Kamis, 11 November 2010

Muhammad Naafi' ~ X-3 ~ 24


Nama           : Muhammad Naafi
No. Absen    : 24
Kelas            : X-3











Korban bencana alam


Pembawa acara   : Bagus
Pewawancara      : Yenni Yusia
Narasumber       : Korban Bencana
Lo0kasi              : Cianjur, Jawa Barat

Isi berita :
        Di Daerah Cianjur Jawa Barat terjadi Gempa bumi sekaligus tanah longsor. Para ciew dari TV One telah mendatangi lokasi untuk mewawancarai para korban tersebut. Salah satu korban yang di wawancarai mengatakan bahwa bantuan yang diberikan berjalan lancar, seperti makanan dan susu bayi. Namun para warga masih takut untuk kembali ke rumah mereka. Tempat yang digunakan untuk tempat pengungsian sebelumnya berupa sawah yang tandus.
        Selain itu korban lain mengatakan bahwa banyak anak yang kehilangan orang tua dan sebaliknya. Anak-anak yang menjadi korban ditemukan dalam keadaan yang mengenaskan. Menurut sebagian pemuka desa terdapat 11 rumah yang tertimbun, 1 buah masjid dan sekitar 70 orang yang tertimbun.
        Menurut psikolog, untuk mengatasi kesedihsn pada keluarga, dapat membantu dengan konseling pada keluarga. Selain itu untuk anak-anak bisa diatasi dengan permainan, tetapi gambar, dan terapi buku yang dapat membuat mereka mengekspresikan kesedihannya. Dan untuk relawan yang tidak terkena bencana seharusnya memahami masalah korban bencana, menanyakan masalah-masalah dan lebih perhatian.
Pendapat :
       Menurut saya bantuan dari pemerintah kepada korban cukup cepat, selain itu pemerintah juga harus mengganti kerugian yang terjadi. Peran psikolog di daerah bencana tersebut sangatlah penting, saya sangat setuju dengan adanya psikolog tersebut. Selain itu warga sebaiknya jangan kembali dulu ke rumahnya karena dikhawatirkan terjadi longsor lagi.




Kandungan melamin dan bahayanya

Isi Informasi :
        Melamin adalah basa organik dengan rumus kimia C3H6N6  yang merupakan zat dari Cyarida. Melamin di tambahan ke susu formula, untuk membuat seolah – olah kadar proteinnya tinggi. Melamin sebenarnya adalah bahan untuk membuat keramik seperti piring dan mangkok. Melamin memliki bahaya – bahaya jika dikonsumsi oleh manusia , antara lain :
·      Dapat membuat iritasi bila terhisap dan kontak dengan mata dan kulit
·      Mengakibatkan kerusakan pada reproduksi, dan kandung kemih dan batu ginjal
·      Dapat mengakibatkan kanker
·      Dan yang paling parah dapat mengakibatkan kematian
Susu yang di impor dari China memang banyak mengandung melamin. Susu yang beredar di Indonesia tidak di periksa di laboratorium tapi hanya diperiksa oleh Badan POM. Badan POM baru memeriksa Susu impor tersebut setelah mengetahui berita tentang adanya korban di China. Banyak sekali bayi yang menjadi korban stelah meminum susu yang berasal dari China itu. Menurut Badan POM segarusnya pembeli harus bisa memilih susu. Karena, susu yang berasal dari China ini kemasannya tidak jelas. Seharusnya susu yang tidak memiliki kejelasan ini tidak masuk ke Indonesia, namun karena ketidaktelitiannya importer dan selera masyarakat Indonesia, susu tersebutpun dapat mudah masuk dan menyebar di Indonesia.

Tanggapan :
        Seharusnya, agar tidak terjadi kasus keracunan, susu yang di impor harus diuji dan lulus tes laboratorium untuk mengetahui apakah ada kandungan zat yang berbahaya. Dan seharusnya mulai saat ini Badan POM memasukkan Melamin ke dalam daftar Zat yang berbahaya. Karena, selama ini Badan POM tidak menyebutkan bahwa melamin adalah zat yang berbahaya. Selain itu pemerintah Indonesia juga harus mengurangi impor susu dari luar negeri.
Dampak terhadap kesehatan :
·      Iritasi
·      Kerusakan reproduksi
·      Batu ginjal
·      Kanker
Setelah mengetahui dampak tersebut ita harus lebih berhati – hati untuk memilih susu formula.
Damapak terhadap konsumen :
·      Setelah mengetahui damapak dari melamin, konsumen akan mengerti bahaya susu impor yang pernah di belinya. Sehingga konsumen tidak akan membeli lagi dan mungkin akan berpindah ke produk lain.
·      Secara otomatis, Produsen maupun penjual akan rugi karena tidak adanya konsumen yang membeli susu formula yang berasal dari China.







KD 12.1.2


KOSMETIK, OBAT DAN JAMU YANG BERBAHAYA

    
Isi berita :
Pada saat ini banyak sekali orang-orang yang mengalami krisis ekonomi, untuk menutupi krisis itu mereka melakukan berbagai cara yang tidak baik, contohnya memalsu, mencampur bahan kimia yang tidak baik pada produk-produk. Seperti kosmetik, obat, dan jamu.
Sekarang banyak terdapat racun atau obat berbahaya di kosmetik, obat dan jamu, contohnya kosmetik, banyak produk-produk seperti facial foam, lotion, dan pemutih wajah yang mengandung bahan kimia yang  berbahaya bagi tubuh kita. Selain masyarakat, artis pun juga ada yang menggunakan kosmetik palsu. Pada umumnya masyarkat menggunakan kosmetik palsu karena harga, kecocokan dan banyak produk impor.
        Kita sebagai masuarakat yang hidup di zaman sekarang ini harus bisa memilih mana kosmetik yang baik dan kosmetik yang tidak baik. Karena banyak sekali penipuan yang terjadi. Produk kosmetik yang baik ada komposisi, izin edar, kemasannya tidak rusak dan tidak kedaluwarsa. Krim pemutih juga banyak yang mengandung bahan kimia yang berbahaya yaitu merkuri. Selain kosmetik, pewarna rambut palsu juga tidak baik karena dapat merusak rambut. Namun tidak semua masyarakat membeli kosmetik yang tidak jelas. Hal tersebut patut untuk kita contoh.
        Jamu dan obat-obatan juga harus kita perhatikan komposisinya, izin edar, kemasannya tidak rusak, dan tidak kedaluwarsa. Pada obat – obatan, sekarang ini banyak yang mengandung BKO. Dijamu dan obat-obatan seharusnya tidak boleh ada bahan kimianya. Masyarakat kebanyakan tidak takut akan bahaya dari bahan kima obat yang ada dalam obat dan jamu palsu. Namun dampak dari penggunaan obat dan jamu palsu sangat buruk.


Komentar :
Topik berita itu saya rasa baik, karena bisa memberi kita solusi untuk memilih kosmetik, obat dan jamu yang baik. Jangan sampai kita terpancing pada kosmetik yang harganya mahal, belum tentu kosmetik itu baik bagi tubuh kita. Karena apabila kita salah langkah kita malah harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak yaitu harus berobat ke dokter. Untuk itu kita wajib teliti atas barang yang akan kita beli agar tidak sampai terjadi hal yang tidak diinginkan.











Wisata kuliner riau

Indikator : KD 12.9.2
12.9..2.1    Mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/televisi/rekaman
12.9.2.2     Mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan
12.9.2.3     Menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/televisi/rekaman

Pokok – pokok :
1.  Bubur sumsum kerbau :
·      Kerbau banyak di temukan didaerah Muara Lalai Kabupaten Sampar.
·      Kerbau memiliki peran penting bagi masyarakat disana
·      1 ekor kerbau menghasilkan 2 liter susu per hari
·      Susu biasanya dijadikan yoghurt
·      Yoghurt bisa disebut di jadikan bubur sumsum kerbau
·      Harga yoghurt antara Rp 2.000,00 sampai Rp 4.000,00
2.     Kerajinan lilin :
·      Lilin di daerah gunung Sahilan terbuat dari lebah
·      Cara pembuatannya diolah terlebih dahulu
·      Lilin lebah tidak mnghasilkan asap
·      Aroma lilin seperti madu
3.     Rempeyek kepiting :
·      Rempeyek kepiting banyak dibuat di Pagar Tengah, Pekanbaru
·      Harganya Rp 3.000,00 per buah

Saran :
Saran saya adalah seharusnya informasi tersebut djelaskan secara rinci tapi singkat, tidak terlalu panjang lebar. Seperti urutan peristiwa mulai dari kegiatan apa saja yang di lakukan sampai barang tersebut jadi.

Rangkuman :
Setelah menempuh perjalanan 1,5 jam dari ibu kota Riau ,kita pasti akan menemui banyak kerbau .Disana kerbau memiliki peran yang penting.
Biasanya 1 ekor kerbau menghasilkan 2 liter susu,agar tetap segar,susu di olah dahulu. Pertama disaring ,lalu di masukkan ke dalam bambu.kemudian di tutup rapat dengan daun pisang dan di diamkan .susu yang di diamkan akan menjadi yoghurt agar lebih istmewa ditambah santan,parutan kelapa dan gula aren sehingga menjadi bubur sumsum kerbau. Harganya antara Rp 2.000,00 sampai Rp 4.000,00 selain itu ada kerajinan yang terbuat dari lebah yaitu lilin lebah. Penduduk tersebut memanfaatkan lebah yang hidup di desanya. Kerajinan lilin tersebut memiliki kelebihan yaitu tidak berasap, beraroma madu dan penerangannya indah. Selain itu ada rempeyek kepiting yang ada di daerah Pagartengah, Pekanbaru. Bahan pembuatannya adalah kepiting, cuka, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, ketumbar, lengkuas, daun salam, dan tepung beras. Karena rasanya yang enak harganya Rp 3.000,00 perbuah. Adalagi makanan yang sangat enak yaitu bakwan sanghai atau bakwan mangkok. Disebut begitu karena bentuknya yang seperti mangkok. Pembuatannya dengan cetakan mangkok. Adonannyan berisi kentang, wortel dan daging cincang.





Ikan MAKAN KOTORAN
Indikator :
·      Mencatat pokok – pokok isi informasi
·      Isi informasi
·      Pendapat

Pokok – pokok :
·      Peternak ikan masih banyak yang membudidayakan ian dengan member makan kotoran manusia.
·      Ikan yang diberi makan kotoran adalah ikan lele.
·      Menurut MUI ikan yang makan kotoran adalah hewan jalala yang tidak boleh di makan.
·      Ikan yang memakan kotoran memiliki dampak positif maupun negative.
·      Ikan lebih baik di beri makan pelet.
·      Ikan yang memakan kotoran mengandung kuman dan cacing.
·      Antara ikan yang diberi makan pelet dan kotoran memiliki cita rasa yang berbeda.
·      Jika terlalu sering mengonsumsi ikan yang di beri makan kotoran manusia akan menimbulkan penyakit.

Isi  informasi :
        Budidaya ikan memang menguntungkan, tapi permasalahannyan adalah ikan yang dibudidayakan dengan di beri makan kotoran manusia. Namun, hal ini memiliki dampak positif dan negative. Dampak positifnya adalah lebih mudah dan murah. Dan dampak negatifnya adalah dapat mengganggu kesehatan manusia dan ikan itu sendiri. Ikan yang diberi makan kotoran mengandung kuman dan cacing. Namun warga sekitar desa sudah terbiasa memancing, membuang kotoran di kolam dan juga memakan hasil tangkapan mereka. Mereka jarang mengalami muntaber atau diare. Padahal, menurut MUI ikan yang memakan kotoran adalah hewan jalala yang tidak boleh di makan. Tetapi masyarakat desa tersebut menolak kalau ikan yang mereka budidayakan dengan di beri makan kotoran manusia adalah hewan jalala. Seharusnya ikan yang baik itu di beri makanan ikan seperti pellet yang memiliki banyak kandungan nutrisi yangdapat menjadikan ikan leih baik. Namun jika terpaksa memakan ikan yang memakan kotoran manusia, ikan tersebut harus ditampung di kolam dengan air yang bersih. Antara ikan yang diberi makan kotoran dan yang diberi makan pellet akan berpengaruh pada cita rasa ikan tersebut. Karena jika makan ikan yang diberi makan kotoran ditakutkan mengandung zat berbahaya yang menimbulkan penyakit.

Pendapat :
        Menurut saya, pengonsumsian ikan yang diberi makan kotoran itu tidak baik. Fatwa MUI terhadap ikan yang diberi makan kotoran memang tepat, selain berpenyakit, juga menjijikkan. Seharusnya, ikan memang harus diberi makan pelet agar ikan – ikan tersebut tumbuh dengan baik dann tidak mengurangi cita rasa apabila sewaktu – waktu di masak. Selain itu, zat didalam ikan tersebut pasti akan membawa dampak buruk pada konsumennya. Maka dari itu, seharusnya ikan dibudidayakan sebagaimana mestinya.












Sambutan bu cicik

KD 11.1.1
Indikator :
·         Mencatat Pokok – Pokok Kutbah yang didengar
·         Menyampaikan ringkasan isi kutbah
·         Pendapat

Pokok – pokok sambutan :
·      Ada 3 perkara yang barang siapa mengamalkannya Allah akan menghisab kita di hari akhir dengan hisab yang ringan dan di masukkan ke surganya.
·      Perkara tersebut adalah memberi pada orang yang tidak mau memberi, menyambung tali persaudaraan pada orang yang telah memutusnya, dan memberi maaf kepada orang yang telah menganiaya kita.
·      Kita sebagai umat muslim harus saling memaafkan.
·      Kita dilarang untuk mendholimi sesama muslim, apalagi sampai membuatnya marah.

Isi Sambutan :
        Pada acara halal – bihalal SMAN 1 Gondang pada tanggal 24 November 2004 ada beberapa hal yang ingin disampaikan oleh bu Cicik. Pertama di hari yang fitri ini kita harus saling memaafkan. Kedua ada 3 perkara yang barang siapa mengamalkannya kita insya allah akan di hisab oleh Allah di hari akhir dengan hisab yang ringan dan di masukkan ke surganya yang penuh rahmat. Perkara tersebut adalah :
·      Apabila kita mau memberi pada orang yang tidak mau memberi, insya allah kita akan masuk surga.
·      Apabila kita mau menyambung tali persaudaraan pada orang yang telah memutusnya.
·      Apabila kita mau memberi maaf kepada orang yang telah menganiaya kita.
Maka dari itu, kita harus saling memaafkan. Apalagi di hari idul fitri ini. Menurut hadits Rosululloh SAW barang siapa yang mendholimi sesama muslim, kita harus meminta pada yang di dholimi untuk menebus, atau menghalalkan kehormatan kita, nama baik serta harta kita sebelum di tuntut di akhirat. Hal ini seperti kisah nelayan yang di dholimi oleh nelayanyang kuat, ikan tangkapan nelayan yang lemah di rampas oleh nelayan yang kuat. Kemudian nelayan yang lemah berdo’a agar nelayan yang kuat mendapat balasannya. Setelah itu nelayan yang kuat mendapat balasan berupa tangannya di gigit oleh ikan rampasannya dan tangannya harus dipotong. Setelah itu, dia bermimpi bertemu dengan nelayan yang lemah dan ia berkata, bahwa dia harus mengembalikan hak – hak pada orang yang pernah ia dholimi. Setelah itu dia bertaubat dan akhirnya tangannya kembali. Maka dari itu kita dilarang untuk mendholimi sesama muslim, apalagi sampai membuatnya marah.

Pendapat :
        Saya sangat setuju dengan sambutan tersebut, karena kita sebagai umat muslim memang harus saling memaafkan apalagi di hari yang fitri ni. Selain itu 3 perkara yang disampaikan saya sangat setuju, karena itu memang seharusnya dilakukan oleh umat muslim agar persatuan dan keharmonisan antara sesama muslim menjadi lebih kuat. Dan tentang menyakiti sesama muslim itu memang tidak boleh, karena perbuatan itu sangat di benci oleh Allah.









K.D 11.1.1

Indikator :
·      Mencatat Pokok – Pokok Kutbah yang didengar
·      Menyampaikan ringkasan isi kutbah
·      Pendapat

Pulang Kampung Akhirat

A.   Pokok – pokok kutbah
·      Pada saat pulang kampong orang – orang lebih mementingkan uang dan harta untuk pulang kampung
·      Selain memikirkan barang yang di persiapkan untuk hari idul fitri, manusia juga harus mempersiapkan diri untuk akhirat
·      Zakat adalah pelengkap atau penyempurna puasa
·      Zakat ada dua, yaitu zakat fitrah dan zakat mal
·      Zakat merupakan rukun islam yang harus ditunaikan
·      Zakat adalah pembersih diri dan pembersih jiwa
·      Masyarakat Indonesia belum seluruhnya rajin menunaikan zakat
·      Zakat harus di bagi kepada 8 asnaf
·      Pengkordinasian zakat di Indonesia masih kurang baik
·      Membayar zakat mal harus tepat pada  waktu dan nisabnya
·      Zakat fitrah di laksanakan pada bulan ramadhan

B.    Isi kutbah
Di Musim lebaran banyak orang yang menyiapkan dirinya untuk pulang kampung. Seperti menyiapkan baju baru, oleh – oleh dan sebagainya. Namun, harus diingat bahwa semua itu milik Allah. Dan suatu saat kita akan kembali padaNya. Maka dari itu kita juga arus mempersiakan diri untuk pulang kampung ke akhirat nanti. Salah satunya dengan menunaikan ibadah yang saat ini harus dijalani yaitu pusaa. Selain itu umat islam juga harus melaksanakan zakat sebagai penyempurna puasa dan sebagai pembersih jiwa. Zakat ada dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah untuk mensucikan diri dan zakat mal untuk mensucikan harta. Zakat mal harus dikeluarkan setelah mencapai nisab dan berumur satu tahun. Masyarakat Indonesia belum seluruhnya berzakat karena kurang kesadaran dan pengkordinasian dari pemerintah. Zakat itub dibagikan kepada 8 asnaf / golongan, yaitu fakir, miskin, gharim, mu’allaf,  amil, Ibnu sabil, sabilillah, dan hamba sahaya. Dan yang harus di utamakan adalah fakir. Karena kesadaran masyarakat kurang, maka harus ada motifasi – motifasi dan pelayanan – pelayanan zakat. Karena masalah itulah banyakn terjadi masalah yang tidak diinginkan. Padahal niat baik tapi menjadi kurang baik. Rosuluullah bersabda : “jika mereka mau taat kepada Allah dan Rosul samapikan bahwa ada perintah sholat 5 waktu sehari semalam. Dan seandainya mereka taat kepadamu menjalankan sholat 5 waktu, sampaikan juga pada mereka bahwa ada zakat yang harus mereka berkan dari harta kekayaan mereka. Dan seandainya mereka taat kepadamu memberikan zakat, ingat pelihara amanat karena zakat mereka sangat mahal”. Nah karena banyak orang yang tidak mampu, kita tidak boleh menghina mereka karena do’a orang miskin tidak memiliki dinding pembatas antara mereka dengan Allah swt. Untuk itu kita harus melaksanakan segala perintah Allah untuk bekal nanti di akhirat.

C.   Pendapat
Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan ustadz Jefri Al- Buqori pada acara tabligh akbar tersebut. Karena, sekarang ini banyak orang yang tidak berzakat, tidak berpuasa hanya untuk mementingkan kepentingan duniawi. Untuk membuat masyarakat lebih sadar memang harus diberi motifasi dan pelayanan pelayanan zakat. Selain itu memang kita diharuskan membayar zakat fitrah maupun zakat mal untuk membantu kaum duafa dan untuk bekal kita nanti jika suatu saat kita pulang ke akhirat.













K.D 12.1.1


KASUS KPK

Pokok – pokok :
1.     KPK pernah melakukan penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan SKRT.
2.   Menurut Taufik Basari ada sebuah skenario yang memang dikonstruksikan untuk melemahkan KPK diujungnya.
3.     Menurut Achmad Mubarok  ada rekayasa, kalau itu dijalankan terus apalagi pada era keterbukaan akan terbuka juga.
4.     Fachri Hamzah menganggap itu kriminalisasi, memandang itu sebagai persoalan konflik antar lembaga.
5.     Menurut Gayus Lumbuun  kewajiban dan tanggung jawab pemerintah di suatu Negara itu adalah meningkatkan kualitas rakyatnya, mensejahterakan rakyat.
6.      Menurut Azis Syamsudin cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah membiarkan proses berjalan dengan asumsi bahwa rekaman dari KPK, dari polisi, ini kita asumsi benar fakta-faktanya.
7.     Menurut Taufik Basari  itu bukan konflik antar Institusi Lembaga Hukum dan juga bukan sekedar persoalan di UU KPK.
8.     Menurut Fachri Hamzah  KPK lahir dengan kesadaran bahwa KPK yang terbaik.
9.     Menurut Gayus Lumbuun ada penistaan terhadap polisi dan jaksa.
10.                        Menurut Achmad Mubarok  apa yang terjadi sekarang tidak bisa dihindarkan.
11.                        Menurut Azis Syamsudin  KPK pertanggungjawabannya tidak langsung kepada presiden.
12.                         Menurut Gayus Lumbuun  perpu harus dibahas DPR.
13.                        Taufik Basari menerangkan bahwa KPK ingin memperkuat kepolisian, kejaksaan, pengadilan itu sebagai yang bersih.

Isi Laporan :
KPK pernah melakukan penyelidikan terhadap kasus yang berhubungan dengan SKRT. Ada beberapa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan rekaman yang ada pada KPK sampai saat ini. Menurut Taufik Basari ( Tim Pembela KPK ) ada sebuah skenario yang memang dikonstruksikan untuk melemahkan KPK diujungnya. Karena memang fakta-fakta yang muncul didalam proses ini sudah menunjukkan hal tersebut. Jadi sudah terlihat dengan nyata bahwa memang ada skenario, ada rekayasa, ada kepentingan-kepentingan tertentu yang mencoba merekayasa kasus ini sehingga ujung-ujungnya adalah pelemahan KPK. Menurut Achmad Mubarok ( Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ) ada rekayasa, kalau itu dijalankan terus apalagi pada era keterbukaan akan terbuka juga daripadadian presiden interfensi, malah akan membuat sistem tidak jalan.
Fachri Hamzah ( Anggota Komisi III FPKS DPR RI ) menganggap itu kriminalisasi, memandang itu sebagai persoalan konflik antar lembaga yang disebabkan oleh adanya aturan-aturan perundan-undangann yang juga sebetulnya ada konflik didalamnya. Menurut Gayus Lumbuun (Komisi III DPR RI ) kewajiban dan tanggung jawab pemerintah di suatu Negara itu adalah meningkatkan kualitas rakyatnya, mensejahterakan rakyat.
Menurut Azis Syamsudin ( Wakil Ketua Komisi III DPR RI ) cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah membiarkan proses berjalan dengan asumsi bahwa rekaman dari KPK, dari polisi, ini kita asumsi benar fakta-faktanya. Menurut Taufik Basari ( Tim Pembela KPK ) itu bukan konflik antar Institusi Lembaga Hukum dan juga bukan sekedar persoalan di UU KPK, tapi ini lebih besar dari itu. Ada kekhawatiran besar bahwa kita sedang kritis didalam penegakan hukum. Menurut Fachri Hamzah ( Anggota Komisi III FPKS DPR RI ) KPK lahir dengan kesadaran bahwa KPK yang terbaik. Polisi dan jaksa itu korup, tidak bisa dipercaya. UU memandatkan kepada KPK untuk melakukan koordinasi kelembagaan.
Menurut Gayus Lumbuun (Komisi III DPR RI ) ada penistaan terhadap      polisi dan jaksa, mungkin bukan oleh KPK, tapi oleh orang-orang yang ikut-ikutan tapi tidak tahu persoalan. Menurut Achmad Mubarok ( Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ) apa yang terjadi sekarang tidak bisa dihindarkan, karena memang kita era keterbukaan apalagi kita reformasi pada era globalisasi. Menurut Azis Syamsudin ( Wakil Ketua Komisi III DPR RI ) KPK pertanggungjawabannya tidak langsung kepada presiden

Pemdapat :
Saya setuju dengan topik atau tema yang dibicarakan, yaitu tentang KPK. Karena dengan adanya pembicaraan tentang masalah tersebut, selain dapat menemukan penyelesaian masalah tersebut, kita atau masyarakat juga bisa lebih mengerti tentang masalah KPK.Dan juga bisa ikut mendukung untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.



















MUSLIMAH BERHENA


Pokok – pokok informasi :
·      Hena disebut juga pacar cina, biasa dipakai wanita arab sejak zaman Rasulullah.
·       Hena berasal dari tumbuhan semak yang daunnya bisa dipakai untuk pemerah kuku.
·      Hena bisa untuk mengukir tangan dan kaki.
·      Pengguna hena biasanya adalah calon pengantin.
·      Kini banyak juga hena yang untuk hiasan (lifestyle).
·       Hena yang warnanya hitam bahannya dari sintetis, sedangkan yang warnanya merah bahannya alami.
·      Hena yang dijual berbentuk bubuk dan pasta.
·      Muslimah pakai hena karena halal dan bisa dipakai untuk sholat.
·      Hena ada yang digunakan sebagai pewarna rambut.
·      Hena yang bahannya alami aman bagi kulit.

Isi Informasi :
Di pasar Codet terkenal dengan menjual barang – barang khas Arab, seperti parfum, makanan, dan hena. Hena disebut juga pacar cina, biasa dipakai wanita arab sejak zaman Rasulullah. Hena digunakan untuk pemerah kuku Hena berasal dari tumbuhan semak yang daunnya bisa dipakai untuk pemerah kuku. Semua bagian tumbuhan tersebut mempunyai manfaat mulai dari kulit batang, bunga, akar, hingga daunnya. Hena bisa untuk mengukir tangan dan kaki. Pengguna hena biasanya adalah calon pengantin, bahkan sebagian masyarakat dalam budayanya menganggap hena sebagai symbol kehormatan bagi suami sehinnga calon pengantin wanita yang dihena bagai ratu yang didandani secantik mungkin. Namun, kini banyak juga hena yang untuk bergaya. Hena yang warnanya hitam bahannya dari sintetis, sedangkan yang warnanya merah bahannya alami. Hena yang dijual berbentuk bubuk dan pasta. Muslimah memakai hena karena halal dan bisa dipakai untuk sholat. Hena ada yang digunakan sebagai pewarna rambut. Rasa saat dipakai di rambut dingin. Hena yang bahannya alami aman bagi kulit dan rambut


Pendapat :
Saya setuju dengan informasi yang disampaikan, yaitu tentang hena. Karena dengan disampaikannya informasi tersebut, kita atau masyarakat bisa lebih mengetahui apa itu hena dan bagaimana hena itu, serta pengetahuan yang lainnya tentang hena. Jadi, kita atau masyarakat bisa menggunakan hena sesuai fungsi dan kegunaannya.




K.D 11.9.2
RUU NEGARA

Pokok – pokok :

1.     Leo Batubara Wakil Dewan Pers mengakui ketika RUU rahasia negara diundangkan, korban pertama adalah wartawan.
2.     Agus Brotosusilo menerangkan bahwa akhir-akhir ini terjadi dinamika yang sangat tinggi.
3.     Leo Batubara  menerangkan bahwa kooporasi termasuk perusahaan pers, kalau melanggar rahasia Negara dianggap sebagai organisasi terlarang.
4.     Agus Brotosusilo menerangkan bahwa rumusan rahasia Negara dibuat sangat statis.
5.      Leo Batubara menerangkan bahwa Negara ini membutuhkan UU asal yang melindungi informasi strategis.
6.     Agus Brotosusilo menerangkan bahwa rahasia Negara diawasi oleh UU, presiden, DPR, pengadilan, dan rakyat.
7.     Leo Batubara menyatakan kalau tugas pers membantu perang terhadap korupsi makin tidak mungkin lagi.
8.     Agus Brotosusilo menerangkan bahwa pemerintah menyadari betapa besar peran pers.
9.     Leo Batubara menuturkan pers siap membantu perang terhadap korupsi.
10.         Effendi Choirie ( Anggota Komisi I DPR RI ) menyatakan kalau pemerintah akan terus mengawal kebebasan pers.
11.                        Ahmad Faisol ( Koordinator Riset ISAI ) menerangkan bahwa di RUU rahasia Negara tidak ada mekanisme bagaimana pengujian terhadap penetapan informasi.
12.                        Effendi Choirie ( Anggota Komisi I DPR RI ) menuturkan bahwa Negara harus punya kebebasan tapi disisi lain harus punya rahasia spesifik.
13.                        Menurut Ahmad Faisol ( Koordinator Riset ISAI ) pers tidak ada yang harus dikhawatirkan.
14.                        Effendi Choirie ( Anggota Komisi I DPR RI ) menerangkan bahwa salah satu rahasia Negara adalah informasi.

Isi Diskusi :

Leo Batubara ( Wakil Ketua Dewan Pers ) mengakui ketika RUU rahasia negara diundangkan, yang menjadi korban pertama adalah wartawan. Agus Brotosusilo (Staf Ahli MENHAN Bidang Ideologi dan Politik ) menerangkan bahwa akhir-akhir ini terjadi dinamika yang sangat tinggi, terjadi perubahan pada  rumusan norma-norma yang telah disusun. Leo menerangkan bahwa kooporasi termasuk perusahaan pers, media cetak, dan televisi kalau melanggar rahasia Negara dianggap sebagai organisasi terlarang. Agus menerangkan bahwa rumusan rahasia Negara dibuat sangat statis.  Rahasia Negara itu mungkin suatu informasi yang apabila dikuasai oleh publik yang tidak berhak dapat menimbulkan terganggunnya kedaulatan Negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa.
Leo menerangkan bahwa Negara ini membutuhkan UU asal yang melindungi informasi strategis pertahanan keamanan intelligence untuk negeri. Agus menerangkan bahwa rahasia Negara diawasi oleh UU, presiden, DPR, pengadilan, dan rakyat (pers). Presiden sebagai penanggung jawab. Rahasia Negara itu diatur secara ketat didalam UU, jadi jenis UU itu sedikit sekali dibandingkan dengan jenis informasi yang besar. Kalau terjadi kebocoran rahasia Negara yang pertama-tama bertanggung jawab bukan yang memperoleh termasuk wartawan, tapi pengelolanya. Pihak wartawan tidak akan dikenakan sanksi pidana kalau dia memperolehnya tidak dengan sengaja melawan hukum.
Leo menyatakan kalau tugas pers membantu perang terhadap korupsi makin tidak mungkin lagi. Agus menerangkan bahwa pemerintah menyadari betapa besar peran pers. Leo menuturkan pers siap membantu perang terhadap korupsi. Effendi Choirie ( Anggota Komisi I DPR RI )menyatakan kalau pemerintah akan terus mengawal kebebasan pers. Ahmad Faisol
( Koordinator Riset ISAI ) menerangkan bahwa di RUU rahasia Negara tidak ada mekanisme bagaimana pengujian terhadap penetapan informasi. Effendi menuturkan bahwa Negara harus punya kebebasan tapi disisi lain harus punya rahasia spesifik. Menurut Ahmad Faisol pers tidak ada yang harus dikhawatirkan. Effendi menerangkan bahwa salah satu rahasia Negara adalah informasi.

v      PENDAPAT :

Saya setuju dengan topik atau tema yang dibahas dalam diskusi tersebut yaitu tentang RUU rahasia Negara. Karena dengan dibahasnya masalah tersebut maka akan dapat menemukan penyelesaian masalah tersebut, kita atau masyarakat juga bisa lebih mengerti tentang masalah RUU rahasia Negara. Dan juga bisa ikut berpartisipasi dan mendukung untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.





INDIKATOR KD. 10.1.1

10.1.1.1 Memahami isi berita dengan mengidentifikasi pokok-pokok berita.
10.1.1.2 Mengajukan pertanyaan.
10.1.1.3 menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan atau
   ketidaksetujuan.

MENANGGAPI BERITA
Pokok – pokok:
1.     Bentrok antar mahasiswa UNM Sulaweai Selatan.
2.     Dua mahasiswa yang terluka akibat tawuran dirawat di R.S Bhayangkara Sulawesi Selatan.
3.     Unjuk rasa gugat bantuan Bank Century.
4.     Lima terdakwa pembunuh Nasrudin disidang
5.     Usman Hamid tersangka pencemaran nama baik Muchidi P.R.
6.     Empat menteri mengundurkan diri dari jabatannya.
7.     Menteri mundur belum tentu diganti.
8.     Adhiyaksa Dault lepas kursi DPR untuk jadi menteri.
9.     Pergeseran 3 lempeng mengakibatkan posisi Indonesia dalam ancaman gempa bumi tektonik.
10.            Bakri untuk negeri memberikan bantuan untuk korban gempa Tasikmalaya.
11.            Proses evakuasi korban gempa di Cianjur, Jawa Barat hari ke-8 terkendali cuaca.
12.            Unjuk rasa mahasiswa Universitas Haloe Leo Kendari, Sulawesi Tenggara.
13.            Ratusan warga di Kediri, Jawa Timur berdesak-desakan memperoleh paket sembako murah.
14.            Antrean minyak tanah di Jambi.
15.            Ratusan warga di Banyuwangi, Jawa Timur berdesakan tukar uang ribuan.
16.            Siding praperadilan tersangka kasus terorisme M. Jibril.
17.            Pimpinan KPK akan penuhi panggilan Mabes Polri hari Jum’at.
18.            Presiden SBY berulang tahun ke-60 dan meresmikan jalur Ganda K.A.
19.            Puluhan pengendara terjebak banjir di Istambul, Turki.


Pertanyaan, jawaban dan pendapat :
1.     Pertanyaan : Berapa lama bentrok antar mahasiswa di Universitas Negeri Makassar berlangsung ?
Jawaban : 3 jam.
Tidak setuju, karena bentrok antar mahasiswa tidak menunjukkan sikap orang Indonesia yang cinta perdamaian.

2.     Pertanyaan : Dua mahasiswa yang mengalami luka akibat tawuran dirawat di rumah sakit mana ?
Jawaban : R.S Bhayangkara Sulawesi Selatan.
Setuju, karena dengan dirawat di rumah sakit, dua mahasiswa yang terluka akibat tawuran tersebut akan cepat sembuh.

3.     Pertanyaan : Siapa yang dianggap bersalah atas pengucuran modal ke Bank Century ?
Jawaban : Menteri Keuangan Sri Mulyani dan mantan Gubernur BI Boediono.
Tidak setuju, karena unjuk rasa tidak akan menyelesaikan masalah.


4.     Pertanyaan : Di Pengadilan Negeri manakah sidang kasus pembunuhanNasrudindigelar?

Jawaban : Di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten.
Setuju, karena dengan melakukan sidang, kasus pembunuhan Nasrudin akan cepat selesai.

5.     Pertanyaan : Siapakah tersangka pencemaran nama baik Muchidi P.R?
Jawaban : Usman Hamid.
Tidak setuju, karena pencemaran nama baik Muchidi P.R tidak hanya dilakukan oleh Usman Hamid.

6.     Pertanyaan :Ada berapa menteri kabinet Indonesia Bersatu yang mengundurkan diri dari jabatannya ?
Jawaban : Empat menteri.
Tidak setuju, karena masa jabatan menteri Kabinet Indonesia Bersatu hanya tinggal 40 hari.


7.     Pertanyaan : Tanggal berapakah semua menteri kabinet Indonesia Bersatu harus memberikan laporan resmi tentang pelaksanaan dan penyelesaian agenda-agenda pemerintahan yang diminta Presiden ?
Jawaban : Tanggal 1 Oktober.
Setuju, karena semakin cepat semua menteri Kabinet memberikan laporan semakin baik.

8.     Pertanyaan Siapakah salah satu menteri yang tidak mundur dari kabinet ?
Jawaban : Adhyaksa Dault (Menpora).
Setuju, karena keputusan Adhyaksa Dault untuk tidak mengundurkan diri dari cabinet sudah benar.

9.     Pertanyaan : Apa yang menyebabkan posisi Indonesia dalam ancaman gempa bumi tektonik ?
Jawaban : Pergeseran 3 lempeng.
Setuju, karena sesuai dengan peta yang ditayangkan kalau pergeseran 3 lempeng menyebabkan posisi Indonesia dalam ancaman gempa bumi tektonik
10.          Pertanyaan : Bakri untuk Negeri memberikan bantuan korban gempa bumi dimana ?
Jawaban : Tasikmalaya, Jawa Barat.
Setuju, karena dengan memberikan bantuan untuk korban gempa Tasikmalaya, korban gempa tersebut dapat meringankan bebannya.

11.          Pertanyaan : Apa yang menyebabkan proses evakuasi korban gempa di Cianjur terkendali ?
Jawaban : Cuaca yang tidak bersahabat.
Setuju, karena sesuai dengan kenyataannya bahwa cuaca yang tidak bersahabat menyebabkan proses evakuasi korban terkendali.
12.          Pertanyaan : Kericuhan antara mahasiswa Universitas Haloe Leo Kendari terjadi dimana ?
Jawaban : Di depan gedung Rektorat kampus.
Tidak setuju, karena kericuhan tidak akan menyelesaikan masalah.

13.          Pertanyaan : Berapa harga satu paket sembako murah yang dijual pemerintah kepada warga di Kediri, Jawa Timur ?
Jawaban : Rp. 17.000,-.
Setuju, karena kebutuhan warga bisa terpenuhi dengan adanya paket sembako murah.

14.          Pertanyaan : Berapa harga operasi minyak tanah per liternya ?
Jawaban : Rp. 2.800,-.
Setuju, karena dengan harga yang lumayan murah, kebutuhan masyarakat akan minyak tanah menjadi terpenuhi.

15.          Pertanyaan : Berapa besar uang yang disiapkan Bank Indonesia cabang Jember dalam penukaran uang tersebut ?
Jawaban : 170 juta rupiah.
Tidak setuju, karena dalam penukaran uang tidak tertib.

16.          Pertanyaan : Siapa pemohon kasus praperadilan penahanan tersangka terorisme M. Jibril ?
Jawaban : Abu Jibril (Ayah M. Jibril).
Setuju, karena dengan diadakannya siding, kasus akan cepat selesai.

17.          Pertanyaan : Pada hari apakah pimpinan KPK akan penuhi panggilan Mabes Polri ?
Jawaban : Hari Jum’at.
Setuju, karena masalah akan cepat selesai.

18.          Pertanyaan : Mengapa proses evakuasi pengendara yang terjebak di tengah banjir berjalan lambat ?
Jawaban : Karena derasnya arus.
Setuju, karena memang benar proses evakuasi terhambat oleh derasnya arus.








Menanggapi non berita
(infotainment)

Indikator KD 10.1.1 :
·      Memahami isi berita dengan mengidentifikasi pokok – pokok berita.
·      Menanggapi isi berita dengan mengajukan pertanyaan kritis.
·      Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan / ketidaksetujuan.

Menanggapi :
·      Segmen 1
Pertanyaan  :      Mengapa Angelia Sondakh melahirkan anaknya
                        melalui operasi sesar?
Jawaban      :      Karena bayi Angelia Sondakh dalam posisi terbalik.
Pendapat    :      Sangat setuju, karena itulah cara satu – satunya
                        untuk menyelamatkan bayi Angelia Sondakh
·      Segmen 2
Pertanyaan  :      Mengapa Maya Estianti pada hari lebaran pergi ke
                        Hongkong?
Jawaban      :      Karena lebaran tahun ini ia tidak bersama dengan
                        anaknya dan untuk menghilangkan kepenatannya.
Pendapat    :      Saya setuju dengan tindakan Maya, karena
                        kepergiannya untuk menghilangkan kepenatan
                        dan agar tidak stress.
·      Segmen 3
Pertanyaan  :      Mengapa Nuri Shaden menikah pada tanggal
                        09 – 09 – 09?
Jawaban      :      Karena itu tanggal yang mudah diingat dan karena
                        pernikannya di bulan Ramadhan di harapkan
                        membawa berkah.
Pendapat    :      Saya setuju karena tanggal itu tanggal yang unik
                        dan bagus.
·      Segmen 4
Pertanyaan  :      Apa tujuan Yuni Shara ke rumah orang tua Raffi
                        di hari lebaran?
Jawaban      :      Untuk bersilaturahmi dan mengambil hati orang
                        tua Raffi.
Pendapat    :      Saya setuju Yuni Shara ke rumah orang tua Raffi
                        agar hubungan mereka baik.
·      Segmen 5
Pertanyaan  :      Mengapa persidangan Cici Paramida tidak lancar?
Jawaban      :      Karena saksi yang dihadirkan menguntungkan
                        Suhaebi.
Pendapat    :      Saya tidak setuju,karena saksi yang di ajukan
                        Suhaebi tidak membawa pengaruh kepada Cici
                        Paramida.
·      Segmen 6
Pertanyaan  :      Faktor apa yang membuat keluarga Mona
                        harmonis?
Jawaban      :      Saling diskusi, bersyukur, menjaga komunikasi dan
                        mengalah.
Pendapat    :      Saya setuju Mona Ratuliu menjadi keluarga
                        harmonis, karena memang mereka layak.
·      Segmen 7
Pertanyaan  :      Mengapa Dewi Sandra teringat ibunya yang
                        meniggal?
Jawaban      :      Karena setiap puasa dia selalu bersama ibunya
                        namun tidak tahun ini.
Pendapat    :      Saya setuju, karena wajar saja seorang anak
                                merindukan orang tuanya walaupun telah
                                meninggal.
·      Segmen 8
Pertanyaan  :      Dengan cara apa Opick mengajari anaknya
                        berpuasa?
Jawaban      :      Dengan iming – iming hadiah dan motivasi
                        beribadah?
Pendapat    :      Saya setuju dengan cara tersebut. Karena, anak –
                        anak memang harus di beri motivasi sebagai
                        permulaan.
·      Segmen 9
Pertanyaan  :      Mengapa Natalie Sarah sulit mengajari anaknya
                        berpuasa?
Jawaban      :      Karena anaknya sering merasa lapar saat puasa.
Pendapat    :      Saya kurang setuju, seharusnya anaknya dilatih
                        dengan melakukan hal yang seperti Opick lakukan.
·      Segmen 10
Pertanyaan  :      Mengapa Rayna berkolaborasi dengan artis
                        terkenal di album barunya?
Jawaban      :      Karena, Rayna memiliki bakat yang bagus,
                        sehingga artis tersebut bersedia berkolaborasi.
Pendapat    :      Saya setuju Rayna berkolaborasi bersama artis
                       terkenal karena bakatnya sudah tidak diragukan
lagi.

















Udang Kipas




Indikator:
10.9.2.1        Mencatat pokok – pokok isi informasi melalui rekaman / teks  yang dibacakan
10.9.2.2       Menyimpulkan isi informasi yang didengar
10.9.2.3       Pendapat

1.       Pokok – pokok isi informasi
v     Udang kipas banyak di temukan di Desa Tanjung Sarang daerah Bangka Belitung.
v     Udang kipas berasal dari Australia.
v     Udang kipas hidup di laut berpasir dengan kedalaman 5 sampai 100 meter.
v     Udang kipas juga bisa disebut udang Ketok, udang pasir, dan udang sikat.
v     Udang kipas beraktifitas pada malam hari.
v     Udang kipas adalah jenis hewan karnivora.
v     Udang kipas senang memakan udang kecil dan ikan – ikan kecil.
v     Udang kipas memiliki lima pasang kaki untuk berjalan.
v     Ukuran udang kipas sebesar lobster.
v     Udang kipas memiliki titik sensor untuk mendeteksi mangsa.
v     Udang kipas yang berwarna gelap adalah jenis jantan dan udang kipas yang berwarna terang adalah jenis betina.
v     Udang kipas memiliki manfaat yang baik jika dikonsumsi.
v     Di dalam tubuh udang kipas terdapat vitamin, mineral, dan protein yang baik untuk manusia.

2.     Kesimpulan
Udang kipas adalah udang yang berasal dari Australia tapi juga terdapat di Indonesia tepatnya di daerah Bangka Belitung. Udang kipas adalah jenis Karnvora yang hidup di laut berpasir dengan kedalaman 5 sampai 100 meter. Udang kipas beraktifitas pada malam hari. Udang yang berwarna gelap adalah udang jantan dan udang yang berwarna terang adalah betina. Udang kipas memiliki 5 buah pasang kaki yang digunakan untuk berenang dan berjalan. Udang kipas ini memiliki manfaat yaitu mempercepat tinggi tubuh dan member kekebalan tubuh terhadap penyakit. Maka dari itu udang kipas baik di konsumsi oleh tubuh karena banyak mengandung vitamin, mineral, dan protein serta menambah antibody dalam tubuh.

3.     Pendapat
Menurut saya mengonsumsi udang kipas itu baik. Namun, karena tidak selamanya udang kipas ini ada dalam jumlah banyak, seharusnya udang kipas ini dibudidayakan agar tidak sampai terjadi kepunahan. Dan untuk cara penangkapan sebaiknya tidak melakukan terus – menerus atau memakai racun ikan. Selain itu untuk anak – anak dan remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan sebaiknya tidak menggunakan obat – obatan melainkan mengonsumsi udang kipas ini yang banyak mengandung mineral dan protein

Tidak ada komentar:

Posting Komentar