Jumat, 10 Desember 2010

Tugas Basasin _ ZUNITA NUR HALINAH (41)

Nama : ZUNITA NUR HALINAH
Kelas : X.3
No Absent : 41

PRO KONTRA RUU RAHASIA NEGARA


Add caption

Identifikasi
1. Pokok – Pokok Informasi
2. Memberikan Kesimpulan
3. Memberikan suatu Pendapat

POKOK-POKOK INFORMASI
o Ada beberapa pendapat tentang RUU Rahasia Negara
LEO BATUBARA
o Perusahaan pers media cetak , jika membuka rahasia Negara akan dianggap sebagai organisasi telarang, denda 100 miliar dan penjara 7 tahun.
o Pasal 12 : Rahasia Negara bukan diatur dari sistem tapi menurut peraturan Negara.
o Pemerintah diberi kewenangan, Menteri dapat membatalkan ijin perusahaan
o Menteri menghambat undang-undang kebebasan pers untuk mendapat informasi
AGUS BROTOSUSILO
o Rahasia Negara untuk informasi apabila dikuasai pihak yang tidak berhak dapat menimbulkan kerusakan Negara dan kedaulatan bangsa.
o Menjaga keutuhan bangsa, perusahaan Negara asing yang membeli perusahaan Negara seperti Freeport membeli foto – foto untuk data udara kekayaan Indonesia (Papua) . Untuk ini pers kita rangkul untuk bersama-sama menjaga rahasia Negara.
o Menghargai peran pers.
EFENDI KHOIRI
o Tidak mungkin suatu Negara itu terbuka. Sebagai contoh Negara-negara besar seperti Eropa, Amerika, Perancis, Jerman mempunyai undang undang rahasia Negara.
o Contohnya uang pajak, uang pajak juga untuk Negara sendiri. Rakyat harus tahu pajak untuk apa. Jalannya semua pajak harus dipublikasikan, jangan hanya dijadikan sebagai rahasia Negara.
KESIMPULAN
Rahasia Negara harus dilindungi, karena hal itu bisa mengganggu ketertiban umum dan akan menimbulkan kekacauan di negara.Bagi seseorang ataupun siapapun yang sengaja membuka rahasia Negara akan mendapatkan hukuman-hukuman tertentu sesuai yang tertera pada pasal 12 menurut peraturan Negara. Jangan sampai Rencana Undang- undang (RUU), justru mengembalikn apa yang sudah kita hasilkan (perubahan) di era Reformasi dan itu juga akan membuat suatu Negara kita menjadi tertindas
PENDAPAT
RUU Negara harus sangat dijaga kerahasiaannya oleh Negara karena jika rahasia Negara di kuasai oleh pihak lain akan merusak kedaulatan bangsa dan Negara, dan akan membuat suatu Negara menjadi rusak dan hancur system tatanan negarannya.

Nama : ZUNITA NUR HALINAH
Kelas : X.3
No Absent : 41

Identifikasi
1.Tulislah rangkuman diskusi.
2.Tulislah dampak melamin.
3.Tuliakan pendapatmu tentang Melamim
Melamin


• RANGKUMAN
Sekarang ini banyak sdekali suatu produk yang sering beredar di dalam masyarakat mengandung melamin atau sejenis zat-zata yang berbahaya yang sengaja dimasukkan kedalam berbagai produk.

Melamin beredar didalam kemasan makanan dan minuman yang beredar di Indonesia yang berasal dari cina. Terdapat 28 merek kemasan makanan dan minuman yang tercemar melamin, salah satunya adalah susu formula.
Ternyata bukan hanya susu formula, masih banyak lagi makanan yang mengandung melamin. Sebenarnya melamin itu tidak ada bedanya dengan formalin.
Itu dikarenakan melamin dan formalin adalah zat pengawet dan merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya bagi manusia dan banyak menimbulkan berbagai macam penyakit.

• DAMPAK MELAMIN

Melamin merupakan senyawa polimer yang merupakan gabungan formalin dan fenol. Contoh penyakit yang diakibatkan mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung bahan melamin :
- Gejala iritasi dan alergi, seperti mata berair,mual-mual,diare,kencing campur darah,dll. Dan jika mengkonsmsi terus menerus / dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan iritasi yang parah, seperti kerusakan tidak itu juga melamin bisa merusak system-sistem syaraf dan menurunkan kecerdasan.

• PENDAPAT
Melamin sebaiknya tidak dicampurkan atau ditambahkan kedalam makanan karena itu memiliki dampak – dampak yang membahayakan bagi tubuh. Juga menjadikan fikiran menurun. Dan kita juga harus menghindari makanan yang mengandung melamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar