Rabu, 01 Desember 2010

Tugas Basasin_Benrok_Fery Safitri_x3_16

Nama : Fery Safitri Marliyah
Kelas : X-3
Absen : 16

INDIKATOR :
10.1.1 Memahami isi berita dengan menjawab pertanyaan
10.1.1.1 Memahami isi berita dengan mengidentifikasi pokok-pokok berita
10.1.1.4 Menanggapi isi berita dengan menyatakan persetujuan dan ketidak setujuan


BERITA 1
 Apa yang menyebabkan terjadinya bentrok antar mahasiswa di Makassar? Dan berapa korbannya?
 Karena mahasiswa dari fakultas sastra membakar baliho, sehingga menimbulkan emosi dari mahasiswa fakultas teknik, sehingga terjadi bentrokan antar mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Yang menyebabkan kerusakan fasilitas-fasilitas di kampus mereka. Korban dalam kejadian ini, 2 orang mahasiswa mengalami luka-luka. Dan di rawat di rumah sakit.
 Siapa pelaku dalam bentrok tersebut?
 Pelakunya adalah mahasiswa Sastra dan Teknik
TANGGAPAN
 Saya tidak setuju atas kelakuan antar mahasiswa di Makassar tersebut, karena mereka berada di dalam satu Universitas. Mereka tentu saja adalah teman, seharusnya mereka menyelesaikan masalah tersebut dengan jalan damai, tidak dengan cara tawuran, selain mencemarkan nama baik almamater, mereka juga membuat kerusakan di Universitas mereka.

BERITA 2
 Apa yang menyebabkan para warga berunjuk rasa menolak pengucuran bantuan ke bank century?
 Karena mereka menganggap bantuan itu akan memeras rakyat, sebab uang itu uang yang berasal dari rakyat dan memotong uang rakyat dari bank lain. Warga juga menolak dana sebesar 6,7 triliun itu di cairkan, karena masih banyak warga yang kemiskinan, membutuhkan bantuan, di tengah banyaknya bencana. Mengapa uang itu malah di berikan ke bank century, bukan ke rakyat yang sedang kesusahan.
TANGGAPAN
 Saya setuju atas tindakan warga, sebab uang yang hilang di bank century adalah kesalahan dari pengolah bank, bukan pemerintah. Seharusnya uang sebanyak itu di pergunakan untuk kepentingan masyarakat, bukan untuk bank yang sudah bangkrut, karena bank tersebut bangkrut akibat adanya tindakan korupsi dari oknum dalam bank tersebut.


BERITA 3
 Mengapa usman Hamid di periksa polisi?
 Karena Usman Hamid di tuduh mencemarkan nama baik Muhdi P.R sebagai pembunuh aktifis HAM Munir, setelah Usman Hamid dan tim pencari fakta Munir, menemukan fakta-fakta bahwa muhdi P.R bersalah, semua di berikan ke persidangan. Namun, di dalam sidang Muhdi tidak bersalah, oleh sebab itu Muhdi melaporkan Usman Hamid dengan laporan pencemaran nama baik.
 Siapakah tersangka pencemaran nama baik Muchidi PR?
 Usman Hamid
TANGGAPAN
 Tidak setuju dengan Muhdi P.R, seharusnya tidak perlu melaporkan Usman Hamid ke polisi, karena Usman Hamid mengatakan kalau Muhdi bersalah itu berdasarkan fakta-fakta yang ada,bukan karena inisiatif sendiri. Dan tentunya itu tidak hanya berasal dari Usman, itu hasil keputusan bersama dari tim pencari fakta Munir, dan seharunya Muhdi menerima itu dengan lapang dada, karena akhirnya Muhdi tidak di putuskan bersalah.

Berita 4 :
 Apa yang membuat 4 menteri dalam cabinet Indonesia bersatu, mengundurkan diri dari jabatannya, padahal massa kerja mereka tinggal 40 hari lagi?
 Karena mereka lebih memilih untuk duduk di kursi DPR, karena mereka ingin menjadi wakil rakyat dan berkonsentrasi di partai mereka, juga mereka bertujuan agar bias ikut pelantikan DPR mendatang.
TANGGAPAN

 Tidak setuju dengan para menteri, sebab massa kerja mereka hanya tinggal 40 hari lagi, harusnya mereka menuntaskan massa kerja mereka dulu.

Berita 5:
 Siapa nama menteri yang tidak mundur dari cabinet?
 Adyaksa Dault (Menpora)
 Apa yang membuat Menpora bapak adhiyaksa daud lebih memilih untuk tidak mengundurkan diri?
 Sebab Adhiyaksa daud berpikir untuk meneruskan tugasnya sebagai menteri.

TANGGAPAN

 Setuju, karena Adhiyaksa daud lebih memikirkan kepentingan orang lain untuk bangsa daripada kepentingan sendiri.

Berita 6:
 Bagaimana keadaan para korban gempa bumi di Tasikmalaya?

 Mereka mendapatkan bantuan mie instan dan bahan makanan lainnya, dan di pengungsian mereka dapat bantuan 1 ekor kerbau dan 2ekor kambing yang dipotong kemudian di masak oleh ibu-ibu dan di bagikan kepada para pengungsi yang lain. Sementara itu, hasil evaluasi tidak menemukan korban dihari ke-8. Akhirnya, warga berinisiatif menggelar doa bersama di tempat tersebut di hari evaluasi terkhir, yaitu hari ke-9 karena telah mengikhlaskan keluarga mereka yang hilang.
TANGGAPAN
 Setuju dengan warga yang akan menggelar doa bersama karena hanya itu yang bisa di lakukan untuk keluarga mereka yang hilang.

Berita 7
 Bagaimana dengan penjualan sembako murah di Kediri?
 Terjadi antrian yang sangat panjang, dan banyak anak kecil yang di evakuasi, karena mereka terjepit diantara orang yang mengantri, dan banyak juga orang yang tua yang ikut mengantri. Tapi walaupun mereka mengantri berjam-jam, ada juga yang tidak mendapat sembako,karena sembako yang di berikan hanya 500 paket saja.
 Berapa harga satu paket sembako murah yang dijual?
 Rp.17.000
• TANGGAPAN
 Kurang setuju, seharusnya sembako itu di berikan ke warga yang membutuhkan dan tetap membayarnya, karena kalau memakai system seperti ini, orang yang mampu pasti akan ikut membeli, dan banyak warga yang kurang mampu tidak kebagian sembako murah tersebut. Selain itu, juga menghindari antrian yang bisa menimbulkan korban, akibat terjepit atau terinjak.
Berita 8
 Apa yang membuat warga di jambi menyerbu operasi pasar minyak tanah?
 Karena harga minyak tanah lebih murah dari pada di eceran, sebab di eceran harga minyak tanah bias mencapai Rp.5000,sedangkan di operasi pasar hanya seharga Rp.2.800. kelangkaan minyak tanah ini terjadi menjelang lebaran, sehingga banyak ibu-ibu yang berdatangan membeli minyak.
TANGGAPAN
 Setuju dengan operasi pasar tersebut, dapat mengurangi beban masyarakat, karena harga minyak tanah yang mahal, dan dapat mengurangi kelangkaan minyak tanah di Jambi.
Berita 9
 Apa yang menyebabkan banyak orang yang berantusias untuk menukarkan uang di Banyuwangi?
 Karena adanya tradisi bagi-bagi uang di hari lebaran di kalangan masyarakat, sehingga mereka memilih untuk menukar uang.
TANGGAPAN
 Setuju, karena bias membantu warga untuk menukar uang dan bias membuat warga tahu, dengan uang yang baru, yang di keluarkan oleh pemerintah.
Berita 10
 Mengapa di Indonesia sering terjadi gempa?
 Karena terjadi geseran lempengan Indonesia dan Australia, karena lempengan Indonesia tidak sama dengan lempengan Australia.
 Apakah penyebab posisi Indonesia dalam ancaman gempa bumi tektonik?
 Pergaseran 3 lempeng
TANGGAPAN
 Tidak setuju karena semakin banyak atau sering terjadinya gesekan lempeng, Indonesia akan sering pula mengalami bencana alam berupa gempoa bumi yang menyebabkan banyak kerusakan dan menimbulkan korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar