Rabu, 01 Desember 2010

Nurul Aida--x3-28


Nama: Nurul Aida
Kelas : X 3
No.absen :28


Indikator :
10.9.2.1 :  Mencatat pokok – pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
10.9.2.2 : Menyimpulkan isi informasi yang didengar
10.9.2.3 : Pendapat
Udang Kipas Bikin Badan Tumbuh Tinggi
Pokok-pokok informasi :
·         Dsa Tanjung Sakar Kab. Bangka Selatan yang dikenal dengan udang kipasnya yang lezat dan bisa dimakan mentah dan bisa juga dimasak terlebih dahulu.
·         Mencari udang kipas harus di tengah laut karena udang kipas termasuk dalam hewan napturnal atau hewan yang keluar pada malam hari.
·         Udang kipas trgolong dalam hewan karnivora karena udang kipas pemakan ikan kecil dan hewan kecil lainnya yang ada di dasar laut.
·         Udang kipas mengandung berbagai macam gizi, seperti vitamin, mineral dan protein yang tinggi selain itu juga mengandung kalsium yang berfungsi untuk pembentukan tulang yang bisa membuat badan menjadi cepat tinggi.
Kesimpulan :
            Tenus Orientalis adalah nama ilmiah dari udang kipas, yang memiliki manfaat  baik untuk pertumbuhan tubuh. Kandungan dalam udang kipas ini memiliki berbagai macam manfaat seperti kandungan kalsium yang berfungsi dalam pembentukkan tulang dan kandungan helenium untuk antuk antibody atau kekebalan tubuh. Dan selain itu terdapat kandungan vitamin B, vitamin A, vitamin C, vitamin D, mineral dan protein yang tinggi. Sebaiknya mengkonsumsi udang kipas secara mentah dan harus bersih agar kandungan proteinnya tidak hancur. Tetapi dimasak terlebih dahulu juga bisa.
Pendapat :
            Saya setuju dengan informasi tersebut karena udang kipas memang mempunyai  manfaat yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh kita. Dan kita selain bisa menikmati enaknya udang kipas juga khasiatnya. Dan lebih baik udang kipas dimakan mentah agar protein tidak hancur. Makin  banyak kita mengkonsumsi udang kipas maka akan membuat tubuh kita makin sehat.   

Nama                  : Nurul Aida
Kelas                   : X3
No.Absen   : 28
IKAN MAKAN KOTORAN
Indikator :
1.      Pokok-pokok isi informasi.
2.      Menyimpulkan isi informasi
3.      Tulislah pendapatmu tentang ikan makan kotoran.
Pokok-pokok isi informasi:
1.      ikan makan kotoran manusia.
2.      ikan yang memakan kotoran mempunyai dampak yang positif maupun negatif.
3.      Selain didesa di perkotaan ada juga sebagian masyarakat yang sengaja memelihara ikan pembersih.
4.      Menurut agama islam memakan ikan yang makan kotoran manusia hukumnya makruh.
Kesimpulan:
            Ikan yang memakan kotoran manusia menurut agama islam hukumnya makruh. Dalam islam ikan yang memakan kotoran disebut jallalah. Jallalah ini pada zaman Rosululloh tidak dikonsumsi manusia  jika dikonsumsi ikan tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu di kolam yang bersih dan makan pelet ataupun makanan ikan lainnya. Ikan yang memakan kotoran mempunyai  dampak negatif dan positif. Dampak positifnya kuman atau bakteri yang sudah dimakan ikan tersebut akan membentuk suatu zat aktif yang akan melindungi tubuh dari penyakit. Dampak negatifnya yaitu jika ikan dalam kolam yang memakan kotoran dan langsung dikonsumsi akan pengakibatkan penyakit apalagi jika orang yang mengkonsumsinya tidak tahan maka akan cepat terserang bakteri.
Pendapat:
            Menurut saya, sebaiknya kita tidak mengkonsumsi ikan yang memakan kotoran tersebut karena ikan tersebut sudah memakan bakteri yang tidak baik untuk tubuh kita. Dan jika kita memang akan mengkonsumsi ikan tersebut lebih baik kita memlihara lagi ikan tersebut dalam kolam yang bersih dan memberi makan makanan ikan seperti pelet. Agar tidak ada lagi kuman yang menyebabkan penyakit.

Nama          : Nurul Aida
Kelas           : X3
No. Absen    :28
MEMAHAMI NON BERITA
Indikator
10.1.1    :Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan
10.1.1.2:Memahami isi berita dengan mengidentifikasikan pokok-pokok berita
10.1.13:Menanggapi isi berita dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis
10.1.14:Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan atau ketidak setujuan

Berita 1
Pertanyaan : Mengapa Angelina sandakh harus melakukan sesar?
ja waban      :Karena angelina sering duduk dan karena perofesinya sebagai anggota legislatif  menyebabkan angelina  terlalu banyak fikiran yang memberatkan
pernyataan :Saya setuju karena apabila orang yang hamil terlalu banyak duduk dan fikiran yang memberatkan menyebabkan pada saat melahirkan tidak normal atau harus sesar. Dan berita ini bisa menjadi pelajaran bagi orang yang menonton.
Berita 2
Pertanyaan :Mengapa Maia Estianti menghabiskan waktu selama seminggu di hongkong?
Jawaban      :Karena Maia harus melalui ramadhan tanpa buah hatinya,membuat dya ingin pergi dari indonesia untuk melepas penat dan rasa kangen terhadap anaknya
Pernyataan : Saya tidak setuju,karena lebih baik di indonesia dan mencoba untuk mendatangi anaknya agar dapat meghilanhkan rasa kangennya.
Berita 3
Pertanyaan :Kapan Hikmal dan mengapa Hikmal menikah pada tanggal itu?
Jawab           :pada tanggal 9 bulan 9 tahun 2009 adalah angka yang dianggap hoki untuk kedua mempelai tersebut dan akad nikahnya adalah 99 gram dan seperangkat alat shalat.
Pernyataan : Saya kurang setuju karena tanggal pernikahan tidak berpengaruh untuk kelanjutan kehidupan kita meskipun seandainya kita menikah tidak ditanggal 9 bulan 9 dan tahun 2009 yang dianggap hoki kita tetap mendapat berkah dikehidupan kita.
Berita 4
Pertanyaan : Bagaimana kelanjutan kisah cinta Raffi Ahmad?
Jawab           : Rencanannya Raffi Ahmad akan melangsungkan pernikahan setelah ramadhan dengan Yuni.
Pernyataan : Saya setuju karena daripada berpacaran terlalu lama lebih baik mereka berdua menikah.
Berita 5
Pertanyaan : Apa yang trlah dialami Cici Paramida?
Jawab           : Cici Paramida mengalami KDRT karena tindakan suaminya yaitu Suhaebi.
Pernyataan :Saya tidak setuju karena auatu masalah tidak akan selesai jika dilakukan dengan kekerasan.
Berita 6
Pertanyaan :Mengapa rumah tangga Mona Ratuliu dan Indra Brasco tetap romatis?
Jawab           :Karena hampir 7 tahun sikap diantara keduanya saling mengalah dan tidak saling memirkinkan dri sendiri.
Pernyataan :Saya sangat setuju dan beritaini wajib ditonton bagi orang yang sudah rumah tangga karena bisa menjadi pelajaran untuk kehidupan selanjutnya yang lebih baik.
Berita 7
Pertanyaan :Mengapa Dewi Sandra merasa bersedih karena terus teringat dengan ibunya?
Jawab           :Karena meskipun banyak orang yang menyayangi Dewi,tetap saja dia tidak merasa bahagia,dia selalu mengingat pada saat ibunya membelikannya HP biasa,meskipun sekarang dia mempunyai HP canggih tetapi apapun tekhnologi itu tetap saja tidak mungkin orang yang sudah meninggal tidak bisa berkomunikasi lagi dengan kita.
Pernyataan : Saya setuju karena kasih sayang ibu memang tidak akan mungkin bisa dilupakan meskipun ibu telah meninggal tapi ibu akan selalu dihati kita.
Berita 8
Pertanyaan : Apa yang dilakukan Natalie Sarah dan Opick dalam melatih anaknya beribadah?
Jawab           : Natalie memaksa anaknya puasa dan memberi iming-iming sesuatu yang sangat disukai oleh anaknya agar anaknya semangat dalam beribadah. Opick menanamkan agama sejak dini kepada anaknya  karena suatu yang diajarkan mulai sejak dini akan menjadikan anak tersebut menjadi terbiasa.
Pernyataan : Saya sangat setuju dengan kedua berita tersebut karena kedua berita tersebut merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan kepada anak.
Nama       : Nurul Aida
Kelas        : X3
No.Absen      :28
KORBAN GEMPA DAN TANAH LONGSOR
          Bencana ini terjadi di desa. Cikareng,kec. Cibinong. Terdapat ±650 pengungsi yang tinggal di tenda darurat, dan merekah telah kehilangan tempat tinggalnya.tempat tenda tersebut adalah sawah yang tanahnya keras oleh sebab itu sebagian warga membawa matras untuk tidur. Evakuasi korban yang tertimbun  11 rumah dan 1 masjid dan jumlah warga yang tertimbun adalah 70 orang. Pencarian korban dibantu oleh TNI,SAR beserta warga setempat. Di tempat pengungsian tidak terdapat air dan jika ada jumlahnya selalu terbatas, fasilitas seperti WC pun masih dalam proses.
          Korban untuk sementara masih dicarikan tempat yang aman. Relokasi yang dilakukan pemerinta untuk para korban yaitu akan dibuatkan rumah baru lagi bagi warga yang rumahnya tertimbundan rumah yang rusakn akan diperbaiki. Selain para orang tua anak-anak juga merasakan  trauma akibat bencana tersebut. Usaha yang dilakukan untuk menghilangkan trauma anak-anka ini dengan cara konseling yaitu membantu anak mengekspresikan persaan dan kesedihannya atau emosi anak dengan ilustrasi gambar dan agar perasaannya tersebut diceritakan kepada orang lain agar perasaan anak lega. 
Nama             : Nurul Aida
Kelas              : X3
No.Absen        :28
KULINER DI RIAU
Indikator :
-         Pokok-pkok dari isi informasi yang dismapaikan melalui radio, televisi, atau rekaman.
-         Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan.
-         Menulis isi informasi yang disampaikan melalui radio, televisi, atau rekaman.
Pokok-pokok  isi informasi :
-          Menerangkan tentang cara pembuatan bubur sum-sum dari susu kerbau.
-          Menerangkan tentang cara pembuatan lilin dari sarang lebah.
-          Menerangkan tentang cara pembuatan rempeyek kepiting.
Saran Perbaiakan:
Seharusnya pada waktu pemerasan susu itu menggunakan sarung tangan supaya kebersihannya tetap terjaga.Sebaiknya macam bentuknya lebih bervariasi agar lilin dari lebah tersebut lebih diminati. Sebaiknya dalam menjelaskan informasi yang berkaitan dengan cara pembuatan sesuatu, harus lebih lengkap agar penerima informasi dapat lebih jelas memahaminya. Informasi yang disampaikan dalam berita tersebut kurang lengkap dalam pembuatan lilin dari lebah tidak dijelaskan bagaimana pross merangkai lidi dan mengikat sumbu pada rangkaian lidinya.
Ringkasan isi informasi:
-          Bubu Sum-Sum Kerbau
Kota Muara Jalai kabupaten Kampar yang terkenal dengan pembuatan burbur sum-sum dari susu kerbau.cara membuat bubu sum-sum yaitu memeras susu kerbau terlebih dahulu. Agar tetap segar susu kerbau harus diolah terlebih dahulu. Cara pertama adalah susu kerbau disaring untuk memisahkan kotoran halus yang tak jarang tercampur susu. Kemudian susu kerbau dituang dibilah-bilah bambu. Bambu yang digunakan harus bambu yang segar, karena bambu ini berperan penting pada proses dan rasa susu selanjutnya. Setelah itu bambu yang sudah terisi air susu ditutup rapat dengan daun pisang, kemudian didiamkan selama 24 jam supaya mikrobakterial dibambu akan menggumpal, dan ssusu kerbau supaya kental seperti yoghurt ( warnanya putih agak kekuningan ).
Prosese pengolahan madu lebah yaitu:
-           Hasil unsuahn lebah dari hutan diperas.
-          Setelah proses pemerasan, lalu dimasukkan ruas-ruas jaring lebah kedalam drum besar.
-          Kemudian tungku kayunya dinyalakan terus malam lebah itu akan melumer dan dibutuhkan waktu hingga seharian penuh untuk dijadikan bahan lebih lanjut.
Bahan pembuat lilin lebah:
-           Hasil lumeran malam lebah tadi menjadi bongkahan-bongkahan yang besar.
-          Lalu bongkahan tersebut dicacah.
-          Cacahan itu dilelehkan dikompor minyak lalu dtambahkan pewarna minyak pada lilin cairnya.
-          Lilin cair dicetak dicetakan yang sudah dilapisi dengan silicon.
-          Tuangkan cairan lilin lebah panas dicetakan supaya hasilnya solid dan tidak berongnya dengan warna selera.
-          Lalu diamkan selama 1 jam.
-          Kalau sudah mengeras, lubangi lilin dengan sapu lidi lalu tancapkan sumbu yang sudah dilapisi lilin.
-          Untuk menginginkan bentuk selanjutnya adalah dengan benang sumbu dirangkaian dengan besi terus dicelupkan dan diangkat secara berangsu-angsur dan jika sudah tebal berarti lilin tersebut siap untuk digunakan.
Pembuatan Rempeyak kepiting:
-          Kepiting dilepas cangkang atasnya.
-          Lumuri dengan asam cuka agar tidak berbau amis , lalu tambahkan sedikit garam dan uleni dengan bawang putih tumbuk supaya lebih gurih.
-          Selanjutnya buat adonan tepung dengan bahan tepung beras dan tepung bubi.
-          Sementara bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas dan daun salam.
-         Kemudian tepung terigu dengan telur dicampurkan dengan sumua bumbu lalu goreng.
Nama             : Nurul Aida
Kelas               :X3
No.Absen       :28
MELAMIN DAN BAHAYANYA
Melamin adalah suatu bahan dasar yang biasanya digunakan untuk membuat piring dan gelas. Pada saat ini bahn melamin digunakan untuk bahancampuran susu formula untuk bayi yang dapat menyebabkan menghabat pertumbuhan bayi,memiliki batu ginjal,dan kemungkinan kecil berakibat kematian. Di Cina sebagian besar bayi memiliki batu ginjal. Setelah detiliti sebagian besar susu yang dikonsumsi mengandung melamin. Sekarang ini susu formula ini tersebar luas di Indonesia. Tersebarnya susu formula ini disebabkan kurangnya pengawasan pemerintah terhadap masuknya produk impor yang masuk ke Indonesia. Untuk itu sebaiknya kita sebagai konsumen harus berhati-hati dalam memilih sendiri produk yang dikonsumsi. Supaya kita tidak menjadi korban dari produk-produk yang berbahaya.
 Tanggapan saya sebaiknya kita sebagai konsumen supaya memilih memilih produk yang aman dari bahaya,dan melihat pada kemasan tersebut terdapat tanggal kadaluarsa dan penanggung jawab agar jika kita bisa mengetahui asal dan bisa menuntut jika ada masalah dengan produk tersebut. Jika kita teliti dalam memilih akibatnya kita sendiri yang menanggungnya.  
Nama          : Nurul Aida
Kelas           : X3
No.Absen    : 28

OBAT DAN KOSMETIK YANG BERBAHAYA

Kritik:
          Agar kita tidak tertipu dengan kosmetik yang berbahaya dan yang palsu. Sebaiknya kita harus benar-benar pandai membedakan antara kosmetik yang benar-benar asli dan yang palsu. Dengan melihat komposisi yang terdapat dalam kemasan dan melihat adakah penanggung jawab dari perusahaan yang memproduksi produk tersebut. Kita  sebaiknya memilih produk lokal yang sudah jelas komposisinya  dan sebaiknya berhati-hati dengan produk baru apalagi produk impor dari luar negeri.
Saran:
          Sebaiknya kita sebagai pembeli harus berhati-hati jika akan membeli kosmetik maupun obat-obatan,karena biasanya kosmetik atau obat ada yang dicampur dengan bahan mercury. Mercury ini sebenarnya tidak boleh dipakai manusia. Untuk itu sebelim membeli kita harus teliti dengan melihat komposisi dan melihat nomor registrasi dari badan POM.
 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar