Senin, 20 Desember 2010

“KORBAN LONGSOR DI CIBINONG”


Nama : abdi laksono
Kelas : x-3
No. Absen : 01


“KORBAN LONGSOR DI CIBINONG”
            Gempa yang melanda  Ds. Cisalak, kec. Cibinong mengakibatkan longsor dan menyebabkan kerusakan pemukiman warga setempat.  Akibat kelongsoran ini 11 rumah tertimbun longsor dan 1 masjid. Terdapat 72 korban. Selama kelongsoran terjadi, korban banyak diungsikan yaitu di tempat persawahan. Banyak korban yang merasa sakit setelah tidur di tenda. Tenda-tenda didirikan cukup untuk menampung para korban. Paling parah terdapat di daerah cikarang akibat kelongsoran. Musibah yang terjadi ini membuat para korban trauma untuk kembali ke rumahnya.
            Selama musibah ini terjadi, bantuan tersalurkan dengan lancar, baik berupa makanan meliputi susu, dan juga pakaian atau bantuan moral. Tenda-tenda  didirikan  dan diberikan matras –matras untuk tidur. Dampak dari musibah ini membuat warga kehilangan orang-orang terdekatnya. Seperti Fikri, yaitu seorang anak yang kahilangan kedua orang tuanya dan membuat Fikri trauma. Juga seperti Bapak Fajar dan Ibu Yanti yang harus kehilangan tiga anaknya. Yaitu meninggal dengan tanpa kepala, patah tulang belakang, dan punggung yang besrpindah ke dapan.
            Untuk menanggulangi musibah ini, Tim SAR melakukan poencarian korban-korban yang tertimbun longsor, swasta dan perusahaan banyak memberikan bantuan. Listrik belum ada, namun air dan WC sudah dipersiapkan. Dan selanjutnya pengungsi ditempatkan ke lokasi yang aman dan dilakukan pendataan korban untuk dibuatkan relokasi rumah. Dan untuk menaggulangi teganggunya psikologi anak karena kehilangan orang-orang terdekatnya , nantinya diadakan terapi gambar dan diadakan bimbingan konseling. Dengan demikian perkembangan anak akan menjadi lebih baik.

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar