Kamis, 11 November 2010

Andika E P--x3-06


Nama : Andika Eka P
Kelas : x_3
No Abs : 06

Indikator
1)      Mencatat poko-pokok isi informasi melalui rekaman atau teks yang dibacakan
2)      Menyimpulkan isi informasi yang di dengar
3)      Pendapat

Pokok-pokok
1.        Mengkonsumsi udang kipas dapat menambah tinggi badan
2.       Berenang juga bisa menambah tinggi badan
3.       Dalam keadaan mentah maupun matang udang kipas dapat dikonsumsi
4.       Udang kipas banyak mengandung manfaat bagi tubuh kita

Kesimpulan
          Udang kipas bisa menjadikan badan kita tinggi apabila dikonsumsi secara teratur.hewan ini dapat ditemukan didalam laut,udang kipas ini berada dikedalamn laut kurang lebih sampai 5meter nama lain dari udang kipas ini adalah PNUS REUNJANUS karena bentuk ekornya seperti kipas angin maka biasanya disebut udang kipas.selain dikonsumsi udang kipas bisa membuat tubuh kita tinggi tetapi dengan berenang pun juga bisa menambah tinggi tubuh kita.memakan udang kipas bisa dikonsumsi dalam keadaan matang ataupun dengan dalam keadaan mentah,tetapi bila dikonsumsi dalam keadaan matang memasak udang kipas tersebut jangan terlalu matang karena vitamin yang berada didalam tubuh udang kipas tersebut bisa berkurang karena udang kipas ini banyak mengandung vitamin,proten dan mineral bagi tubuh kita.jjuga terdapat asam amino selain itu udang kipas mengandung calcium yang berguna sangat penting dalam pertumbuhan badan kita.terdapat juga celenium yang berguna sebagai antibody tubuh kita.dan untuk mendapatkan gizi yang utuh dan udang kipas sebaiknya dikonsmsi secara mentah saja.

Pendapat 
Saya setuju dengan mengkonsumsi udang kipas kita bisa menambah tinggi tubuh kita,sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan mentah karena gizi dalam tubuh udang kipas ini mengandung gizi yang utuh dibandingkan udang kipas yang dikonsumsi dalam keadaan matang.



Nama : Andika Eka .P
Kelas :X3
No.Absen : 07
Indikator :
      11.1.1  : Mencatat pokok-pokok isi khotbah yang didengar
      11.1.2  : Menulis isi sambutan tersebut kedalam beberapa            kalimat
      11.1.3  : Pendapat
Zakat Antara Ekonomi dan Zakat Fitrah
Pokok-pokok Khotbah:
·       Zakat adalah kewajiban yang harus dilakukan umat muslim yang dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan diri dan harta kita.
·       Zakat harus dilaksanakan karena zakat dapat menyempurnakan puasa yang sudah dilakukan di bulan ramadhan.
·       Zakat terdiri dari dua macam yaitu zakat mal dan zakat fitrah.
·       Zakat harus dilakukan tepat pada waktunya karena jika terlambat untuk menyelesaikan urusan zakat maka zakat tersebut dianggap sebagai amal sedekah biasa.
Kesimpulan isi khotbah :
          Umat islam wajib membayar zakat,karena zakat sangat diwajibkan untuk kita umat muslim. Zakat wajib dibayar karena jika kita membayar zakat kita terbebas dari neraka karena kita sudah melaksanakan salah satu kewajiban kita. Selain itu fungsi zakat juga bisa meringankan beban orang yang kurang mampu. Zakat terdiri dari dua macam yaitu zakat mal dan zakat fitrah. Zakat mal untuk membersihkan harta dan zakat fitrah untuk membersihkn diri kita. Waktu dilaksanakannya zakat yaitu awal puasa tanggal 2 ramadhan  dan sampai puasa terakhir  pada saat malam takbir, kemudian diharapkan urusan perkara zakat selesai ketika khotib mau naik mimbar. Apabila zakat tidak dilakukan dalam waktu tersebut maka zakat dianggap sebagai sedekah biasa.
Pendapat :
Saya sangat setuju karena zakat sangat bermanfaat bagi kita. Dan zakat juga termasuk kewajiban kita sebagai umat muslim. Dengan membayar zakat kita juga bisa membantu orang-orang yang kurang mampu dan kita juga bisa membebaskan mereka dari kemiskinan. Zakat juga bisa menyempurnakan ibadah kita.
 
Nama     : Andika E P
Kelas      : X-3
No Abs  : 06
KD  1.2.1.1

Tugas kelompok
1.       Tulislah rangkuman diskusi
2.       Tulislah tanggapanmu terhadap dampak melamin
Jawaban

Pengertian melamin adalah basa organic dengan rumus kimia C3H6N6 zat ini merupakan trimer dari cynida.bersama dengan formainnya melamin digunakan untuk memproduksi resin melamin,plastic yang sangat tahan panas,dan busa melamin merupakan metabolit dari cyromazine satu senyawa pestisida.
Apa bahaya melamin?
1.Iritasi untuk kulit yang terkena melamin
2.kerusakan alat-alat reproduksi
3.gagal ginjal
4.kanker
Apakah meamin dalam susu itu sama dengan  melamin pada alat makan kita?
Berbeda, melamin yang mencemari susu bayi dan balita adalah senyawa kimia melamin murni,sementara melamin pada peralata makan kita sudah mengalami pengolahan.Adakah cara mudah mengetahui1 susu/produk turunnya mengandung melamin/tidak?
Satu-satunya cara mengetahui dengan uji laboratorium dilain pihak badan POM selama ini tidak memasukkan melamin sebagai bahan berbahaya yang diperiksa saat uji keamanan dan mutu produk pangan yang akan dipasarkan.hal iti dikarenakan melaminmelamin tidak nmasuk standart operasional prosedur pemeriksaan produk pangan yang diterbitkan oleh codelx alimataterus Comossion badan tertinggi keamanan pangan dunia

Nama   : ANDIKA EKA .P.
Kelas   : x_3
No abs :06
Indikator
1. Mencatat pokok-pokok isi laporan.
2. Mencatat pokok-pokok isi laporan ke dalam beberapa kalimat (kesimpulan).
3. Menyimpulkan pendapat.
Jawab
1. Pokok-pokok isi laporan.
-           Pemerintah mempunyai kewajiban  mensejahterakan rakyatnya
-           KPK terdiri dari atas BPK
-          Dua anggota  KPK  (Bibit candra dan Candra hamzah) telah diduga keras melakukan Korupsi.
-          Polisi telah mengirimkan beberapa  personilnya untuk membantu KPK dalam memberantas korupsi di Indonesia.
2.            Kesimpulan.
KPK adalah salah satu komosi bangsa Indonesia yang bertugas untuk memberantas terjadinya korupsi, Para pemerintah yang mempunyai kewajiban untuk kesejahteraan hidup para masyarakatnya, Tetapi yernyata para pemerintah melalaikan tugasnya sehingga menyengsarakan hidup para orang kecil sebab para pejabat Indonesia lebih mementingkan kepentinganya sendiri. Contohnya saja dua anggota KPK yaitu Bibit dan Candra mereka berdua telah diduga keras melakukan tindakan korupsi yang sudah jelas tindakan ini tidak baik dan tidak dpat di contoh, Dengan adanya berita ini pihak Kepolisian telah mengirimkan beberapa personilnya untuk membantu KPK dalam Pemberantasan Korupsi yang sudah marak terjadi di Indonesia.


3. Pendapat.
Sudah jelas saya sangat tidak setuju, karena orang-orang besar seharusnya bisa jadi contoh dan tuladan bagi para rakyatnya, tapi nyatanya para orang-orang besar Inonesia lebih mementingkan dirinya sendiri dan menganaikan kesejahteraan kaum-kaum kecil, Padahal Indonesia merupakan Negara yang kaya tapi mengapa rakyatnya miskin-miskin. Ternyata kemiskinan di Indonesia disebabkan oleh orang-orang besar dari Indonesia sendiri yang sudah merampas hak-hak para orang-orang kecil. Dibalik kepolosan para orang-orang besar tersimpan banyak rahasia yang kita tidak mengetahuinya.










PRO KONTRA RUU RAHASIA NEGARA


POKOK-POKOK
LEO BATUBARA
-          Perusahaan pers media cetak , jika membuka rahasia Negara akan dianggap sebagai organisasi telarang, denda 100  miliar dan penjara 7 tahun.
Pasal 12 : Rahasia Negara bukan diatur dari sistem tapi menurut peraturan Negara.
-          Pemerintah diberi kewenangan, Menteri dapat membatalkan ijin perusahaan
-           Menteri menghambat undang-undang kebebasan pers untuk mendapat informasi
AGUS BROTOSUSILO
-          Rahasia Negara untuk informasi apabila dikuasai pihak yang tidak berhak dapat menimbulkan kerusakan Negara dan kedaulatan bangsa.
-          Menjaga keutuhan bangsa, perusahaan Negara asing  yang membeli  perusahaan Negara seperti Freeport  membeli foto – foto untuk data udara kekayaan Indonesia (Papua) . Untuk ini pers kita rangkul untuk bersama-sama menjaga rahasia Negara.
-          Menghargai peran pers.
EFENDI KHOIRI
-          Tidak mungkin suatu Negara itu terbuka. Sebagai contoh Negara-negara besar seperti Eropa, Amerika, Perancis, Jerman  mempunyai undang undang rahasia Negara.
-          Contohnya uang pajak, uang pajak juga untuk Negara sendiri. Rakyat harus tahu pajak untuk apa. Jalannya semua pajak harus dipublikasikan, jangan hanya dijadikan sebagai rahasia Negara.

KESIMPULAN
Rahasia Negara harus dilindungi, karena hal itu bisa mengganggu ketertiban umum.Bagi seseorang yang sengaja membuka rahasia Negara akan mendapatkan hukuman-hukuman tertentu sesuai yang tertera pada pasal 12 menurut peraturan Negara.
Jangan sampai Rencana Undang- undang (RUU), justru mengembalikn apa yang sudah kita hasilkan (perubahan) di era Reformasi.

PENDAPAT
Menurut saya  RUU Negara harus benar-benar di jaga oleh Negara karena jika rahasia Negara jika di kuasai  oleh pihak lain akan merusak kedaulatan bangsa dan Negara.



 
KD.10.9.1
Indikator :   1. Pokok-pokok isi informasi.
                        2.Menyimpulkan isi informasi.
                        3.Tulislah pendapatmu.


IKAN MAKAN KOTORAN

*     Pokok-ppokok isi informasi.

Di salah satu desa di jawa barat, masyarakatnya sudah terbiasa mengkonsumsi ikan yang memakan kotoran manusia. Di setiap kolam terdapat toilet yang berfungsi ssebagai tempat buang air besar, yang kemudian dimakan ikan yang terdapat pada kolam tersebut.

*   Menyimpulkan isi informasi.

Dari tayangan tersebut dapat disimpulkan, ikan yang memakan kotoran tidak aman untuk dikonsumsi oleh manusia, dikarenakan ikan yang memakan kotoran tersebut terinfeksi  bakteri/penyakit yang terdapat pada kotoran manusia itu.
Menurut hukum islam, menyarankan sebaiknya kebiasaan tersebut di tinggalkan, dalam rangkamembersihkan diri.





*   Pendapat

Pendapat saya tentang tayangan tersebut adalah…
Sebaiknya mengkonsumsi ikan makan kotoran itu dihindari, dikarenakan ikan yang memakan kotoran sudah terinfeksi penyakit. Oleh karena itu mengkonsumsi ikan makan kotoran sebaiknya dihindari.



 
BOLEHKAH MUSLIM BERHENA

1. Pokok-pokok informasi.

·         Wanita arab dari zaman Rosulullah suadah menggunakan hena.
·         Hampir semua bagian-bagian tanaman hena dapat dimanfaatkan.
·         Hena biasanya dipakai oleh calon pengantin wanita.
·         Hena juga dapat dijadikan pewarna rambut.
·         Hena halal dipakai oleh muslim.
·         Hena yang alami aman untuk kulit.

2. Kesimpulan.

Hena adalah barang khas dari arab. Wnita arab dari zaman rosulullah suadah menggunakan hena sebagai rias diri.Hampir  semua dari bagian-bagian tumbuhan hena bisa dimanfaatkan, mulai dari daun, batang dan akarnya.Hena biasanya digunakan sebagai rias pengantin.
Hena sebenarnya ada dua bentuk macam, bubuk dan pasta.Hena mempunyai dua warna, merah dan hitam, warnah merah itu masih alami dan kalau warnah hitm itu sudah dicampuri bahan kimia. Hena tidak hanya berfungsi sebagai rias kulit tetapi juga bisa digunakan untuk pewarna rambut.
menurut hukum islam hena halal untuk digunakan muslim. efek hena pada saat digunakan lebih bagus dari pada pewarna rambut kimia, karena hena terbuat dari bahan alami.
3. Pendapat.
Pendapat sayatentang tayangan ini adalah…
Setuju, karena hena juga menurut islam halal bagi muslim, dan ada hadist dari Rosulullah menyarankan memakai hena untuk menyembuhkan sakit kepala. dan menggunakan hena tidak menimbulkan efek samping, karena hena terbbuat dari bahan alami.

KD.11.1.1

Indikator
11.1.1.1. Mencatat pokok – pokok isi sambutan
11.1.1.2. Menulis kesimpulan kedalam beberapa kalimat
11.1.1.3 Menyimpulkan pendapat



Sambutan B. Cicik

Ø Pokok – Pokok Isi  Sambutan

·         Dalam kehidupan pasti kita selalu melak
·         ukan suatu perbuatan.
·         Didunia ini kita selalu atau sering berbuat suatu perbuatan yang khilaf yang tidak disuakai oleh Allah SWT.
·         Kita tidak boleh melakukan suatu kejahatan, karena kejahatan merupakan suatu keburukan yang telah dijerumuskan oleh syetan. maka selalulah kita berbuat baika kepada sesama.
·         Perbuatan perbuatan itu pasti nanti, akan mendapatkan sebuah balasan tersendiri.
·         Saat kita dimusuhi oleh seseorang atau saudara, maka hendaklah kita dengan senang hati memberikan maaaf.
·         Ada 3 perkara yang di senangi oleh Allah SWT :
1.       Meminta maaf
2.       menyambung kembali tali persaudaraan
3.       Memberikan maaf
·         Barang siapa yang mendzholimi sesame saudaranya (sesama muslim) maka segera minta maaf jika mempunyai kesalahan  karena permusuhan itu salah.


Ø Kesimpulan

Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan atas perbuatannya, sehingga hendaklah kita dengan senang hati member maaf, karena Allah senang dengan orang-orang  yang pemaaf.
 Allah tidak menyukai orang yang memutskan tali persaudaraan, karena itu adalah perbuatan yang salah. Dan perbuatan-perbuatan manusia yang dilakukannya pada saat dunia, pasti nanti akan mendapatkan balasannya.



Ø Pendapat

Pendapat saya tentang tayangan ini adalah  . . .
Setuju, karena dari tayangan tersebut kita dapat menyadarkan kita bahwa manusia tidak luput dari kesalahan, maka manusia juga harus bisa memaafkan satu sama lain.
dan kita juga bisa mengetahui bahwa kita harus bisa bersifat baik kepada semua orang. menyambung tali persaudaraan.
 



INDIKATOR :
12.9..2.1          Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/televisi/rekaman
12.9.2.2           Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
12.9.2.3           Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/televisi/rekaman

Bubur Sum-Sum Kerbau
Ibu kota Provinsi Riau, yaitu Muara Jalai, kabupaten Kampar. Saat berada disana, kita akan disuguhi pemandangan hewan mamalia berkaki 4 seperti kerbau yang memiliki peranan penting bagi masyarakat desa sini. Seperti yang dilakukan ibu Siti Roha yang setiap pagi sudah sibuk berternak kerbau. Ibu Roha setiap pagi memeras susu kerbau. Sambil diperas susunya, kerbau biasanya diberi daun jagung dan garam agar susunya menjadi gurih.
Agar tetap segar, susu kerbau harus diolah terlebih dahulu. Cara pertama adalah susu kerbau disaring untuk memisahkan kotoran halus yang tak jarang tercampur disusu. Kemudian susu dituang dibilah-bilah bamboo. Bambu yang digunakan harus bamboo yang segar, karena bambu ini berperan sangat penting pada proses dan rasa susu selanjutnya. Setelah itu bambu yang sudah terisi susu ditutup rapat dengan daun pisang, kemudian didiamkan selama 1 malam/24 jam supaya mikrobakterial yang ada dibambu akan menggumpal, dan susu kerbau supaya kental seperti yoghurt (warnanya putih agak kekuningan).
Yoghurt atau orang desa ini menyebutnya selabiokabu,yoghurt ini sebenarnya bias langsung dinikmati, namun oleh ibu Rosa yoghurt kerbau istimewanya akan diolah lagi menjadi menu lezat desa sini. Bahan tambahannya sangat sederhana. Hanya parutan kelapa, dan gula aren (soko). Untuk mengolahnya, pertama membuat santan terlebih dahulu. Biasanya 1 butir kelapa untuk 3 batang fermentasi susu kerbau, kemudian irisan gula aren dicampurkan disantan sesuai dengan selera. Yang terakhir masukkan fermentasi susu kerbau yang dipotong-potong kemudian dicampur, dan jadilah sum-sum kerbau.

Kerajinan Lilin Lebah di Gunung Sahilan Kabupaten Kampar

Didesa ini, memiliki pohon yang menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat desa sini, karena ditempati oleh sarang lebah pohon itu bernsm pohon sialang.
Proses pengolahan madu lebah yaitu :
  • Hasil unduhan lebah dari hutan diperas
  • Setelah proses pemerasan, lalu dimasukkan ruas-ruas jaring lebah ke dalam drum besar
  • Kemudian tumpu kayunya dinyalakan terus malam lebah itu akan melumer dan dibutuhkan waktu hingga seharian penuh untuk dijadikan bahan lebih lanjut.
Bahan pembuatan lilin lebah :
v  Hasil melumeran malam lebah tadi menjadi bongkahan-bongkahan yang besar.
v  Lalu bongkahan tersebut dicacah.
v  Cacahan itu dilelehkan dikompor minyak lalu ditambahkan pewarna minyak pada lilin cairnya.
v  Lili cair di cetak dicetakan yang sudah dilapisi dengan silicon.
v  Tuangkan cairan lilin lebah panas dicetakan supaya hasilnya solid dan tidak berongnya dengan warna sesuai selera.
v  Lalu diamkan selama 1 jam.
v  Kalau sudah mengeras, lubangi lilin dengan sapu lidi lalu tancapkan sumbu yang sudah dilapisi lilin.
v  Untuk menginginkan bentuk selanjutnya adalah dengan benang sumbu dirangkaikan dengan besi terus dicelupkan dan diangkat secara berangsur-angsur.
v  Jika sudah tebal,lili lebahnya sudah jadi.
Lilin lebah memiliki kelebihan, yaitu lilin lebah tidak menghasilkan asap hitam yang menjadi pemicu adanya kanker. Dan aroma lilinnya adalah madu dengan penerangannya yang indah.



Rempeyek kepiting

Rempeyek kepiting ini berada di Pagartengah, Pekanbaru.
Bahan untuk membuatnya yaitu :
  • Kepiting (dilepas cangkang atasnya)
  • Lumuri dengan asam cuka agar tidak berbau amis, lalu tambahkan sedikit garam dan diuleni dengan bawang putih tumbuk supaya lebih gurih.
  • Selanjutnya buat adonan tepung. Dengan bahan tepung beras dan tepung bubi.
  • Sementara bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, ketumbar, lengkuas, dan daun salam.

Langkah-langkah membuat rempeyek kepiting
Campur tepung terigu dengan telur, kemudian semua bahan dan bumbu dicampurkan, lalu goreng. Menggoreng rempeyek kepiting gampang-gampang susah, sehari bias menghabiskan 100 ekor kepiting. Karena rasanya yang enak yang berharga Rp. 3000 perbuah dapat laris manis. Ada satu makanan lagi yang nggak kalah enaknya, yaitu bakwan sanghai atau bakwan mangkok. Disebut demikian karena bentuknya yang seperti mangkok. Cara membuatnya yaitu dengan menggunakan cetakan mangkok. Adonan tepung diisi irisan kentang, wortel, dan sedikit daging cincang. Dan atasnya dikasih lagi lapisan adonan, lalu digoreng.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar