuk menghilangkan bau amis.

2.    Saran perbaikan
Þ   Bubur sumsum kerbau
·        Sebaiknya santan yang digunakan untuk campuran bubur sumsum tersebut dimasak terlebih dahulu agar tidak menyebabkan penyakit.
Þ   Lilin semanis madu.
·        Sebaiknya saat memisahkan adu dari sarangnya itu menggunakan sarung tangan untuk menjaga kebersihan.
Þ   Rempeyek kepiting
·        Sebaiknya kepiting direbus dulu sebelum direbus dulu sebelum dijadikan nrempeyek, agar daging kepiting lebih lunak dan matang.

3.    Ringkasan isi informasi
Þ   Bubur sumsum kerbau
Bubur sumsum kerbau dibuat dari susu kerbau yang masih segar, yang kemudian difermentasikan dalam wadah bambu segar selama 24 jam. Wadah bambu tersebut ditutup rapat agar mikroba yang ada dalam bambu tersebut bisa menguraikan susu. Kemudian susu yang telah difermentasikan tersebut diolah dengan santan dan gula aren yang telah dicampur. Kemudian susu fermentasi tersebut dicampur dengan santan dan gula aren, dan siap dinikmati.

Þ   Lilin semanis madu
Lilin semanis madu terbuat dari sarang lebah yang telah diolah yaitu dengan cara sarang lebah dipisahkan dulu dengan madunya. Kemudian sarang itu dilelehkan dan digumpalkan. Dan kemudian dicairkan lagi untuk proses pembentukan lilin. Lilin dibentuk dengan cetakan yang terbuat dari silicon. Bentuk lilin beraneka ragam, untuk member sumbu lilin dilubangi dengan sapu lidi. Untuk membuat lilin batangan sumbu cukup dicelupkan dalam lilin cair berulang-ulang.

Þ   Rempeyek kepiting
Rempeyek kepiting di buat dengan cara yang sederhana yaitu kepiting dipisahkan dengan cangkang atasnya kemudian diberi cuka agar tidak amis. Kemudian kepiting diberi bumbu yang telah dihaluskan sambil diremas-remas agar bumbu meresap. Kemudian tepung diberi air dan kemudian kepiting dimasukkan ke adonan dan kemudian digoreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar