Rabu, 08 Desember 2010

Yuhanes Redian P ( 39 ) x-3


Nama        : Yuhanes Rendian P
Kls                        :X-3
No             : 39





1. Tulislah rangkuman diskusi
2. Tulislah tanggapanmu terhadap melamin


  1. Rangkuman

Melamin adalah bahan yang biasanya dipakai untuk membuat peralatan rumah tangga seperti gelas dan piring. Tetapi di China, melamin ini ditambahkan pada makanan, seperti susu formula. Tujuan ditambahkannya melamin pada susu formula adalah untuk membuat kadar protein dalam susu formula tetap tinggi.
Penyebab mengonsumsi susu formula adalah mengakibatkan bayi menderita penyakit batu ginjal, yang ditandai dengan adanya sel darah merah pada urine. Penyebab masuknya produk makanan yang mengandung melamin ke Indonesia adalah akibat dari importir umum. Yang menurut BPOM mengakibatkan masuknya produk luar negeri yang mengandung melamin, ilegal, maupun makanan yang sudah kadaluarsa.
Menurut badan YLKI, untuk menghindari susu/produk makanan yang mengandung melamin adalah dengan kesadaran masyarakat, supaya lebih selektif dalam memilih makanan. Misalnya dengan meneliti tanggal kadaluarsa, ataupun meneliti tulisan yang tertera pada bungkus.
Dalam kasus ini, kita tidak bisa menyakahkan pemerintah saja maupun masyarakat saja, karena semua ini merupakan tanggung jawab semua. Dan seharusnya masyarakat lebih cinta produk-produk buatan negeri sendiri dibandingkan mengonsumsi produk-produk luar negeri yang belum tentu menyehatkan.


  1. Tanggapan saya terhadap dampak melamin adalah :

Melamin yang terdapt pada susu formula sangat berbahaya bagi bayi di Indonesia, seharusnya pemerintah lebih tegas menangani masalah ini, atau sebelum diedarkan di pasaran seharusnya BPOM mengadakan pemeriksaan lab akan kandungan apa saja yang terkandung dalam susu formula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar